Berita Wisata

Olly Dondokambey menganggap Festival Danau Tondano sebagai bagian dari inovasi pariwisata

MINAHASA- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey membuka Festival Danau Tondano di Kabupaten Minahasa, Kamis (11/3/2022).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 November 2022 ini menampilkan sejumlah hal menarik seperti parade perahu hias, bendi hias dan nasi jaha bakar serta ikan woku.

Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan Gestival Danau Tondano merupakan bagian dari inovasi pariwisata pascapandemi Covid-19.

“Alhamdulillah acara ini bisa berjalan dengan lancar. Pandemi sudah kita lewati, jadi kita bisa melakukan kegiatan ini, yang kita lakukan adalah inovasi untuk pariwisata. Dan saya mengapresiasi Pemkab Minahasa yang telah melaksanakan kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengaku bersyukur Festival Danau Tondano bisa terselenggara.

“Terima kasih atas dukungannya, Gubernur Olly Dondokambey. Kegiatan ini bisa dilakukan dan masuk dalam 110 event wisata ekonomi kreatif Kemenparekraf,” kata Roring.

“Tujuan diadakannya festival ini adalah untuk memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, jumlah wisatawan, investor, lapangan kerja dan industri pariwisata bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandi Uno melalui Direktur Prasarana Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Haryanto mengatakan, setiap event besar dalam ekonomi kreatif selalu memunculkan segala potensi yang ada. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif selalu hadir dan menjadi bagian tak terpisahkan dari pariwisata Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi Pemprov Sulut, Pemkab Minahasa dan seluruh jajaran, pemangku kepentingan yang telah bekerjasama memajukan pariwisata melalui acara ini,” kata Haryanto.

Menurutnya, Festival Danau Tondano diselenggarakan untuk mempromosikan danau terbesar di Sulut dan salah satu dari 15 prioritas nasional tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, wisata alam dan berbagai potensi lain yang menjadi unggulan juga telah memberikan kontribusi bagi masyarakat luas.

“Kami mendesak sektor pariwisata untuk terus menciptakan inovasi, berkolaborasi dengan kementerian dengan gerakan cepat, gerakan bersama dan memobilisasi semua peluang kerja yang potensial,” katanya.

“Selamat dan sukses atas terselenggaranya acara ini, yang tentunya dapat mengangkat kearifan budaya lokal dan berdampak multi level bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (rivco)

Posting dilihat: 297

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button