Tempat Wisata

Monumen Tumpak Rinjing: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti halnya di Pacitan, ada satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Monumen Tumpak Rinjing.

Monumen Tumpak Rinjing merupakan objek wisata yang bisa Anda temukan di Desa Pringkuku, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sebagian besar dari kita jarang mengunjungi tempat-tempat bersejarah seperti monumen atau museum saat berlibur, karena banyak yang lebih memilih tempat-tempat seperti pantai, taman air, atau tempat-tempat dengan banyak wahana menarik. Namun, sebagai warga negara Indonesia, sudah sepatutnya kita melestarikan tempat wisata yang memiliki sejarah agar generasi muda juga bisa lebih mengenal negara kita.

Monumen Tumpak Rinjing adalah salah satu monumen yang didirikan di Pacitan untuk mengenang perjuangan para pahlawan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Tugu ini terdiri dari dua patung di bagian atasnya, dengan salah satu patungnya adalah patung Jenderal Sudirman. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui bahwa monumen ini memiliki sejarah penting terkait perang gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Pada tugu peringatan ini juga sering dijadikan tempat kegiatan ekstrakurikuler oleh sekolah-sekolah setempat pada waktu-waktu tertentu untuk memperingati dan selalu mengenang perjuangan para pahlawan dalam perjuangan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Jika Anda akan berlibur bersama anak-anak Anda, tidak ada salahnya mengajak mereka ke monumen ini karena Anda bisa mengenalkan mereka pada sejarah Indonesia dan juga mengenalkan mereka pada para pahlawan yang membawa kemerdekaan Indonesia.

Fasilitas di Monumen Tumpak Rinjing

Sedangkan fasilitas objek wisata Monumen Tumpak Rinjing tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Melihat-lihat dengan puas dan menikmati pemandangan monumen pasti akan membuat Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sana Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Dengan membangun gazebo atau pendopo, Anda bisa bersantai di sana sambil menikmati pemandangan tugu dan sekitarnya, menikmati bekal makanan yang Anda bawa.

– Akomodasi

Bagi Anda yang sedang mencari tempat menginap di sekitar kawasan monumen, tersedia beberapa hotel dan penginapan dengan harga bervariasi tergantung budget yang Anda inginkan.

– Tempat peristirahatan umum

Bagi Anda yang perlu ke toilet untuk buang air kecil atau karena alasan lain, ada toilet umum yang bisa Anda gunakan.

Berburu foto di Monumen Tumpak Rinjing

Meski kawasan objek wisata ini tidak terlalu luas dan bukan merupakan wisata alam, namun Anda tetap bisa menyalurkan hobi foto Anda dengan menikmati pemandangan dari tugu yang ada di sana. Ada juga spot favorit dan paling menarik pengunjung yang bisa dijadikan latar foto bersama teman atau keluarga, yaitu patung Jenderal Sudirman. Di sana Anda bisa berfoto selfie sambil bersantai. Di sekelilingnya juga terdapat banyak pepohonan rindang yang bisa Anda gunakan sebagai motif foto. Jika sudah puas mendapatkan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih memperkenalkan objek wisata sejarah ini kepada masyarakat luas agar mereka tertarik untuk berkunjung.

Baca juga: Perkebunan Teh Jamus, Jalan-Jalan dan Belajar Produksi Teh Sepanjang Jalan

Akses jalan menuju Monumen Tumpak Rinjing

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan tinggal mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda dapat menyalakan aplikasi GPS untuk memandu Anda menuju Monumen Tumpak Rinjing. Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang melewati banyak jalan menuju Pacitan-Solo.

Biaya masuk ke Monumen Tumpak Rinjing

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun untuk harga tiket masuknya, Anda hanya perlu menyiapkan biaya parkir kendaraan Anda. (Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Monumen Tumpak Rinjing

Tips liburan ke Monumen Tumpak Rinjing

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Monumen Tumpak Rinjing semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Monumen Tumpak Rinjing adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Monumen Tumpak Rinjing bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Monumen Tumpak Rinjing.

Galeri Foto Monumen Tumpak Rinjing

Sumber: Google Map

Sumber: Google Map

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button