Berita Wisata

Objek wisata Situ Bolang Indramayu, kebun anggur, menjadi daya tarik wisata

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Perkebunan anggur menjadi daya tarik pengunjung kawasan objek wisata Situ Bolang yang terletak di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung, Indramayu, Jawa Barat, Minggu (11/6/2022).

Menurut pemilik Agro Edu Wisata Situ Bolang Urip, pemeliharaan anggur merupakan salah satu ikon yang menjadi magnet di kawasan wisata ini, dimana pengunjung bisa melihat langsung dari proses menabur hingga panen.

Selain itu pengunjung bisa mencicipi buah anggur berbagai jenis langsung dari kebunnya, ketika masa panen tiba tentunya dengan membeli langsung di tempat wisata.

“Hingga 400 bibit anggur lagi yang kami tanam di Obyek Wisata Situ Bolang, baik di ruang tertutup maupun di taman terbuka, kami menanam anggur dengan berbagai jenis dan rasa,” jelas Urip.

Urip juga menjelaskan, pengunjung bisa membeli biji anggur dengan harga Rp 75.000 per biji dengan kualitas yang sama dengan yang ada di sini.

Vitikultur-Dalam-Agro-Pariwisata-Situ-Bolang-Indramayu-a.jpg

“Kami baru menanam dan mengembangkan anggur sekitar 7 bulan yang lalu, dan dalam waktu kurang dari 5 bulan hasilnya sudah bisa dipanen dan dibagikan kepada pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, Urip berharap budidaya anggur dapat dikembangkan lebih lanjut dan selaras dengan tanaman yang tergenang di wilayah ini, termasuk mangga khas Indramayu.

“Saya ingin menjadikan kebun anggur sebagai ikon baru, dan objek wisata ini, sehingga pengunjung dapat mencium aroma anggur langsung dari tanamannya,” ujarnya.

Sementara itu, seorang pengunjung dari Desa Pabean Udik, Munaroh, sangat senang berada di kilang anggur, ia berencana membeli beberapa bibit anggur untuk ditanam di rumahnya.

“Selain jalan-jalan liburan bersama keluarga, saya juga akan membeli beberapa bibit anggur untuk ditanam di rumah, karena proses penanamannya cukup mudah dan hasilnya tidak memakan waktu lama,” ujarnya.

Sesuai Munaroh, Lusy dari Kabupaten Majalengka ini jauh dari Majalengka hanya untuk berlibur dan melihat-lihat kebun anggur dan lain-lain di Wisata Situ Bolang Indramayu.

“Kebetulan saya sangat menyukai buah anggur dan sangat ingin memetik buah anggur langsung dari tanamannya, buah anggur sangat ingin memakannya dan membawanya pulang,” tanyanya.

Vitikultur-Dalam-Agro-Pariwisata-Situ-Bolang-Indramayu-b.jpg

Agrowisata Situ Bolang sendiri merupakan objek wisata dengan konsep perkebunan, dimana pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dari atas jembatan penyeberangan serta menikmati tanaman dan fasilitas bermain untuk anak-anak.

Biasanya pengunjung berduyun-duyun ke kawasan tersebut pada hari libur atau hari Minggu, dengan tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Dengan tiket masuk, pengunjung dapat mengunjungi ruang bawah tanah dan sejenisnya serta taman untuk berfoto bersama keluarga, serta area bermain anak berupa kolam renang mini.

**)

Dapatkan update berita pilihan dari TIMES Indonesia setiap hari dengan bergabung di grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan daftar. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button