Tempat Wisata

Pantai Bunaken, surga bawah laut yang menakjubkan di Manado

harga tiket: -, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kota Manado, Sulawesi Utara; map: Cek lokasi

Sepertinya hampir semua orang tahu nama Bunaken, terutama masyarakat Manado Indonesia. Tak hanya masyarakat Indonesia, jajanan yang ditawarkan Bunaken bisa membuatnya dikenal luas di masyarakat dunia. Seperti secercah cahaya yang datang dari Bunaken berupa sebuah pantai bernama Pantai Bunaken dengan sejuta keindahan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata saja.

Pantai indah di sekitar Pulau Bunaken menawarkan pesona keindahan di atas rata-rata. Lokasinya sangat cocok sebagai tempat khusus bagi mereka yang mendambakan liburan yang dikelilingi oleh keindahan alam yang eksotis. Tidak hanya itu, pantai ini juga cocok untuk para penyelam scuba. Berbagai hal yang terdapat di pantai Sulawesi bisa disebut sempurna

Wisatawan yang datang tidak akan menemukan sedikit pun sisi pemandangan yang tidak menarik. Sejauh mata memandang hanya ada keindahan yang akan memukau wisatawan. Pasir putihnya seperti bongkahan gula yang tersapu manis dengan ombak kecil dari birunya laut. Airnya yang jernih seolah tak malu menampilkan ikan-ikan kecil dan terumbu karang.

Atraksi Pantai Bunaken

Atraksi Pantai BunakenKredit foto: Instagram Taman Nasional Bunaken

Berbicara tentang objek wisata Pantai Bunaken tentu merupakan hal yang sangat sederhana. Pasalnya, objek wisata alam ini telah menjadi destinasi wisata global bahkan menjadi destinasi populer bagi wisatawan mancanegara. Jadi jika Anda bertanya tentang daya tariknya, itu adalah kenyamanan. Berbagai keunggulan yang menjadi daya tarik pantai ini akan memanjakan para pengunjung.

1. Ikan kecil dan terumbu karang

Anda bukanlah penyelam sejati jika belum memiliki pengalaman menyelam di sini. Terletak di Pulau Bunaken, pantai ini menyimpan keindahan biota laut dengan airnya yang jernih. Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis ikan kecil di sini sambil menyelam. Tidak hanya ikan kecil, paus dan lumba-lumba juga bisa dilihat oleh wisatawan. Selain itu, terumbu karangnya masih sangat terjaga dengan baik.

2. Pasir putih dan gradasi air laut

Laut menawarkan pemandangan tak berujung dari Pantai Bunaken. Pemandangan lautan luas dengan nuansa biru dan hijau tosca akan membuat wisatawan merasakan lembutnya pasir yang terhampar di pantai ini. Meski tempatnya tidak terlalu besar, panorama alam yang disuguhkan memang sangat mengesankan bagi semua orang. Menakjubkan, bukan?

3. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua sebenarnya merupakan daratan yang bentuknya hampir menyerupai gunung, makanya pulau ini sering disebut sebagai gunung. Wisatawan yang kontemplatif dengan pesona luasnya laut dari pantai ini pasti bisa menemukan Pulau Gunung Manado Tua dengan mudah. Sehingga keindahan laut menjadi semakin terpancar berkat keberadaan gunung yang satu ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai BunakenKredit foto: Kamera InstagramS

Keinginan penuh untuk datang ke sini bukanlah semacam penyakit yang harus diwaspadai, ini pertanda bahwa Anda mabuk keindahan Pantai Bunaken. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui secara pasti lokasi objek wisata alam ini. Pantai eksotis ini terletak di Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, tepatnya di Kecamatan Wori, Kota Manado.

Berjalan ke pantai ini mungkin sulit atau tidak, tergantung pengunjungnya. Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Kota Manado dengan menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. Memang cukup lama, namun sepanjang perjalanan wisatawan tidak akan bosan karena suguhan yang ditawarkan.

Setelah sampai di Bandara Internasional Sam Ratulangi, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan ITC Marina Plaza Manado. Karena pantai menghadap pulau Sulawesi, wisatawan perlu menyeberangi lautan ke pulau Bunaken dan kemudian bertemu pantai tujuan. Memang terdengar agak membosankan.

Wisatawan yang melakukan perjalanan dari pelabuhan ke Pantai Bunaken membutuhkan waktu 45 hingga 60 menit berkendara. Penyeberangan ini dilakukan dengan perahu kecil yang dapat ditumpangi oleh beberapa penumpang. Wisatawan juga tidak akan bosan, karena warna biru laut yang luas akan menghiasi mata wisatawan saat berlayar ke tempat tujuan.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Pantai BunakenKredit foto: Instagram Tripkoo ID | portal perjalanan

Pantai Bunaken yang menjadi destinasi wisata alam kelas dunia menawarkan pemandangan yang tiada duanya. Jika harus ditukar dengan sejumlah uang nominal sebagai biaya transportasi, tidak masalah. Apalagi jika biaya transportasi ini sudah termasuk peralatan menyelam yang bisa digunakan wisatawan untuk menyelam di pantai ini.

Wisatawan bisa menyiapkan dana mulai Rp 150.000 sebagai biaya sewa perahu dari pelabuhan menuju pantai. Wisatawan yang tidak ingin repot bisa menyewa paket liburan seharga Rp 800.000. Paket ini mencakup berbagai fasilitas wisata seperti: Seperti mobil yang dilengkapi dengan AC, pemandu wisata laut yang cantik ini, makanan, parkir, air minum kemasan hingga peralatan untuk menyelam.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Bunaken

Aktivitas pantai BunakenKredit Foto: Tur Instagram Bunaken | Wisata Manado

1. Berenang bersama ikan-ikan kecil dan terumbu karang

Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi Pantai Bunaken adalah scuba diving. Seolah sudah menjadi ritual wajib, wisatawan tidak akan merasa tersesat menyelam di sini. Wisatawan dapat melihat ikan-ikan kecil berenang dan bersembunyi di balik terumbu karang yang masih sangat alami. Warna-warna cerah dari ikan kecil ini terlihat seperti kupu-kupu di dalam air.

2. Jelajahi setiap jengkal keindahan pantai

Seperti kebanyakan pantai yang memiliki momen pasang surut, hal ini pernah terjadi pada pantai ini. Pada malam hari, wisatawan bisa berjalan menyusuri laut yang sedang surut sambil melihat objek-objek laut seperti karang. Ditemani semilir angin malam yang sejuk, wisatawan akan sedikit terhipnotis berjalan di pasir pantai ini pada malam hari. Penasaran? rasakan saja!

3. Menikmati sunset di balik Gunung Pulau Manado Tua

Menyelesaikan rangkaian tamasya di pantai ini menikmati sunset merupakan kegiatan yang sangat cocok. Wisatawan bisa menyiapkan kursi kecil di atas pasir putih yang lembut lalu duduk di atasnya sambil memandangi lukisan megah yang dipoles oleh Yang Maha Kuasa. Belum lagi jika pemandangan pulau Gunung Manado Tua menambah pesona indahnya.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai Pantai BunakenKredit foto: Google Maps Arto Moro Bunaken

1. Arto Moro Bunaken

Penginapan pantai bergaya tropis ini memang tempat yang bagus untuk menginap di dekat Pantai Bunaken. Di sini juga ada kafe dengan harga makanan yang ramah kantong. Lokasinya yang berada di Gerbang Bunaken akan menggoda siapa saja untuk bermalam. Fasilitas yang ditawarkan juga tidak main-main, penginapan ini memiliki parkir gratis, restoran, dan kamar-kamar ber-AC.

2. Resor Dua Ikan Bunaken

Penginapan terdekat yang bisa dijadikan tempat bermalam bagi pengunjung pantai adalah Two Fish Resort Bunaken. Penginapan ini terlihat sangat cantik, dilatarbelakangi oleh rerimbunan pohon yang dibiarkan tumbuh. Selain itu, kolam renang yang luas menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Menginap di sini, pengunjung akan merasa sangat puas dengan sajian alamnya.

3. Resor Menyelam Taman Laut Bunaken

Penginapan berbentuk bungalow ini juga tidak mau kalah dengan pendahulunya. Konsep alam dengan pepohonan dan rerumputan yang menghiasi hampir seluruh area, menciptakan kesejukan yang bisa dirasakan dari dekat. Wisatawan dapat menikmati mencicipi makanan lezat di kamar yang dirancang dengan baik selama menginap di Bunaken Sea Garden Dive Resort.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai BunakenKredit Foto: Google Maps Simon Rajagukguk

Obyek-obyek wisata yang sudah dikenal telinga asing membuat fasilitas Pantai Bunaken tergolong lengkap dan memadai. Berbagai fasilitas yang tersedia di sini seperti tempat usaha klasik, tidak seperti tempat usaha kecil lainnya. Wisatawan benar-benar dimanjakan dengan fasilitas di pantai yang satu ini. Berbagai fasilitas di Bunaken tercantum di bawah ini.

Menyelam bersama dunia bawah laut merupakan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Wisatawan dapat menyewa fasilitas peralatan menyelam dengan kamera bawah air tahan air. Sehingga wisatawan bisa menyelam sambil mengabadikan momen tersebut. Pemandu juga akan menemani Anda. Bagaimana tidak menarik ketika pantai ini dipermudah dengan hal-hal penting ini.

Selain perlengkapan menyelam, wisatawan juga bisa merasakan wahana berupa perahu dan speedboat. Kehadiran fasilitas ini dapat dimanfaatkan wisatawan untuk menjelajahi hamparan pantai laut. Seolah itu belum cukup, ada juga sejumlah besar penginapan dengan tipe yang berbeda. Jadi, wisatawan tinggal memilih jenis akomodasi yang ingin disewa tergantung fasilitas pengunjung.

Itulah beberapa rangkuman kecil tentang Pantai Bunaken. Sebuah pantai kelas internasional yang sangat mendunia. Kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga dengan keberadaan Bunaken. Bahkan, Bunaken dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2005. Tugas kita selanjutnya adalah mengurus semua yang ada di Bunaken. Besar!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button