Tempat Wisata

Pantai Buton Katembe, Wisata Pantai Eksotis Penuh Legenda

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Madongka. Lakudo, Kab.Buton, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Bagi masyarakat sekitar, nama Pantai Katembe Buton sudah dikenal. Pasalnya, keindahan pernak-pernik alam yang ditawarkan pantai ini mampu menarik setiap orang untuk berkunjung. Keindahan yang disuguhkan pantai ini seakan tidak ada habisnya jika membicarakannya. Sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di pantai yang satu ini.

Ternyata pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan tetapi juga banyak cerita yang berdengung di masyarakat setempat. Konon ada seorang ibu di pantai ini yang melompat ke laut dan meninggalkan beberapa anaknya. Kemudian sang ibu berubah menjadi putri duyung. Dipercaya bahwa beberapa putri duyung mengunjungi pantai ini pada bulan-bulan tertentu.

Tak hanya itu, nama pantai ini berasal dari bahasa lokal masyarakat sekitar “Katembe” yang artinya air tawar. Menariknya, tidak semuanya ada hubungannya dengan pantai ini, mulai dari legenda yang berkembang hingga asal usul penamaan Pantai Katembe. Pantai ini juga tidak mau ketinggalan, dengan panorama alamnya yang mampu menggoda siapa saja untuk menghabiskan liburan di sini.

Atraksi Pantai Katembe

Atraksi Pantai KembbeKredit foto: Google Maps Huda Dee

Pantai indah ini merupakan destinasi wisata bahari di Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Buton Tengah. Pantai ini merupakan pantai yang populer bagi wisatawan yang ingin melihat keindahannya. Para pengunjung datang tidak hanya dari pengunjung dari daerah Buton tetapi juga dari luar daerah. Berbagai atraksi yang dimiliki menggugah minat para pengunjung.

1. Pasir dua nada dan air jernih

Pantai Katembe yang eksotis ini memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan pantai lainnya, yaitu pasir two tone. Sekilas warna pasir pantai ini berwarna putih seperti pasir pantai biasa. Namun jika diperhatikan lebih dekat, warna pasir pantai di Buton Tengah berwarna pink, apalagi air lautnya terkenal jernih. Dingin!

2. Keindahan biota bawah laut yang beragam

Bagi wisatawan yang hobi snorkeling, pantai yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Karena berbagai makhluk bawah laut terlihat begitu indah dan masih terjaga. Tidak ada satu pun terumbu karang di bawah laut yang rusak, semuanya masih terlihat utuh dan terjaga. Belum lagi jika dipadukan dengan air laut yang jernih akan semakin memperjelas pemandangan bawah laut.

3. Adanya sumur legendaris

Menurut asal usul nama pantai ini berarti air tawar. Keberadaan air mancur di sini berbicara tentang asal usul nama pantai ini. Namun, ada sumur tua dengan air tawar di dalamnya, meskipun dekat dengan pantai. Air dari sumur kuno ini tidak pernah kering dan tidak pernah berhenti mengeluarkan air, bahkan ketika musim kemarau tiba.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai KembbeSumber gambar: Google Maps Salim Tarma

Pantai Katembe merupakan salah satu pantai di Kabupaten Buton Tengah, tepatnya di Kecamatan Lakudo, Desa Madongka, Sulawesi Tenggara. Pantai ini terletak 25 km dari pusat Kabupaten Buton Tengah. Akses jalan menuju destinasi wisata alam ini terbilang wajar. Namun karena letaknya yang berada di pedesaan, wisatawan harus melewati jalan setapak untuk sampai ke tengah pantai.

Waktu berkendara untuk mengunjungi pantai ini kurang lebih 40 menit jika perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Buton Tengah. Kali ini dapat berubah dengan mempertimbangkan rute wisatawan yang harus melewati jalan setapak. Wisatawan akan disuguhi pemandangan rumah khas pedesaan dengan masyarakat yang ramah. Jadi wisatawan tidak bosan.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat atau dua untuk mengunjungi Pantai Katembe dengan sejuta pesona uniknya. Ada dua rute yang harus dilalui wisatawan. Pertama, wisatawan melewati jalan raya, dan kedua, wisatawan melewati jalan setapak yang menghubungkan jalan dengan pantai. Wisatawan dapat memulai perjalanan dari pusat Buton Tengah menuju pantai.

Bagi wisatawan yang tertarik melangkah ke pasir unik pantai ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Poros Lombe kemudian menuju Jalan Ahmad Yani. Belok kiri ke Jalan Jend. Sudirman dan selanjutnya ke Jalan Poros Lakapera-Waara. Kemudian lanjutkan ke Jalan Gersamata dan Jalan Poros Wamengkoli hingga sampai di tujuan yang dituju.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Biaya masuk pantaiKredit foto: Google Maps Huda Dee

Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan harga yang relatif ramah kantong, wisatawan sudah bisa menikmati panorama indah yang disuguhkan Pantai Katembe ini. Sejarah dan asal-usulnya yang menarik dapat dinikmati oleh wisatawan dengan biaya masuk yang murah. Jadi tidak ada alasan untuk melewati pantai Butong Tengah ini.

Wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai ini bisa menyiapkan Rp 5.000 sebagai tiket masuk. Pecahan ini tergolong murah untuk tiket ke pantai yang menawarkan daya tarik menarik. Tak heran jika pantai ini menjadi tujuan populer bagi pecinta wisata. Wisatawan tidak akan menyesal datang ke sini karena menawarkan keindahan di setiap sisi.

Aktivitas Seru di Pantai Kembeb

Kegiatan rekreasi di pantai KatembeKredit foto: Google Maps Portable Comp

1. Piknik di pantai berpasir yang unik

Warna pasir Pantai Katembe cukup unik, dengan perpaduan warna putih dan pink yang membuat wisatawan betah memandanginya. Pasir pantai ini juga memiliki tekstur yang lembut. Wisatawan bisa piknik atau sekedar bermain dengan anak-anaknya di pasir pantai. Wisatawan juga tidak perlu khawatir jika bayi terjatuh, karena pasir pantai yang lembut tidak membahayakan kulit.

2. Snorkeling dengan alam bawah laut yang indah

Pantai yang terletak di Buton Tengah ini pun tak mau ketinggalan untuk memamerkan keindahan alam bawah lautnya. Sebagai surganya para perenang snorkel, pantai ini sangat cocok sebagai tempat menyelam. Berbagai terumbu karang dengan ikan-ikan berenang menjadi pemandangan yang wajib Anda lihat saat menyelam di pantai ini. Sangat menakjubkan!

3. Cicipi air segar dari Air Mancur Legenda

Air mancur yang terletak tidak terlalu jauh dari pantai ini memiliki air tawar yang terdengar agak janggal mengingat letaknya yang dekat dengan pantai. Untuk membuktikannya, wisatawan bisa mencoba sendiri air dari pancuran ini. Selain itu, sumur ini seperti berkah bagi masyarakat setempat, apalagi saat musim kemarau telah tiba, masyarakat bisa memanfaatkan air sumur ini.

Penginapan murah di daerah ini

Penginapan murah di daerah iniSumber Gambar: Google Maps anwar anwar

1. Hotel Hing Amimah

Hotel ini relatif murah dan karena itu populer di kalangan pengunjungnya. Meski harganya murah, namun fasilitas Hotel Hing Amimah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai fasilitas yang tersedia mampu menunjang berbagai aktivitas para pengunjung, seperti parkir, sarapan pagi dan WiFi gratis, kamar ber-AC, resepsionis 24 jam dan penjemputan di bandara.

2. Hotel Pantai Calista

Calista Beach Hotel menawarkan akomodasi yang bersih dengan dekorasi kamar minimalis. Cocok sebagai tempat bermalam bagi wisatawan yang penat setelah liburan di pantai katembe. Fasilitas Calista Beach Hotel juga lengkap dan memadai, seperti WiFi gratis, akses langsung ke pantai, kamar dengan AC dan resepsionis 24 jam.

3. Wisma Kahyangan

Penginapan ini memiliki desain eksterior dan interior yang menawarkan suasana home-from-home. Dengan ukuran kasur yang cukup besar, penginapan ini cocok sebagai tempat peristirahatan. Fasilitas di penginapan ini lengkap dan memadai, dengan akses internet nirkabel gratis, kamar full AC dan layanan full 24 jam. Apakah Anda ingin tinggal di sini?

Fasilitas di Kembbe Pantai Beach

Fasilitas Pantai Kembbe PantaiKredit foto: Google Maps Huda Dee

Fasilitas yang disediakan pengelola Pantai Katembe dinilai kurang memadai mengingat objek wisata ini berada di pedesaan tepatnya di desa Madongka. Meski fasilitasnya dinilai kurang memadai, pantai ini berhasil menyuguhkan panorama alam yang akan membuat siapapun terpana melihatnya. Hal ini juga didukung dengan berbagai atraksi yang dimilikinya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini belum lengkap dan memadai. Ada beberapa fasilitas kecil yang mendukung liburan wisatawan, seperti kafe dan toilet. Beberapa kafe sederhana di sini menyajikan kopi yang begitu nikmat untuk dicicipi sambil memandangi panorama pantai. Apalagi jika dinikmati di sore hari dengan pesona sunset yang mempesona.

Selain kopi, ada fasilitas lain di pantai ini, yaitu toilet. Tidak banyak toilet di sini, bahkan jumlahnya bisa dihitung dengan satu tangan. Wisatawan dapat menggunakan toilet ini untuk membersihkan tubuh setelah berenang di air pantai yang asin. Namun terkadang wisatawan harus mengantri untuk menggunakan fasilitas ini karena jumlahnya yang sedikit.

Itulah beberapa hal menarik tentang Pantai Katembe di Buton Tengah. Meski lokasinya agak jauh dari keramaian karena berada di pedesaan dan fasilitasnya yang belum lengkap, pantai ini tetap tak kalah menyuguhkan panorama alam dengan berbagai biota laut dan legenda sumur purbakala. Biaya masuk yang terkenal murah juga menjadikannya tujuan populer.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button