Tempat Wisata

Pangeran Selang, air terjun mempesona dan pemandian alam eksotis di Langkat

Selang Pangeran, air terjun mempesona dan spa alam eksotis di Langkat, menawarkan pengalaman menakjubkan di kawasan hutan lindung dengan suasana asri yang mempesona.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Timbang lawannya, distrik. Bohorok, Kab.Langkat, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Wisata alam menjadi pilihan utama bagi anda yang ingin menghabiskan liburan sambil menghilangkan penat. Di Sumatera Utara ada tempat wisata Langkat dengan pemandangan yang indah dan mempesona bernama Selang Pangeran. Wisatawan tidak hanya disuguhi keindahan alam tetapi juga keanekaragaman flora dan fauna.

Lokasi objek wisata cantik ini masih sama dengan Wisata Batu Katak yaitu Taman Nasional Gunung Leuser. Karena lokasinya sebagian besar berupa hutan, pengunjung akan disambut oleh berbagai spesies satwa liar.

Ada pula jenis tumbuhan atau tumbuhan langka yang keunikannya bisa dilihat yaitu bunga Rafflesia dan bunga bangkai.

Di objek wisata utama yaitu Selang Pangeran, terdapat dua objek wisata utama yang diincar pengunjung. Ini adalah air terjun dan kolam alami.

Keindahan keduanya semakin lengkap dengan berbagai pepohonan rindang yang menghiasinya. Jika Anda kebetulan berada di Sumatera Utara, khususnya Langkat, tidak ada salahnya mampir untuk menikmati pesonanya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik Pangeran Selang

Daya tarik Pangeran HoseFoto oleh Ricky Febriansyah di Google Maps

Pastikan Anda mengetahui apa saja yang menarik sebelum mengunjungi suatu objek wisata. Hal ini juga berlaku saat Anda berkunjung ke Selang Pangeran. Biar nggak penasaran, berikut berbagai atraksi yang mereka tawarkan!

Keindahan Air Terjun Selang Pangeran

Daya tarik yang pertama adalah air terjun yang ada di tempat wisata ini. Air terjunnya tidak hanya satu, melainkan terdiri dari dua air terjun. Banyak orang menyebutnya sebagai air terjun bertingkat.

Pasalnya, letak kedua air terjun ini sebenarnya berbentuk dataran. Air terjun pertama tingginya sekitar 30 meter, meski aliran airnya tidak terlalu deras.

Dari dekat, Anda dapat melihat air yang mengalir dari atas tebing berfungsi seperti tirai, dan bagian belakang tebing terlihat samar-samar. Air yang jatuh dari ketinggian tersebut membentuk aliran lain yang akhirnya jatuh ke cekungan bersama bebatuan di sekitarnya.

Inilah yang disebut air terjun tingkat kedua dengan ketinggian yang sama. Keindahan ini belum bisa dipastikan bisa dilihat di tempat lain selain Selang Pangeran.

Berbeda dengan air terjun pertama, debit air terjun kedua lebih deras dan arusnya deras. Pasalnya, tidak ada penghalang berupa batu sebelum air jatuh ke kolam. Selain itu, lebar tebing juga lebih sempit sehingga memungkinkan air menumpuk lebih dekat dan menimbulkan arus yang kuat.

Kolam alami dengan air jernih

Selang Pangeran tidak hanya menawarkan air terjun tetapi juga pemandian alami dengan air jernih dan menyegarkan. Pemandian ini terletak di Desa Timbang Lawan dengan arus yang tenang dan pemandangan alam yang indah. Bukan hanya pepohonan hijau yang menghiasinya, tapi juga bebatuan di sekitar sungai.

Ada sebuah batu besar dengan ketinggian yang wajar di tepi sungai. Ada wisatawan yang memanfaatkannya sebagai spot foto, ada pula yang melompat dari tebing menuju sungai. Apa pun yang Anda lakukan di objek wisata cantik ini pasti menyenangkan dan meninggalkan kesan berbeda.

Kawasan hutan lindung dengan suasana asri

Daya tarik Selang Pangeran berikutnya adalah lokasinya yang berada di kawasan hutan lindung. Masyarakat yang tinggal di pedesaan mungkin sudah terbiasa menikmati pemandangan hijau dari pepohonan. Namun, bagi penduduk kota hal ini tergolong langka dan istimewa.

Lokasi objek wisata yang indah ini menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk dengan pepohonan rindang disekitarnya. Tidak ada polusi udara, apalagi sampai kesana harus berjalan kaki cukup jauh.

Artinya, hanya sedikit kendaraan yang bisa mengakses tempat wisata ini, kecuali pemerintah dan warga sekitar untuk keperluan tertentu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket Celana PangeranFoto oleh Rizki Maharbi di Google Maps

Selang Pangeran terletak di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jika saat ini Anda berada di kota Medan, Anda memerlukan waktu 3 jam untuk mencapai kawasan Timbang Lawan. Rute mudah menuju Bahorok melalui Binjai.

Dari Bahorok lanjutkan perjalanan hingga tiba di Timbang Lawan. Untuk kenyamanan, silakan gunakan Google Maps atau signage. Perjalanan harus dilanjutkan sesampainya di Bahorok.

Silakan menuju ke arah pasar untuk patokan berikutnya. Begitu sampai di pasar, dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke gerbang hutan. Sesampainya di sana, silakan memarkir kendaraan Anda dan lanjutkan berjalan kaki menuju lokasi utama.

Biaya masuk dan jam buka

Seperti tempat wisata lainnya, Selang Pangeran juga memungut biaya masuk bagi wisatawan. Bagi pengunjung, biaya masuk yang berlaku adalah 15.000 rupiah.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir sebesar 2.000 rupiah untuk sepeda motor. Sementara mobil masih belum bisa mengakses gerbang hutan.

Rute menuju tempat wisata utama memakan waktu sekitar 1 jam berjalan kaki. Jika Anda keberatan atau tidak mampu, silakan menggunakan jasa ojek yang ada di sekitar tempat parkir mobil.

Umumnya harga yang ditawarkan berkisar 100.000, namun Anda bisa bernegosiasi terlebih dahulu untuk mendapatkan kepastian harga.

Kegiatan yang menarik

Hal yang dapat dilakukan di Selang PangeranFoto oleh Ricky Febriansyah di Google Maps

Setiap objek wisata alam tidak hanya menawarkan keindahan, namun juga berbagai aktivitas seru. Saat kamu berkunjung ke Selang Pangeran, berikut aktivitas yang bisa kamu lakukan dan pastinya seru!

1. Pelacakan lokasi

Anda harus berjalan kaki selama satu jam untuk sampai ke tempat wisata tersebut. Jalannya tidak mudah, seperti gunung yang naik turun. Sebagian perjalanan mengarah melalui tebing terjal di kiri dan kanan. Saat Anda memasuki hutan, tantangannya beralih ke pepohonan dan semak-semak.

Hal inilah yang membuat begitu seru bagi wisatawan yang berkunjung ke Selang Pangeran. Anda tidak akan lelah namun akan mendapatkan kesegaran pikiran karena pemandangan yang menghiasi setiap sudutnya. Alam hutan yang hijau berpadu dengan suasana asri membuat kegiatan tracking semakin seru dan terkesan mudah untuk dilakukan.

2. Melihat keindahan air terjun

Kegiatan selanjutnya berkaitan dengan keindahan air terjun yang juga menjadi daya tarik tersendiri. Keindahan air yang mengalir dari satu aliran ke aliran lainnya menampakkan keindahan alam yang mempesona. Suara air yang jatuh ke dalam kolam dan sebagian menyentuh bebatuan terdengar seperti musik alam.

Untuk menuju air terjun bertingkat ini, Anda harus menempuh jalur yang berbeda dengan objek wisata utama. Namun dari segi waktu sama saja yaitu perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 1 jam. Di Air Terjun Selang Pangeran, pengunjung bisa bermain air sepuasnya sambil menikmati keindahan dan rimbunnya suasana hutan.

3. Berenang di kolam alami

Menghilangkan penat juga patut dilakukan sambil bersantai dan mandi di pemandian alam Langkat. Airnya jernih dan menyegarkan, sehingga semua orang ingin basah.

Cukup dingin tentunya bagi yang tidak tahan dengan cuaca pegunungan. Namun tetap asyik dan seru, apalagi jika datang bersama keluarga.

Jika berendam belum cukup, silakan mandi santai. Bebatuan besar di sebelah kiri kolam bisa digunakan sebagai tempat lompat tebing. Namun harap berhati-hati karena ada kemungkinan menjadi licin karena sering terendam air.

4. Arung jeram merangsang kadar adrenalin

Selang Pangeran menawarkan wahana air yang menantang dan pastinya cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang. Arung jeram di tempat ini cukup seru karena jalurnya yang cukup panjang.

Selain itu, sungai yang digunakan untuk olahraga ini memiliki arus yang cukup deras. Bebatuan yang tersebar di sepanjang tepian dan di tengah sungai menghadirkan tantangan lain yang harus diatasi.

5. Berkemah yang seru

Tempat wisata di Langkat ini buka pada pagi hari dan tutup pada sore hari. Bukan berarti tidak bisa digunakan untuk kegiatan berkemah. Anda dapat melakukan ini di tempat yang ditentukan dengan izin dari pengelola.

Camping di Selang Pangeran seru banget karena suasana di kawasan itu berupa pepohonan hutan yang rindang. Alih-alih memberikan suasana sepi, hewan-hewan nokturnal justru terdengar nyaring dan berkicau di malam hari.

6. Cari spot foto di Selang Pangeran

Aktivitas terakhir yang wajib dilakukan setiap pengunjung adalah mencari spot foto. Keindahan alamnya lengkap mulai dari bebatuan, pepohonan, air terjun hingga aliran sungai. Tentu sayang jika semua keindahan ini diabaikan begitu saja tanpa perlu diabadikan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pangeran SelangFoto oleh Broto Kisowo di Google Maps

Fasilitas Selang Pangeran cukup lengkap dan masih menjadi fasilitas standar di beberapa tempat wisata alam di Indonesia. Silakan gunakan toilet di lokasi sebagai toilet umum dan untuk berganti pakaian. Objek wisata cantik ini menawarkan tempat parkir yang luas bagi mereka yang datang dengan sepeda motor.

Tempat perkemahan dan akomodasi khusus juga tersedia. Pilihan akomodasi terletak di sekitar tempat parkir. Lokasi perkemahan saat ini masih berada di dalam hutan dan perlu persetujuan pengelola.

Anda tidak bisa mendapatkan musala begitu sudah memasuki kawasan hutan. Harap membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Keindahan yang ditawarkan dan berbagai hal menarik yang bisa dilakukan di Selang Pangeran memastikan pengunjung selalu banyak. Jika Anda menginginkan suasana yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai, berkunjung pada hari yang aktif adalah ide yang bagus. Pasalnya pada hari libur selalu ramai pengunjung dan kurang leluasa beraktivitas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button