Tempat Wisata

Pantai Banyutibo, Fasilitas, Tiket dan Lokasi

Pantai Banyutibo adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Kabupaten Pacitan. Tidak selamanya pengunjung bisa bermain di pantai ini, dan dilarang pergi ke pantai tanpa pemandu.

Jam buka: 24 jam
harga tiket: Rp 10.000/orang belum termasuk biaya parkir.
Kontak:
Alamat: Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554
Fasilitas umum: Toilet, musala, kandang kuda, peralatan snorkeling, tempat parkir
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Pantai Banyutibo

Mendengar nama Pacitan pasti selalu teringat dengan goanya. Dijuluki seribu gua, kota ini memiliki keindahan stalaktit dan stalagmit yang mengesankan. Ini berusia ribuan tahun dan terbuat dari alam yang merupakan kekuatan menarinya.

Nah, disini kita tidak akan menjelajah goa-goa yang ada di Pacitan. Sebaliknya, area pantai begitu menawan. Mengingat Pacitan berada di pesisir selatan yang terkenal dengan berbagai mitos dan pemandangannya yang indah.

Salah satu dari sekian banyak pantai yang berjajar di Pacitan. Ada area yang menarik wisatawan dengan pemandangan yang elegan. Tabrakan antara air terjun dan pantai. Itu tidak menawan. Daerah tersebut adalah Pantai Banyutibo.

Pantai Banyu Tibo

Menemukan tempat wisata ini memang agak sulit karena letaknya yang berada di perbatasan antara Wonogiri, Jawa Tengah dan Pacitan, Jawa Timur. Tempatnya agak di dalam dengan kondisi jalan yang buruk.

Pantai ini milik pribadi sehingga pengelolaannya dilakukan oleh keluarga dengan dana yang berasal dari harga tiket pengelola. Kepada teman-teman seperjalanan saya yang berkunjung ke daerah ini.

Setelah melewati beberapa jalan sempit, berkelok-kelok dan berbatu. Sobat perjalanan disambut dengan aliran sungai yang sangat bersih. Pemandangan pantai dapat dengan mudah didengar dari tempat parkir ini.

Saat melintasi jembatan, sesama pelancong disuguhkan dengan air terjun menarik yang berasal dari mata air dan tidak akan pernah mengalir bahkan di musim kemarau. Debit airnya cukup deras dan mengalir langsung ke laut.

Teman perjalanan yang ingin menikmatinya harus menuruni anak tangga yang terawat terlebih dahulu. Ini adalah pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Setelah Anda mencapai bagian bawah. Wisatawan akan disambut dengan butiran pasir berwarna coklat dan air terjun.

Kombinasi ini sangat mengesankan. Sangat cocok sebagai background dan wallpaper di laptop. Bukan hanya dengan pesona cantiknya saja. namun ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh mitra perjalanan.

kegiatan dan fasilitas

Berbicara tentang aktivitas dan fasilitas di kawasan ini cukup banyak. Dimana, salah satunya berenang. Ingatlah bahwa mengunjungi pantai untuk berenang adalah wajib. jangan pergi ke pantai kecuali jika Anda terkena ombak.

Selain itu, seseorang juga dapat duduk-duduk dan menikmati pesona yang fantastis. Juga, angin sepoi-sepoi bertiup di daerah ini hampir setiap detik dan menyentuh kulit. Atau jelajahi gua kecil di belakang air terjun.

Anda juga bisa snorkeling untuk menikmati indahnya terumbu karang di bawah laut. Saat Anda bepergian, nikmatilah dari atas. Sehingga terumbu karang ini akan sangat terlihat dengan warna hijaunya. Oleh karena itu, warna air ini agak kehijauan.

Lapar dengan berbagai aktivitas yang telah dilakukan. Pecinta wisata bisa singgah sejenak di warung-warung yang berdiri di sekitar kawasan pantai. Ada berbagai menu termasuk lobster mutiara.

Lobster mutiara dikenal sebagai jenis lobster paling enak yang bisa Anda makan. Juga dengan bumbu rahasia yang pastinya lebih menggiurkan. Harganya sedikit mahal. Namun, rasanya tidak jauh berbeda.

Terakhir, nikmati senja yang akan memancarkan pesona yang tak terlupakan. Ada area yang cukup luas di dekat tempat parkir. Wo, daerah ini mendapat tumpangan goyang. Jadi syahdu sekali melihat pesona senja dari kawasan ini.

Nah, bagi pecinta wisata yang merasa sudah terlambat untuk pulang dari pantai. Manfaatkan akomodasi yang telah disediakan di sekitar pantai. Dijamin bersih dan mampu memesona serta akan sulit dipindahkan.

alamat lokasi

Pantai Banyutibo terletak di Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur 63554. Untuk mencapai kawasan ini Anda dapat berkendara melalui Pracimantoro atau melalui pusat kota Pacitan.

Sayangnya tidak ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda ke kawasan ini. Jadi mau tidak mau, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju kawasan ini cukup bagus.

Namun, setelah masuk ke pantai. Jalan mulai bergelombang dan banyak bebatuan. Jadi berhati-hatilah dan jangan terburu-buru. Namun pemandangan perbukitan tersaji di sepanjang jalan.

Objek wisata ini cukup terkenal di kalangan wisatawan dari Pacitan dan Wonogiri. Jadi kalau bingung buka sini. Sobat Travel dapat menggunakan beberapa signage yang akan menjadi panduan yang baik.

Biaya masuk

Tiket masuk ke kawasan ini cukup murah, hanya 5.000 rupiah. ditambah biaya parkir 10.000 untuk mobil dan 5.000 untuk kendaraan bermotor. Untuk turun tangga menuju pantai ada biaya 5.000.

Sobat Travel juga bisa menyewa ban dan pelampung dengan harga 10.000 rupiah. Untuk menikmati paket snorkeling anda bisa membayarnya dengan harga 50.000 rupiah. Berbagai jenis perangkat dengan standar internasional dihadirkan di sini.

Galeri Foto Pantai Banyutibo

Pantai Banyutibo

Pantai Banyutibo

Pantai Banyutibo

Pantai Banyutibo

Pantai Banyutibo

Baca Juga : Penangkaran Rusa Maliran Blitar

Pantai Banyutibo adalah kawasan yang sayang untuk dilewatkan. Berkunjung ke kawasan ini tak henti-hentinya menghadirkan decak kagum, karena meski dikelola oleh warga, kebersihannya patut diacungi jempol. Tidak ada salahnya menghabiskan liburan di tempat wisata.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button