Tempat Wisata

Pantai Baru, Pesona Wisata Bahari Eksotik di Bantul Jogja

Pantai Baru di Bantul, Jogja, memikat pengunjung dengan pesona wisata bahari yang eksotis sekaligus menampilkan pepohonan pinus yang menjadi subjek foto menarik.

Harga tiket: Rp 4.000, Jam beroperasi: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Ngentak, Kecamatan Poncosari. Srandakan, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Baru merupakan sebuah tempat wisata di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Meski bernama Pantai Baru, namun keberadaan pantai ini sudah dikenal sejak tahun 2010. Lokasinya dekat dengan Pantai Pandansimo. Ketika wisatawan ingin berkunjung ke Parangtritis, tanpa mereka sadari akan melewati pantai indah ini.

Pasir khas pantai mempesona ini berwarna hitam eksotis dan lembut. Di sepanjang pantai, pengunjung bisa melihat deretan perahu nelayan yang berjejer rapi. Sebab, mayoritas penduduk setempat bermatapencaharian sebagai nelayan. Produksi ikan di kawasan pantai ini cukup besar.

Hiu paus bahkan ditemukan terdampar di Pantai Baru. Sejak saat itu, wisata pantai semakin populer di kalangan wisatawan. Tak hanya itu saja, pemandangan pepohonan pinus yang tumbuh bak hutan di pinggir pantai juga seolah menjadi magnet wisata karena bisa dijadikan spot foto kekinian.

Daya tarik Pantai Baru

Foto oleh Mas Jono di ShutterstockFoto oleh Mas Jono di Shutterstock

Terdapat simbol patung ikan

Patung ikan yang ada di pantai Baru Jogja menjadi simbol khas dan pemandangan selamat datang ketika pengunjung sudah berada di tepi pantai. Selain itu, filosofi dari patung ini juga menjadi penanda bahwa kawasan pantai ini sering dikunjungi oleh para nelayan.

Ini tandanya banyak sekali ikan di pantai ini. Anda juga bisa melihat banyak kolam ikan dalam perjalanan menuju pantai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan mercusuar Braisan

Mercusuar cantik di Pantai Baru ini tingginya ratusan meter dan jumlahnya mencapai puluhan. Fungsi mercusuar atau kincir angin adalah untuk menghasilkan listrik guna memenuhi kebutuhan listrik di wilayah pesisir.

Pemanfaatan kincir angin ini disebut dengan pembangkit listrik hybrid yang mampu menghasilkan listrik dalam jumlah besar. Bahkan dapat membantu menggerakkan mesin es bagi para nelayan untuk mengawetkan ikan.

Pohon pinus sebagai motif foto yang populer

Salah satu tujuan penanaman pohon pinus adalah untuk mencegah abrasi. Pohon-pohon ini ditanam sejak tahun 1999 sehingga pohonnya terlihat sangat kokoh dan berbuah.

Wisatawan dapat menggunakannya sebagai titik awal untuk fotografi. Selain itu, pengunjung juga biasa bersantai dengan menyewa tikar atau berbaring di hammock untuk berteduh di bawah pohon pinus.

Terletak di sejumlah pantai populer

Pantai Baru merupakan salah satu dari sejumlah pantai populer di Jogja. Di antaranya Pantai Pandansimo, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Kuwaru. Artinya, wisatawan yang mengunjunginya bisa sekaligus menikmati suasana pantai tersebut dengan harga yang sedikit berbeda.

Sering mencari hiburan gratis

Sering ada musik live pada waktu-waktu tertentu. Baik band lokal maupun penyanyi campursari merupakan ciri khas kota Jogja. Hal ini bisa menjadi hiburan bagi wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Baru ShutterstockFoto oleh Nopan Creative di Shutterstock

Pantai Baru merupakan salah satu pantai yang ada di kota Yogyakarta. Lebih spesifiknya terletak di Kabupaten Bantul, Kecamatan Srandakan, yaitu Desa Poncosari. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 30 kilometer.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil untuk menuju lokasi. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 50 menit. Medannya tidak terlalu curam atau berkelok-kelok dan jalannya juga beraspal.

Untuk itinerarynya, pengunjung bisa memulainya dari pusat kota Yogyakarta. Selanjutnya ambil arah selatan menuju Jalan Bantul. Kemudian menuju Bundaran Srandakan yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kulonprogo. Ambil arah kiri dan terus ke selatan.

Di titik ini Anda akan menemukan papan penunjuk arah yang menunjukkan lokasi Pantai Kuwaru dan Pantai Baru. Ikuti petunjuk menuju lokasi pantai. Hingga nanti Anda akan melihat banyak tiang mercusuar di antara pepohonan pinus. Ada Pantai Baru.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk yang dipatok pihak pengelola sungguh terjangkau. Wisatawan hanya perlu membayar tiket Rp 4.000 per orang dan bisa menikmati beberapa resor pantai yang berdekatan dalam waktu bersamaan.

Biaya parkirnya juga relatif normal. Jika wisatawan membawa kendaraan bermotor cukup menyiapkan Rp 2.000, sedangkan harga mobil Rp 5.000 per unit.

Namun jika Anda datang bersama rombongan besar, misalnya dengan bus, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000 per unit. Kalau minibus cukup bayar Rp 10.000 saja.

Jam operasional di Pantai Baru adalah pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Jam berkunjung ini berlaku setiap hari, baik pada hari kerja maupun pada hari libur atau akhir pekan. Artinya wisatawan bisa berkunjung kapan saja.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Baru ShutterstockFoto oleh Ianmamad di Shutterstock

1. Menikmati pesona pantai

Pemandangan yang ditawarkan Pantai Baru sungguh menakjubkan. Pasirnya yang lembut berwarna hitam berpadu dengan air yang jernih dan ombak yang berbusa membuat Anda tak sabar untuk merasakan sensasi tersebut.

Selain itu, banyak pula pohon pinus di sepanjang pantai. Deretan pepohonan yang terawat tumbuh seperti gerbang. Pengunjung bisa mengubahnya menjadi spot selfie yang keren.

2. Main ATV

Lokasi pantai cantik ini juga memiliki permainan ATV yang disewakan kepada wisatawan. Sebuah ATV dapat digunakan oleh 2 penumpang. Anda bisa mengajak anak atau pasangan Anda berjalan-jalan di pantai dengan permainan seru ini.

3. Piknik di Pantai Baru

Suasana pantai belum terlalu ramai pengunjung dan banyaknya pohon pinus yang menaungi terik matahari dapat dijadikan tempat piknik.

Sesampainya di lokasi pantai, pilihlah area yang tepat untuk menggelar tikar dan menata berbagai hidangan yang Anda bawa. Menikmati makan siang sambil mengagumi keindahan pantai sudah cukup menjadikan liburan Anda istimewa.

4. Bersantai di Hommock

Banyaknya pohon pinus di pantai menjadi destinasi lain yang wajib dikunjungi. Nah, di kawasan ini juga terdapat beberapa hammock warna-warni yang bisa dijadikan tempat bersantai.

Pengunjung bisa berbaring atau berayun di hammock yang menempel di pohon atau lainnya. Saat angin pantai bertiup, Anda serasa sedang berayun di hammock.

5. Cari foto keren

Tak jarang tujuan wisatawan yang datang kesini adalah untuk mencari foto pemandangan alam kekinian. Di pintu masuk Anda langsung disambut oleh patung ikan dengan tulisan “Pantai Baru”. Keberadaan patung ini cukup menyita perhatian, bisa dijadikan sebagai spot foto.

Semakin jauh pengunjung memasuki kawasan pantai, pengunjung langsung terpesona dengan pemandangan indah, hutan pinus, dan deretan perahu nelayan.

6. Kuliner

Beberapa warung di pinggir pantai menawarkan beragam kuliner, mulai dari minuman es kelapa, aneka jus, es krim, hingga makanan lezat. Tak ketinggalan menu olahan seafood khas Pantai Baru yang dibeli langsung dari para nelayan.

Pengunjung bisa memesan kuliner tersebut dan menikmatinya sambil menyaksikan aksi pantai. Soal harga, tidak ada alasan untuk meragukannya. Yogyakarta terkenal dengan kulinernya yang harganya terjangkau, tak lain adalah kuliner di pantai indah ini. Harga terjangkau namun rasanya tetap istimewa.

7. Menyaksikan keindahan matahari terbenam

Pantai Baru menawarkan pemandangan matahari terbenam yang tak kalah mempesona. Meski jam berkunjung pantai hanya sampai pukul 17.00 WIB, namun wisatawan yang sudah berada di tempat wisata tetap bisa menikmati pesona matahari terbenam. Hanya fasilitas stand atau permainan FTV yang sudah tidak beroperasi lagi.

Pancaran sinar jingga kemerahan yang memenuhi langit malam di Pantai Baru menjadi daya tarik tersendiri yang patut diabadikan. Berpadu dengan gemerlap air laut yang terkena sinar matahari, suasana menjadi semakin mempesona.

8. Lihat kincir angin

Dalam perjalanan menuju Pantai Baru, pengunjung juga bisa melihat beberapa kincir angin yang menjulang tinggi. Kincir angin ini merupakan program pembangkit listrik eksperimental untuk memenuhi kebutuhan listrik pesisir.

Hal ini diperlukan tidak hanya di desa, tapi juga untuk meningkatkan kebutuhan listrik di sekitar pantai, misalnya untuk penerangan atau listrik untuk kios.

Keberadaan kincir angin ini dirancang untuk teknologi tersebut. Hal ini memungkinkan baling-baling angin berputar langsung ke arah tiupan angin. Dibangun pada tahun 2010 dengan dukungan Kementerian Riset dan Teknologi.

Pengunjung bisa memanfaatkan pemandangan ini sebagai spot foto selfie. Suasana ala Eropa dengan kincir angin yang khas. Bahkan sangat cocok untuk diunggah ke media sosial sehingga menggugah rasa penasaran orang lain yang melihatnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Perlengkapan pantai baruFoto oleh SevyStocks di Shutterstock

1. Lokasi parkir

Area parkir yang tersedia cukup luas. Wisata ini juga dapat menampung pengunjung secara berkelompok dengan menggunakan bus. Artinya wisatawan yang membawa kendaraan tidak perlu lagi khawatir untuk memarkir kendaraannya.

2. Stabil

Kehadiran warung menjadi fasilitas yang selalu dicari wisatawan. Apalagi jika ingin membeli makanan atau minuman. Wisatawan tidak lagi perlu mencari jauh-jauh ke luar kota.

3. Ruang sholat

Ketika waktu salat tiba, wisatawan muslim harus segera melaksanakan salat. Nah, ada mushola di Pantai Baru yang masih terawat dengan baik.

4. Kolam renang

Bagi Anda yang takut berenang di pinggir pantai, kesegaran airnya tetap bisa Anda rasakan saat berenang atau mandi di kolam renang. Ada juga persewaan ban atau jaket pelampung.

5. Toilet

Jumlah toilet yang tersedia di tempat wisata ini tidak hanya satu. Artinya wisatawan bisa menggunakannya untuk keperluan toilet atau berganti pakaian tanpa harus antri.

6. Permainan ATV

Game FTV seru banget. Dapat membuat liburan Anda semakin seru atau menghilangkan kepenatan dalam kehidupan sehari-hari. Pengunjung bisa menyewanya seharga Rp 30.000 selama 15 menit.

7. Akomodasi

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi bermalam di Pantai Baru, Anda bisa memesan beberapa akomodasi dengan harga berbeda. Mulai dari harga sederhana hingga harga spesial.

Demikianlah informasi keindahan Pantai Baru Bantul Jogja. Mulai sekarang Anda bisa merencanakan liburan di pantai indah ini. Jangan lupa ajak teman dan keluarga agar liburanmu semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button