Tempat Wisata

pantai air tawar; Biaya masuk dan rute ke lokasi terbaru di tahun 2023

Pantai Air Manis atau dalam bahasa Padang disebut Aia Manih. Merupakan kawasan wisata di kota Padang yang cukup terkenal.

Kecuali ada panorama esoteris. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang. Lebih tepatnya cerita legenda Malin Kundang.

Perpaduan alam dan cerita khas masyarakat Padang merupakan keajaiban tersendiri. Banyak wisatawan yang penasaran dengan batu maling yang asli.

Maka tidak berlebihan jika kawasan ini dianggap sebagai landmark wisata kota Padang. Semua orang pasti akan merekomendasikan area ini untuk pertama kalinya.

Kenali kisah Maling Kundang

Kenali pantai air tawarFoto:

Seperti diketahui, kisah Maling Kundang memang sangat terkenal. Jadilah teladan bagi semua orang yang hidup berdampingan antara anak dan orang tua.

Cerita tersebut digunakan sebagai cara agar anak-anak takut dan menghormati orang tua mereka. Jika tidak, kutukan membatu mengancam.

Konon ada seorang pencuri dari Kundang yang melabuhkan kapalnya di pantai ini. Dan di pantai ini juga. Seorang ibu, dengan penuh kerinduan menunggu anaknya, menyapa anaknya.

Sayangnya, Maling Kundang tidak mengakui bahwa wanita tua itu adalah ibunya. hingga akhirnya Maling Kundang dikutuk menjadi batu.

Uniknya, batu yang menyerupai bentuk manusia itu masih ada sampai sekarang. Batu itu benar-benar nyata. Seperti patung seorang seniman terkenal yang menciptakan berbagai macam karya.

Batu tersebut berasal dari sebuah legenda yang mungkin menjadi saksi sejarah Pantai Air Manis.

Daya tarik lain

Biaya masuk untuk pantai air tawarFoto:

Saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini. Wisatawan akan disambut dengan bentangan pantai yang panjang dan hamparan pasir putih yang indah.

Satu kata saat pertama kali melihat objek wisata ini adalah indah. Benar-benar menggoda untuk meninjau kembali iman lagi dan lagi. Juga, saat angin bertiup lembut. Rasanya ingin terbang.

Berkat garis pantai yang panjang, wisatawan bisa melakukan segala macam aktivitas di sini. Seperti bermain sepak bola.

Bermain voli atau juga bermain pasir dengan membangun kerajaan. Bisa juga membuat ombak yang tidak terlalu besar. Disarankan untuk datang dengan lebih dari 3 orang agar bisa merasakan keseruannya.

Namun, tidak ada salahnya datang sendiri. Karena juga sangat menyenangkan untuk duduk di atas pasir putih dan menikmati suasana yang tenang.

Selain itu, Anda akan mendengar suara ombak yang tak henti-hentinya menyuguhkan alunan musik yang merdu. Segala kegalauan dan penat seketika sirna bersama ombak. Jika hanya untuk diam dan menikmati kesendirian.

Baca Juga >> 50 Tempat Wisata Pantai Gunung Kidul Yogyakarta

Pulau Pisang Kecil dan Pulau Pisang Besar

Jalan menuju pantai air tawarFoto:

Sekarang saatnya untuk bangkit dan merasakan kawasan ini dengan cara yang berbeda. Di sisi lain pantai adalah sebuah pulau kecil.

Jarak yang harus ditempuh sekitar 500 meter. Luas pulau ini sekitar 1 ha, nama pulaunya adalah Pulau Pisang Ketek atau pulau pisang kecil.

Bisa dibilang pulau ini buka 24 jam. Karena setiap saat wisatawan bisa ke sana. Entah itu pagi atau sore hari, wisatawan bisa jalan-jalan. Namun, pada malam hari saat air pasang sedang tinggi.

Wisatawan wajib menggunakan jasa perahu nelayan yang bisa disewa. Harganya juga bisa dinegosiasikan. Selama Anda pandai bernegosiasi, Anda pasti bisa mendapatkan harga yang bagus.

Selain pulau pisang ini, wisatawan juga disuguhkan dengan pulau lainnya. Pulau tersebut bernama Pulau Pisang Gadang atau Pulau Pisang Besar atau Pulau Sikuai.

Banyak orang tinggal di sini. Oleh karena itu, jika wisatawan membutuhkan penginapan, mereka bisa langsung menuju ke rumah warga yang terkadang juga disewakan untuk bermalam.

Jangan lupa untuk menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam di tempat ini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan foto juga. Karena pemandangannya benar-benar sangat tenang.

Jangan khawatir tentang sarapan. Penduduk biasanya memasak dan mengantarkan sarapan untuk wisatawan yang menginap.

Kami biasanya dapat memesan, atau apa pun yang disajikan kepada kami. Satu hal yang pasti, rasanya benar-benar nikmat dan menggoda.

Untuk menikmati Batu Malin Kundang, wisatawan bisa berjalan ke sisi selatan pantai. Sayangnya, saat ini banyak batu Malinkundang yang rusak.

Sehingga banyak hal yang perlu direnovasi dan diperbaiki. Lagi-lagi kebanyakan diabadikan oleh wisatawan dengan berbagai pose.

Wisatawan yang membawa uang lebih bisa menginap di hotel atau vila. Letaknya tidak jauh dari pantai air tawar. Harga bisa disesuaikan dengan fasilitas yang diminta wisatawan.

alamat dan lokasi rute

Alamat pantai air tawarFoto:

Lokasi Pantai Air Manis berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Padang. Lebih tepatnya terletak di kecamatan Padang Selatan kota Padang.

Ada banyak pilihan yang bisa dipilih wisatawan. Bisa menggunakan kendaraan pribadi. Atau, Anda juga dapat menggunakan transportasi umum.

Sangat disarankan untuk mengunjungi pantai air tawar dengan transportasi umum. Untuk menghindari kemacetan panjang yang kerap meliuk-liuk sepanjang jalan menuju pantai air tawar.

Gunakan bus Trans-Padang jurusan Lubuk Buaya – Pasar Raya untuk melalui jalan tol Teluk Bayur.

Setibanya di penyeberangan pantai air tawar. Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke pantai air tawar Malin Kundang dengan menggunakan kendaraan umum atau ojek.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan pribadi. Dapat mengikuti rambu-rambu yang tersebar luas di jalan yang berfungsi sebagai panduan yang baik.

Jika Anda masih kesulitan dengan penjelasan kami di atas, Anda juga dapat menggunakan peta di bawah ini.



Biaya masuk

Biaya masuk untuk pantai air tawarFoto:

Tarif masuk kawasan ini cukup murah. Hanya dengan membayar 5.000 rupiah. Wisatawan dapat menikmati keindahan kawasan ini.

Terkait dengan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah bagi pengguna mobil. Dan 3.000 rupiah bagi yang mengendarai sepeda motor.

Kebijakan biaya wisata Pantai Air Manis dapat berubah sewaktu-waktu.

Tempat dan porsi kuliner

Kapal Pesiar Pantai Air TawarFoto:

Menikmati pantai air asin bukan hanya tentang mengunjungi pulau-pulau ini atau hanya merenung. Ada sajian kuliner yang akan membuat perut keroncongan dan lidah bergoyang.

Tawaran kuliner ini bisa ditemukan di warung-warung yang tidak jauh dari pantai.

Ada sajian ikan yang masih segar dan nasi capau yang bisa disantap wisatawan dengan harga mulai dari 25.000 rupiah.

Selain itu, ada beberapa kuliner lain dengan cita rasa khas Padang yaitu pedas. Nah, bagi wisatawan yang tidak suka makanan pedas, jangan lupa untuk meminta makanan yang tidak pedas ya!

Selain penawaran kuliner, wisatawan juga disuguhi beberapa wahana menarik seperti persewaan quad. Dengan harga 25.000 rupiah selama 15 menit.

Wisatawan bisa menyusuri bibir pantai dan mengunjungi Batu Malin Kundang yang terletak di ujung pantai. Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa kano atau perahu motor.

Rekomendasi lain untuk wisata pantai:

Terlepas dari semua cerita yang beredar di sini. Pantai air tawar ini memiliki pesona yang luar biasa. Bahkan, keindahannya membuat setiap turis lupa waktu.

Buat kamu yang belum pernah ke sini, yuk mulai rencanakan liburanmu dari sekarang. Jangan lupa ajak keluarga, teman, dan kenalan Anda untuk menikmati kawasan ini.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button