Tempat Wisata

Pantai Galesong, pantai indah dengan kolam renang dan wahana seru di Takalar

Pantai Galesong di Takalar merupakan pantai menakjubkan dengan kolam renang dan berbagai wahana tepi pantai yang menarik.

Harga tiket: Rp30.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kecamatan Galesong Utara, Kabin Takalar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pantai Galesong di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan terlihat berbeda dengan pantai pada umumnya. Pasalnya wisata bahari ini memadukan keindahan pantai dengan pesona kolam renang yang dibangun di pinggir pantai.

Perpaduan tersebut merupakan hasil penataan lingkungan pesisir menjadi kawasan wisata terpadu. Dulunya pantai ini sendiri belum sepopuler saat ini.

Namun setelah dibangun kolam renang dan berbagai wahana, pantai indah ini menjadi salah satu tempat wisata di Takalar. Penasaran keseruan apa saja yang bisa kamu dapatkan saat berlibur di sini?

Atraksi yang ditawarkan Pantai Galesong

Objek Wisata : Pantai Galesong TakalarFoto: Google Maps/Inggou David Purba

Kolam renang di tepi pantai

Inilah yang unik dari Pantai Galesong dan mungkin pantai lain tidak memilikinya karena di tepi pantai terdapat kolam renang. Pemandangan dari kolam renang pun tak kalah indahnya dengan pemandangan dari pantai.

Terdapat ornamen dan beberapa patung di sekitar kolam bergaya klasik Eropa. Kemudian di sisi kolam terdapat akomodasi sekelas hotel bergaya Mediterania. Kombinasi ini memberi Anda perasaan sedang berlibur ke luar negeri.

Selain itu, sambil berenang Anda bisa menikmati keindahan laut lepas di depan mata. Pemandangan yang belum tentu bisa Anda dapatkan di wisata kolam renang lainnya bukan?

Game drive lengkap

Di Pantai Galesong Takalar Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan laut dan kolam renang saja. Namun, ada game drive lengkap yang menunggu untuk dicoba. Menariknya, game ini tersedia untuk berbagai kelompok umur.

Untuk anak-anak tersedia area bermain dengan mobil, kereta api, kora-kora, labirin, ayunan dan masih banyak lagi. Bagi orang dewasa, Anda bisa mencoba wahana yang menantang adrenalin, seperti banana boat dan jet ski.

Wahana air ini dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan seperti jaket pelampung. Petugas juga memberikan instruksi kepada pengunjung untuk memastikan keamanan saat bermain, sehingga tidak perlu khawatir.

Spot foto yang estetis

Bagi Anda yang senang mencari foto untuk mengisi feed Instagram, Pantai Galesong sepertinya bisa menjadi destinasi yang tepat. Pasalnya kawasan pantai ini penuh dengan spot foto estetik untuk berfoto. Apalagi jika ingin bermalam di akomodasi sebelah kolam renang.

Hotel ini menggunakan interior artistik sebagai spot foto. Temanya adalah gaya arsitektur Eropa, dengan tamu hotel disambut oleh serangkaian lukisan besar bergaya klasik saat pertama kali masuk.

Kamarnya menghadap ke kolam renang dan pantai, sehingga Anda akan disuguhi pemandangan indah begitu membuka mata di pagi hari.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Galesong TaklarFoto: Google Maps/Angga Widi Hosana

Pantai Galesong terletak di Sulawesi Selatan, lebih tepatnya di Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Lokasinya kurang lebih 18 kilometer dari pusat kota Makassar.

Saat lalu lintas tenang, perjalanan ke pantai bisa memakan waktu sekitar 40 menit. Karena di pinggir pantai terdapat hotel, maka pintu masuk kawasan wisata bahari berupa pintu masuk penginapan.

Oleh karena itu, tidak sulit untuk menemukannya jika Anda berada di dekat lokasi tersebut, meski petunjuk arahnya masih minim. Akses jalannya terbilang mulus, namun jalannya tidak terlalu lebar.

Biaya masuk wisata bahari

Bagi yang sekedar ingin mengunjungi Pantai Galesong di Takalar tanpa menginap semalam, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 30.000 untuk hari kerja dan Rp 40.000 untuk hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional. Harga tercantum belum termasuk game drive.

Jika Anda ingin mencoba beberapa wahana yang ditawarkan, Anda harus membayar biayanya secara terpisah dan dimulai dari Rp 10.000.

Dan jika ingin menginap, bersiaplah merogoh kocek sekitar Rp. 390.000 untuk kamar standar. Ada juga kamar lain dengan harga di atas yang menawarkan fasilitas lebih lengkap untuk dipilih.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Galesong TakalarFoto: Google Maps/Bung Rd

1. Berenang dan bermain air

Tentu saja bermain air menjadi suatu keharusan ketika berlibur di pantai. Selain itu, ada dua wahana permainan air berbeda di Pantai Galesong yang bisa Anda nikmati.

Selain bermain di laut, Anda juga bisa merasakan segarnya air kolam di pinggir pantai. Ombak di pantai mempesona ini tidak terlalu kuat sehingga masih aman. Jika Anda takut bermain di laut karena membawa anak, jangan khawatir.

Di sini terdapat kolam khusus anak dengan kedalaman hanya 30 cm. Airnya jernih dan dilengkapi papan selancar sehingga si kecil bisa merasakan keseruan bermain.

2. Bermain wahana di Kawasan Pantai Galesong

Tak hanya seluncuran air yang patut dicoba, permainan di pinggir pantai pun tak kalah menariknya. Daftar wahana pantai yang bisa Anda nikmati antara lain komidi putar, kora-kora, sepeda berputar, kereta api, ATV, sepeda, go-kart, motorcross, skuter bahkan roller coaster.

3. Cobalah wahana air yang menantang

Jika Anda menyukai tantangan, jangan lupa untuk menjajal beberapa wahana air yang memacu adrenalin di Pantai Galesong. Ada wahana banana boat, jet ski, dan fly fish yang sangat direkomendasikan. Sembari mengendarai kendaraan ini, Anda bisa menikmati keindahan laut lepas meski dari jarak dekat.

4. Memancing

Anda yang gemar memancing bisa menikmati hobi tersebut di Pantai Galesong Takalar. Pasalnya pihak pengelola memudahkan pengunjung dalam menyewa perahu.

Akomodasi perahu ini disewakan selama 2 jam dan dilengkapi dengan peralatan memancing yang memadai. Jadi tidak perlu repot membawa peralatan memancing sendiri, Anda akan langsung diajak ke tengah laut.

5. Wisata kuliner

Jika Anda puas berenang dan mencoba berbagai wahana, kami akan mengisi perut Anda dengan berbagai menu khas Makassar. Ada dua restoran yang bisa Anda kunjungi di sini, yaitu di sisi selatan dekat taman bermain outbound dan di sisi utara dekat kolam renang.

Ada beberapa menu yang bisa dipesan yaitu Coto Makassar, Barongko, Mie Titi, Pisang Epe dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membawa perbekalan sendiri dari rumah asalkan tidak membawanya ke dalam area kolam. Untuk kawasan pantai, wisatawan bebas membawa makanan dan minuman dari luar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Galesong TakalarFoto: Google Maps/Adam Munajah

Pihak pengelola Pantai Galesong Takalar rutin mengecek fasilitas yang ada di sini. Tak heran jika fasilitasnya bagus dan memadai. Zona parkir juga dibagi menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pengunjung dalam memarkir kendaraannya.

Selain akomodasi, kolam renang dan restoran, juga terdapat beberapa paviliun di kawasan pantai. Paviliun ini dapat digunakan secara gratis oleh pengunjung pantai jika ingin beristirahat.

Jika sudah puas bermain, jangan buru-buru pulang. Luangkan waktu untuk mampir ke toko oleh-oleh pantai untuk membawa pulang oleh-oleh.

Jika Anda ingin menghabiskan liburan di tempat wisata terpadu yang menawarkan paket lengkap di Sulawesi Selatan, maka Pantai Galesong wajib masuk dalam daftar Anda. Tak hanya menyuguhkan pesona pantai yang indah, di sini Anda juga bisa bersenang-senang di kolam renang dan menikmati berbagai permainan. Jadi tunggu apa lagi?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button