Tempat Wisata

PANTAI CEMARA KEMBAR Tiket & Aktivitas Maret 2023

Harga Tiket Masuk Pantai Kembar Cemara : Rp 40.000. Jam buka: 08.00 – 19.00. Nomor telepon: 0853-7395-1095. Alamat / Tempat : Jl. ATP Beach No. 15 Desa Sei Nagalawan Naga Kisar, Pantai Cermin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987, Sumatera Utara, Indonesia, 20987.

Saat Anda berkunjung ke Sumatera Utara, sempatkan untuk bermain di pantai. Meski tidak memiliki air yang jernih, pantai-pantai di Sumatera Utara memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Pantai pinus kembar di Serdang Bedagai.

Pantai berpasir putih ini merupakan objek wisata bahari yang patut diperhitungkan. Kawasan perairannya memang tidak memiliki air biru yang indah, namun pemandangan sekitarnya cukup indah. Selain itu, pengelola pantai mengelola kawasan dengan baik, sehingga pantai ini masuk dalam daftar kunjungan wajib wisata bahari di Serdang Bedagai.

Biaya masuk ke Pantai Kembar Cemara

Untuk wisata pantai, harga tiket masuk ke tempat wisata ini cukup mahal. Tapi harganya masuk akal dengan semua keindahan yang ada. Selain itu, pengunjung mendapatkan air kemasan gratis, parkir, sewa kabin, dan semua fasilitas yang tersedia dengan setiap pembelian tiket.

Biaya masuk ke Pantai Kembar Cemara
jenis tiket harga tiket
tiket masuk Rp40.000

Baca: PANTAI SRI MERSING: Tiket Masuk dan Atraksi

jam operasi

Jika tempat wisata alam biasanya dibuka sepanjang hari, berbeda dengan Pantai Cemara Kembar. Pengunjung dapat terus mengunjungi pantai setiap hari dari pagi hingga sore hari saja.

jam operasi
Senin minggu 08.00 – 19.00

Daya tarik pantai kembar Cemara

Pemandangan Pantai Kembar Cemara, meski airnya tidak jernih, tetap enak dipandang mataPemandangan Pantai Kembar Cemara meski airnya tidak jernih tetap menarik untuk dikunjungi – Foto: googlemaps / Nova Thresia

Pantai yang dibuka untuk umum pada 17 Juli 2015 ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak mendatangkan pemasukan bagi pemerintah daerah. Tak heran jika pantai ini selalu dikunjungi wisatawan karena keunikannya.

Air pantainya tidak jernih sehingga Anda perlu mencari daya tarik untuk menjadikan pantai sebagai tempat wisata. Untuk itu pihak pengelola pantai mengubah tempat ini dengan memanfaatkan kondisi lingkungan. Seperti spot foto bangunan, miniatur rumah tradisional, hingga paviliun untuk bersantai, ternyata bisa menambah minat pengunjung.

Baca: Wisata Pantai Pilihan di Sumut

rumah adat melayu

Keunikan Pantai Cemara Kembar adalah Rumah Adat Melayu yang terbuat dari bambuKeunikan Pantai Kembar Cemara adalah Rumah Adat Melayu yang terbuat dari bambu – Foto: googlemaps/ Andy Syrus

Daya tarik pantai ini tidak hanya pada pemandangan alamnya saja. Keindahan pasir putih dengan deburan ombak memang memukau, namun ada keunikan lain dari pantai ini. Ada sebuah rumah adat tradisional Malaysia yang penuh romantisme yang menjadi daya tarik tersendiri.

Rumah tradisional Malaysia ini terbuat dari bambu dan memiliki bentuk bertingkat seperti rumah panggung. Di sisi-sisinya terdapat kelambu warna-warni berhias ornamen melayu. Karena keindahannya, rumah adat ini sering menjadi spot foto sebelum pernikahan Pengantin. Rumah adat ini tidak hanya menjadi area foto yang asyik, tetapi juga menjadi tempat beristirahat sejenak dan menikmati suasana pedesaan di sekitarnya.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Serdang Bedagai

Pantai romantis

Salah satu spot foto romantis di Pantai Kembar CemaraSalah satu spot foto di Pantai Cemara Kembar – Foto: googlemaps/ Sri MuLyani98

Tak hanya Rumah Adat Melayu, pengelola telah membangun beberapa tempat bernuansa romantis di pantai ini. Ada gembok cinta di mana pasangan memasang gembok cinta di ujung jembatan. Lalu ada perahu cinta, ayunan cinta dan rumah pohon. Untuk bisa mengunjungi semua area, jangan ragu untuk menanyakan arah kepada pengelola.

Pantai ini dinamakan Cemara Kembar karena banyak tumbuh pohon pinus di sekitar pantai. Selain Cemara juga terdapat pohon jaring yang dihiasi kain kotak berwarna pada batangnya, serta terdapat beberapa hiasan dan ornamen untuk menghiasi pantai.

Baca: Tiket Masuk PANTAI BALI LESTARI dan Aktivitas Serunya

Replika Keraton Sultan Serdang

Replika Keraton Serdang BedagaiReplika Keraton Serdang Bedagai, tanda kemakmuran dan kejayaan masa lalu – Foto: googlemaps / Bambang Eko Listrianto

Di persimpangan tepat sebelum pintu masuk kawasan pantai terdapat replika Keraton Sultan Serdang di Jalan Lintas Sumatera. Istana asli Sultan sebelumnya terletak di desa Galuh di Perbaungan.

Banyak wisatawan maupun masyarakat umum yang datang untuk melihat replika keraton yang menjadi simbol kejayaan Kesultanan Serdang ini. Menurut laporan, istana Sultan Serdang dibakar oleh Belanda karena kerajaan tidak mendukung Belanda selama penjajahan. Istana replika ini diprakarsai oleh Sultan Serdang Allahyarham Tuanku Luckman Sinar Basarshah II SH dan diresmikan pada tanggal 7 Januari 2012.

Replika istana ini dimaksudkan sebagai alat bantu pembelajaran dan pengingat akan keberadaan Kerajaan Serdang. Selain itu diharapkan dapat menjadi pusat pengembangan budaya dan adat melayu. Hal ini terlihat dari banyaknya kunjungan wisatawan ke sekolah-sekolah di tempat ini.

Perabot

Fasilitas Pantai Cemara Kembar cukup lengkap. Ada bilik billiard, parkir luas, toilet, warung makan, dan paviliun. Jangan lupa cicipi makanan andalan pantai ini yaitu seafood dan kelapa muda. Harga makanan di sini mulai dari Rp50.000 hingga Rp120.000, sedangkan minuman hanya sekitar Rp15.000.

Lokasi dan Rute Pantai Kembar Cemara

Properti wisata pantai ini terletak di Jalan Pantai ATP No. 15, Sei Nagalawan Naga Kisar Desa Sei Rampah, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara 20987.

Jika pengunjung datang dari Kota Medan, bisa langsung menuju Pantai Cemara Kembar melalui Tol Medan-Kuala Namu kemudian menuju Jl. Pantai Suara Besar. Harap berhati-hati karena pintu masuk ke area pantai rusak.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button