Tempat Wisata

Pantai Grigak, nikmati keindahan pantai dari ketinggian di Gunung Kidul

Nikmati pesona eksotik Pantai Grigak dari ketinggian Gunung Kidul, beserta keindahan Embung yang memperkaya panorama alam yang memikat.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Petung, Kecamatan Giriwungu. Bakar, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Pantai Grigak masih menjadi tempat yang sering diincar oleh kalangan muda maupun tua. Berkat pemandangan kawasan sekitar yang bervariasi, traveler tidak akan pernah bosan. Meski pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat, namun wisatawan bisa menikmati keindahan air laut dari tepian pantai.

Tidak ada hamparan pasir di sana karena objek wisata ini dikelilingi bebatuan. Selain itu, di kawasan tersebut terdapat rangkaian perbukitan yang sangat alami. Mereka yang berlibur juga bisa menikmati waduk yang letaknya tak jauh dari bukit.

Destinasi alam ini sering dikunjungi wisatawan yang ingin bermain bersama kerabat atau sekedar mencari spot foto. Pesona pantai yang begitu indah pastinya tak akan membuat Anda buru-buru pulang. Selain itu, di setiap sudut Grigak terdapat tempat yang nyaman berupa gubuk untuk menikmati keindahan ombak.

➥ One Day Tour ke Wisata Bahari Jogja

Daya Tarik Pantai Grigak

Shutterstock Daya tarik Pantai GrigakFoto oleh Rahayu Susilo Rini di Shutterstock

Ombaknya

Pantai Grigak mempunyai daya tarik berupa ombak yang sangat tinggi. Namun, gelombang yang lebih kuat mungkin terjadi pada hari-hari tertentu karena kondisi cuaca. Wisatawan hanya diperbolehkan bermain air di tepi pantai dengan peralatan keselamatan. Anda tidak boleh berenang di laut karena berbahaya dan permainan di sana terbatas.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Destinasi indah ini tak hanya menawarkan ombak yang sangat menarik. Di sana Anda bisa melihat laut biru dengan gulungan ombak putih. Warnanya yang begitu alami membuat setiap orang akan selalu senang ketika melihat keindahan laut. Faktanya, banyak orang yang memancing di laut karena Grigak dikenal memiliki kekayaan alam termasuk biota.

Keindahan Embung

Waduk merupakan suatu kolam buatan yang berfungsi sebagai tempat atau penampungan air hujan. Pengunjung bisa menikmati embung sambil mendaki bukit. Pesona Embung yang mempesona selaras dengan air lautnya yang memukau para tamu. Embung juga sering dijadikan spot foto karena tidak semua pantai menawarkan panorama tersebut.

Hanya jika cuaca bagus Anda bisa mendaki ke puncak bukit dan melihat Embung. Biasanya beberapa orang bersantai di halaman rumput sekaligus menikmati pantai dan waduk. Waduk tersebut masih alami dan airnya jernih meski berasal dari hujan. Wisatawan yang datang sering melihat Embung sambil bersantai.

Visibilitas menyeluruh

Pantai Grigak memiliki keunikan karena tidak ada pantai berpasir di sana. Pemandangan hanya datang berupa perbukitan, waduk dan pesona pegunungan. Selain itu, para tamu juga bisa melihat bebatuan yang ditumbuhi tanaman hijau di area tersebut. Panorama wisata indah ini selalu menjadi pusat perhatian karena berbeda dengan pantai lain di kawasan tersebut.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai GrigakFoto oleh Rahagita di Shutterstock

Pantai Grigak terletak di Desa Girikarto, Panggang, Yogyakarta. Jangan khawatir, lokasi destinasi populer ini mudah dijangkau dalam waktu satu jam dari Jogja. Bahkan, siapa pun bisa menyiapkan mobil atau motor saat berlibur. Namun, beberapa orang yang bepergian bersama rombongan kerabat juga bisa menggunakan bus untuk bepergian.

Jika Anda berangkat pagi atau sore hari, Anda bisa mencari rute tercepat. Biasanya wisatawan memilih berangkat dari Jalan Beji karena mudah ditemukan dari pusat kota. Lanjutkan ke Jalan Brigjen Katamso dan terus lurus hingga Jalan Sisingamangara. Langsung saja ke Jalan Imogiri Barat dan ikuti Jalan Siluk Panggang hingga masuk desa.

Beberapa rambu terlihat di poros jalan tak jauh dari jalur tersebut. Begitu memasuki desa, perlahan Anda bisa menikmati perjalanan sambil mengagumi pesona alam. Setelah menemukan pantainya anda bisa menaiki tangga. Menjelajahi tempat-tempat wisata membutuhkan lebih banyak tenaga fisik.

➥ Jogja Day Tour : Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

Biaya masuk dan jam buka

Pantai cantik ini memiliki meja di pintu masuk yang dijaga oleh petugas wisata. Pengunjung dapat membeli tiket area pantai di loket tiket. Cukup menganggarkan dana sekitar Rp 5.000 saja untuk membeli tiket karena destinasi ini dikenal cukup terjangkau. Wisatawan yang membawa anak kecil di bawah 3 tahun juga tidak perlu menambah tiket lagi karena gratis.

Destinasi ini buka setiap hari dan jam berkunjung berkisar pagi hingga sore hari. Wisatawan yang sudah memasuki kawasan Grigak juga bisa naik bukit untuk menikmati Embung karena tersedia secara gratis. Namun jika Anda mencari restoran, Anda harus ke depan Pantai Grigak. Banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan mulai dari Rp 10.000.

Wisatawan yang ingin berkemah selama 2 hari atau lebih biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Kemudian parkir kendaraan roda dua diperkirakan hanya Rp 3.000. Pengunjung yang datang bersama keluarga dengan mobil dapat membayar parkir sebesar Rp 5.000. Sedangkan biaya parkir kendaraan besar seperti bus hanya Rp 10.000.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai GrigakFoto oleh Aka Penaka di Shutterstock

1. Lihatlah reservoirnya

Pantai Grigak dilengkapi dengan waduk yang menakjubkan. Jika tamu ingin melihat Embung harus berjalan kaki ke atas bukit. Anda pasti akan terkesima dengan keindahan Embungs dengan airnya yang sangat jernih. Selain itu, pengunjung juga dapat membawa makanan ringan untuk menikmati kolam dan pantai.

2. Santai

Suasana pantai yang jauh dari hiruk pikuk kerap dimanfaatkan untuk bersantai. Wisatawan bahkan bisa berjalan kaki ke atas bukit atau sekadar duduk-duduk di gazebo. Melepaskan penat sambil memandangi deburan ombak dan indahnya panorama di Grigak sudah bukan hal asing lagi bagi para pelancong. Deretan perbukitan dan waduk tentunya akan semakin mendukung kegiatan ini.

3. Piknik di Pantai Grigak

Makanan yang Anda bawa dapat dinikmati di lokasi mana pun. Pengunjung juga bisa membawa tikar untuk membuat suasana piknik semakin seru. Anda yang akan piknik juga bisa membawa bahan makanan mentah untuk dimasak dengan kayu bakar atau perlengkapan lainnya.

4. Ambil foto

Pantai Grigak cocok bagi wisatawan yang suka mengoleksi foto. Deretan perbukitan hijau dengan air laut di area tersebut semakin menambah estetika latar foto. Selain itu, wisatawan juga bisa menuju spot Embung untuk mengambil foto. Destinasi mempesona ini menawarkan banyak kesempatan berfoto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai GrigakFoto oleh Mawaddah F di Shutterstock

Pantai Grigak menawarkan fasilitas yang minim dan memadai. Wisatawan bisa menemukan tempat parkir tak jauh dari pintu masuk. Bahkan, lokasi tersebut telah dipersiapkan secara matang untuk menampung kendaraan roda dua dan empat. Lokasi mushola masih cukup jauh dari kawasan wisata karena belum tersedia.

Wisatawan dapat menggunakan toilet umum yang disediakan. Area tempat duduk seperti gubuk atau paviliun juga tersedia. Wisatawan yang berlibur selalu beristirahat dan duduk sejenak di pendopo karena fasilitasnya menghadap ke pantai. Spot foto tersedia bagi siapa saja yang suka berfoto dan berburu bersama keluarga.

Pantai Grigak juga tidak menawarkan restoran di dekatnya. Namun jika merasa lapar, Anda bisa pergi ke seberang pantai dan mencari pedagang kaki lima. Sudah ada tempat untuk mendirikan tenda di dekat batu tersebut. Selain itu pihak pengelola juga menempatkan tong sampah berserakan untuk menjamin kebersihan lingkungan wisata.

Pantai Grigak dapat dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Keindahan yang berbeda dengan wisata alam lainnya pasti akan membuat liburan Anda tak terlupakan. Pantai ini juga menawarkan panorama alam yang tak terhitung jumlahnya karena jumlahnya yang sangat banyak. Para tamu bisa pergi ke lokasi mana pun untuk bersantai dan mencari lokasi berburu foto.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button