Tempat Wisata

Pantai Gondo Mayit, pantai indah di Blitar yang menyimpan sejarah kelam

Pantai Gondo Mayit di Blitar menyimpan sejarah kelam dan legenda mistis terkait Nyi Roro Kidul, menjadikannya lebih dari sekedar destinasi wisata pantai.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab.Blitar, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Berlibur di Pantai Gondo Mayit Blitar menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan kepenatan sehari-hari. Anda bisa menikmati segarnya suasana, pasir lembut dan deburan ombak atau bersantai sambil menikmati segarnya angin dan pemandangan di pantai ini.

Meski nama “Gondo Mayit” terkesan sangar, namun pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler karena keindahan wisata alamnya. Ombaknya yang tinggi menjadikan pantai ini tempat yang sempurna untuk aktivitas selancar.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati hiking dan menjelajah di perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Untuk melengkapi rencana liburan Anda, berikut beberapa informasi penting mengenai pantai ini.

Daya Tarik Pantai Gondo Mayit

Daya Tarik Pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/Kopenk Ferdian

Nama “Gondo Mayit” yang terdengar seram ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tertarik dengan latar belakang sejarah.

Menurut cerita setempat, ada kisah sedih terkait dengan nama ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sejarah pantai ini terkait dengan ditemukannya sejumlah mayat pada masa kolonial dan Orde Baru yang konon menimbulkan bau tak sedap di kawasan tersebut.

Selain itu, penduduk setempat juga meyakini Pantai Gondo Mayit Blitar memiliki kaitan mistis dengan sosok Nyi Roro Kidul atau Ratu Laut Selatan.

Selain keunikan dan kesan seram dari namanya, pantai ini menawarkan ciri khas pantai di wilayah selatan Pulau Jawa.

Ombaknya yang cukup besar sehingga cocok untuk berselancar, serta pemandangan indah dengan siluet perbukitan saat senja serta pasir halus membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati keindahan pantai ini.

Kawasan wisata pantai ini berdekatan dengan Pantai Tambakrejo yang populer, namun memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pantai-pantai ini cenderung memiliki lebih sedikit wisatawan, sehingga menghasilkan suasana yang lebih tenang dan pengalaman yang lebih mendalam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/Moci Mocil

Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Tambakrejo yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tentu saja karena letaknya yang dekat dengan Pantai Tambakrejo, kedua pantai ini memiliki akses jalur yang serupa.

Berkat lokasinya yang bersebelahan dengan Pantai Tambakrejo yang dianggap sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di Blitar, akses mudah menuju pantai ini pun terjamin. Penggunaan Google Maps dapat mempermudah akses menuju pantai ini.

Untuk mencapai pantai ini pengunjung harus terlebih dahulu menempuh perjalanan ke Kota Blitar. Misalnya saja dari Surabaya Anda bisa melalui tol Surabaya – Mojokerto dan langsung melanjutkan perjalanan menuju tujuan.

Perjalanan dari Surabaya ke Blitar biasanya memakan waktu sekitar 3 jam 30 menit. Setelah sampai di Blitar, langkah selanjutnya menuju Desa Krajan di Kecamatan Wonotirto. Dari situ Anda bisa langsung menuju kawasan wisata Pantai Gondo Mayit tanpa harus melalui jalur yang sulit.

Biaya masuk dan jam buka

Pantai Gondo Mayit Blitar menawarkan pengalaman wisata pantai yang sangat terjangkau. Untuk menikmati pesona pantai ini, pengunjung dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 dan gratis tiket masuk untuk anak-anak.

Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor, tarif parkirnya cukup terjangkau yakni Rp 2.000 per kendaraan. Namun bagi pengguna mobil, tarif parkirnya sebesar Rp 5.000 per kendaraan.

Dengan tarif masuk dan biaya parkir yang terjangkau, pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau namun juga menjadi pilihan wisata hemat bagi pengunjung.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/Candra Nurdian

Berikut berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi pantai ini bersama keluarga atau teman:

1. Berkemah

Kawasan sepanjang pantai, terutama yang dikelilingi pepohonan, sering dijadikan tempat perkemahan oleh pengunjung. Kawasan wisata Pantai Gondo Mayit juga populer karena memberikan keteduhan alami dari lebatnya vegetasi.

Keamanan saat berkemah di tempat ini tentunya terjamin karena letaknya yang cukup jauh dari pantai sehingga terlindung dari pengaruh ombak secara langsung.

Meski demikian, pengunjung tetap bisa menikmati indahnya pemandangan pantai dari tendanya.

2. Trekking di Pantai Gondo Mayit

Trekking di pantai ini lebih mudah dibandingkan mendaki gunung dan dilakukan melalui perbukitan antara Pantai Gondo Mayit, Pantai Pasetran, dan Pantai Tambakrejo.

Kegiatan ini sangat cocok bagi pengunjung Pantai Tambakrejo yang ingin berkunjung sebentar ke pantai ini. Di puncak bukit, pengunjung disuguhi panorama dua pantai bertetangga dengan deburan ombak putih.

3. Bermain pasir dan berenang

Saat berada di pantai ini, luangkan waktu untuk bermain-main di area pantai yang luas dan datar. Meski diperbolehkan bermain di pantai, pengunjung harus mewaspadai kemungkinan terjadinya ombak besar yang tidak terduga.

Situasi ini bisa berbahaya, terutama jika anak-anak bermain pasir atau air tanpa pengawasan.

4. Nikmati matahari terbenam

Menyaksikan matahari terbenam di pantai ini merupakan salah satu pengalaman terindah dimana Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam tanpa hambatan apapun.

Duduk santai di pinggir pantai, pengunjung bisa menyaksikan matahari perlahan terbenam dan memudar menjadi malam.

5. Kuliner

Di sepanjang pantai ini banyak terdapat warung yang menjual berbagai macam makanan antara lain ikan, jajanan dan lain-lain. Harga makanan di warung ini cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 per porsi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/Kukuh Ari Pambudi

Berbagai fasilitas telah disediakan pihak pengelola untuk menjamin kepuasan pengunjung pantai. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir, toilet umum, toilet, lokasi fotografi, tempat perkemahan, toko oleh-oleh, stand konsesi, dan paviliun.

Pantai Gondo Mayit di Blitar menawarkan keindahan alam yang mempesona dan beragam aktivitas seru untuk keluarga atau teman. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan pantai ini saat Anda berada di Blitar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button