Tempat Wisata

Pantai Cijayana: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kota Garut memang tidak diragukan lagi keindahannya. Selain keindahan alamnya yang luar biasa, kota yang terkenal dengan dodolnya ini juga menawarkan wisata pantai yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Cijayana. Pesona pantai ini terletak pada air lautnya yang berwarna kebiruan seperti permata dan terlihat seperti laut di atas awan jika dilihat.

Kawasan Pantai Cijayana seluas kurang lebih 9 hektar ini masih terlihat alami. Pasalnya, Pemprov Jabar belum memberikan perhatian khusus terhadap pantai ini. Pantai ini sangat cocok untuk pengunjung yang mencari kedamaian dan ketenangan di alam. Ombaknya sedang, suasananya masih alami dan kicauan burung-burung kecil yang beterbangan menyambut setiap orang yang datang ke pantai ini.

Fasilitas di Pantai Cijayana

Pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Di pantai ini Anda akan menemukan warung makan yang menjajakan makanan sunda dan aneka jajanan. Dilengkapi dengan paviliun di sepanjang pantai menawarkan pengunjung tempat untuk bersantai atau beristirahat.

Selain itu, tersedia pula musala bagi pengunjung yang hendak melaksanakan salat. Toilet dan kamar mandi yang ada sudah memadai dan terjaga kebersihannya. Selain itu, Anda juga bisa menemukan layanan kesehatan dan berbagai fasilitas lainnya seperti jaminan keamanan saat ada pengunjung. Tak ketinggalan, ada juga toko oleh-oleh yang menjual berbagai jenis kerajinan hasil karya masyarakat setempat. Tentunya sangat cocok sebagai souvenir atau hadiah.

Keindahan Pantai Cijayana

Di kalangan masyarakat, Pantai Cijayana disebut sebagai laut di atas awan. Julukan ini diberikan karena letaknya yang laut dan ombak setinggi satu meter, seolah-olah pantai ini berada di atas awan. Warna lautnya yang kebiruan seperti cahaya permata yang bertebaran di atas awan putih menambah keindahan dan keeksotisan pantai ini. Juga deretan bebatuan di pantai yang tertata rapi membuat pantai ini sangat menarik untuk dijelajahi lebih dalam.

Pengunjung yang datang ke pantai ini dapat bersantai dan menikmati angin sepoi-sepoi. Pantai ini memiliki pasir halus dengan warna putih kecoklatan alami. Pantai Cijayana memiliki pantai yang luas dan berangin. Pantai ini memiliki panjang sekitar 2000 meter dan lebar lebih dari 200 meter.

Flora yang dominan tumbuh di pantai ini adalah sarang lebah pandan. Kestabilan pantai ini baik karena abrasinya rendah. Selain itu, kondisi airnya cukup baik, warna airnya biru, bau airnya normal, dan suhunya juga normal. Pantai ini memiliki tinggi gelombang rata-rata satu meter dengan kekuatan angin sedang. Selain itu, pantai ini juga mendapat sinar matahari yang cukup.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Cijayana seperti menikmati pemandangan alam pantai, piknik, jalan-jalan di tepi pantai dan berjemur. Bahkan kita juga bisa bermain dan memancing di pinggir pantai.

Kondisi bentang alam di Pantai Cijayana belum banyak dieksploitasi oleh tangan manusia sehingga masih sangat alami. Pasalnya, pantai ini belum dilengkapi berbagai fasilitas wisata yang mendukung potensi alamnya. Pantai ini umumnya tenang dan sepi. Oleh karena itu, sangat cocok bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan kesunyian.

Berburu foto di Pantai Cijayana

Tempat terbaik dan menarik untuk berfoto di Pantai Cijayana adalah laut biru di atas awan. Menampilkan pasir putih kecoklatan halus dan karang yang tersebar di pantai. Tentu sayang jika pemandangan indah ini tidak terekam kamera. Selain itu, jangan lupakan momen bermain pasir dan berjemur di pantai ini yang juga bisa diabadikan dalam foto.

Biaya Masuk Pantai Cijayana

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir limusin/van/bus: Rp 10.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Cijayana

Lokasi Akses ke Pantai Cijayana

Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi pantai ini berdekatan dengan Pantai Rancabuaya. Jarak pantai ini dari pusat kota Garut sekitar 4-5 jam dengan mobil. Jalan menuju pantai Bandung ini bisa melalui Pangalengan, lalu Cisewu dan Rancabuaya. Alternatif lain adalah dari Bandung lewat Ciwidey, lalu ke Cidaun lalu ke Rancabuaya.

Tips Berwisata di Pantai Cijayana

  • Pastikan kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh manajemen.
  • Jangan lupa untuk membawanya krim matahari untuk perlindungan dari terik matahari.
  • Selalu ikuti aturan yang ditetapkan oleh pengelola pantai.
  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.
  • Bawa kamera dan lensa luas dan tripod untuk mengabadikan keindahan pantai ini secara maksimal.

Jika Anda berada di kota dodol Garut, jangan lewatkan mengunjungi laut di atas awan sejenak Pantai Cijayana Itu. Daya tarik utamanya tentu pemandangannya yang masih asri, udaranya yang sejuk, dan air lautnya yang kebiruan. Tentunya setelah menikmati keindahan alam Pantai Cijayana yang begitu luar biasa bisa membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih besar santai. Untuk menjadikan pengalaman perjalanan yang berkesan dan berkesan bersama keluarga di Pantai Cijayana.

Galeri Foto Pantai Cijayana

Pantai Cijayana
Akses jalan menuju pantai
Ombak besar di Pantai Cijayana
Berburu foto romantis
Pantai dengan bebatuan karang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button