Tempat Wisata

Pantai Indah Bosowa menjadi saksi keajaiban pantai yang menakjubkan di Makassar

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 05.00-21.00 WITA, Alamat: Tanjung Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Map: verifikasi lokasi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki pesona alam yang indah dan menakjubkan. Salah satu daya tarik alamnya yang menakjubkan adalah keindahan pantainya yang mempesona. Indonesia tidak hanya terkenal dengan pulau Bali, tetapi juga memiliki banyak pantai eksotis yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Indah Bosowa yang akan dibahas kali ini.

Pantai indah ini terletak di Kecamatan Tamalate, Kabupaten Makassar, Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota, pantai ini menjadi surga bagi banyak wisatawan, terutama penduduk setempat. Banyak yang sudah mengetahui keindahan tempat wisata bahari yang setiap harinya dipadati pengunjung dari berbagai daerah ini.

Bukan tanpa alasan lokasinya yang strategis menjadi salah satunya. Karena pantai ini berada tepat di pinggir jalan, semua pengendara perlu mengetahuinya. Tidak hanya itu saja, tentunya karena masih banyak objek wisata yang dimiliki. Saat liburan, pantai eksotis di Makassar ini selalu ramai pengunjung, baik keluarga maupun remaja.

Daya Tarik Pantai Indah Bosowa

Objek wisata pantai Bosowa yang indahFoto oleh Angki Ang di Google Maps

Pantai Indah Bosowa memiliki beragam daya tarik yang menjadikannya daya tarik bagi banyak wisatawan, dan meski bukan satu-satunya pantai di Makassar, masih ada beberapa yang menonjol dari yang lain. Setiap pantai memiliki karakteristik yang membuatnya unik dan populer di kalangan pengunjung.

✦ Pesona Pantai yang Menawan

Daya tarik yang pertama tentu saja keindahan pantai yang indah ini dan airnya yang biru memikat setiap orang yang memandangnya, dibarengi dengan warna putih buih ombak yang datang. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah lautan biru. Pantai ini semakin indah saat cuaca cerah dan langit biru juga menghiasinya.

Berbeda dengan pantai yang umumnya memiliki pasir putih, Pantai Indah Bosowa memiliki pasir hitam yang lembut. Sangat lembut sehingga Anda bahkan tidak ingin berjalan di lantai. Tidak banyak bebatuan yang berserakan di pantai, kondisi ini memungkinkan untuk berbagai aktivitas.

Anda bisa berjalan-jalan di pantai sambil menikmati segala keindahannya. Anda juga bisa duduk di lantai atau di kursi sewaan. Hembusan angin sepoi-sepoi akan membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Pastikan Anda memberi diri Anda cukup waktu ketika Anda berkunjung ke sini. Ada daratan yang menjorok ke laut, Anda bisa turun menikmati keindahan yang sempurna.

✦ Pantai di tengah kota

Dalam pembukaan di atas dikatakan bahwa letak Pantai Indah Bosowa sangat strategis. Either way, pantai eksotis ini berada tepat di tengah kota dan sangat mudah dijangkau. Selalu penuh setiap hari, tidak hanya dari pagi sampai malam. Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja, bahkan hingga malam hari, karena masih ada pengunjung.

Pada umumnya pengunjung ini kebanyakan berasal dari warga sekitar. Namun tidak menutup kemungkinan bagi yang datang ingin mampir. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa waktu terbaik untuk berwisata adalah pagi hari. Suasananya sangat sejuk, udaranya dingin dan tidak terlalu menyengat.

✦ Lihatlah lebih dekat keindahan matahari terbenam

Sama seperti pantai-pantai di tempat lain, Pantai Indah Bosowa juga menawarkan pemandangan alam yang luar biasa di malam hari. Apalagi jika keindahan sunset tidak dimaksudkan. Di titik inilah biasanya tempat ini mulai dipenuhi oleh wisatawan baik lokal maupun dari jauh.

Keindahan sunset tidak pernah mengecewakan dan selalu memanjakan mata para pemburu. Warna jingga yang dipadukan dengan langit biru memberikan gradasi yang sempurna. Apalagi jika awan dihiasi dengan awan yang menggantung, semakin indah dan menawan. Sebenarnya di pantai ini kamu tidak hanya bisa menikmati matahari terbenam, tapi juga pesona matahari terbit atau sunrise.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai indah di BosowaFoto oleh Inopp Inopp di Google Maps

Seperti yang sudah disebutkan, lokasi Pantai Indah Bosowa sangat strategis. Tidak sulit menemukan tempat wisata ini, jaraknya dari pusat kota Makassar hanya 7 kilometer. Kamu juga bisa menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 20 menit dan banyak tolok ukur yang lebih memudahkan, misalnya Universitas Hasanudin.

Secara administratif, pantai indah ini terletak di Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kabupaten Makassar, Sulawesi Selatan. Akses terbaik dan termudah adalah melalui Tol Insinyur Sutami. Ikuti jalan ini hingga sampai di Jalan Ujung Pandang lalu ke Jalan Somba OPU yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Dari sini, Pantai Indah Bosowa tidak jauh, hanya sekitar 4 kilometer. Tujuan Anda selanjutnya adalah Jalan Metro Tj Bunga, tempat di mana properti wisata laut ini berada. Anda akan menemukan lebih banyak pantai di sepanjang rute ini. Salah satunya adalah Pantai Losan yang juga cantik dan memiliki banyak daya tarik.

Biaya masuk dan jam buka

Keindahan yang dimilikinya dan daya tarik yang ditawarkan membuat pantai di Makassar ini tidak mahal untuk dimasuki. Jika Anda datang pada akhir pekan Anda hanya perlu membayar 10.000 rupiah. Jika Anda datang saat akhir pekan, biaya tiket naik menjadi 15.000 rupiah. Bagaimanapun, dibandingkan dengan pesona dan keindahannya, itu masih sangat murah.

Selain harga tiket masuk Pantai Indah Bosowa di atas, ada biaya lain yang perlu Anda keluarkan. Biaya yang dimaksud berkaitan dengan tiket parkir dan juga tidak terlalu mahal. Bagi anda yang membawa sepeda motor, biaya parkirnya adalah 3.000 rupiah. Sedangkan jika membawa mobil, biaya yang berlaku adalah 5.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Pantai Bosowa yang indah dengan aktivitas seruFoto oleh Wahidah Arsyad di Google Maps

Saat mengunjungi objek wisata, tidak hanya tempat wisata dan tiket saja yang perlu diperhatikan. Anda juga perlu mengetahui kegiatan apa saja yang menarik selama berwisata. Karena kali ini adalah pantai, beberapa kegiatan akan berhubungan dengan air atau laut.

1. Berenang dan bermain air

Kondisi Pantai Bosowa Indah sangat cocok untuk berenang. Ini karena gelombang tinggi jarang terjadi. Bahkan arus bawah lautnya terbilang tenang. Sangat sedikit batu, jadi lebih banyak pegangan. Namun tetap perhatikan keselamatan, semoga berenang di pantai tidak membawa Anda terlalu jauh dari pusat.

2. Bersantai di pantai

Pengunjung dari berbagai kalangan datang ke pantai eksotis ini. Tujuan setiap orang juga berbeda. Namun kebanyakan dari mereka sering terlihat bersantai di pantai. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan menggelar tikar atau menyewa kursi. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan menarik.

3. Menikmati makan di kafe

Pemandangan di malam hari tidak terlalu bagus, Anda bahkan tidak bisa menyebutnya bagus. Namun sebagai gantinya, Anda bisa melakukan aktivitas berburu kuliner. Pada malam hari, Pantai Indah Bosowa dipenuhi oleh tenant dan kafe. Banyak hidangan yang disajikan, silahkan pilih sesuai selera, apakah makanan atau minuman.

4. Menonton matahari terbenam

Aktivitas menarik selanjutnya adalah menikmati panorama sunset. Jika Anda punya cukup waktu untuk menyelam, tak ada salahnya menunggu keindahan alam yang nyaris sempurna ini. Pastikan Anda tidak sendiri karena banyak juga pengunjung yang ingin merasakan panorama sunset ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai yang bagus di BosowaFoto oleh Taufik Cahya JP di Google Maps

Anda tidak perlu khawatir selama mengunjungi Pantai Indah Bosowa. Ada banyak fasilitas termasuk parkir dan toilet. Selain itu, tentunya ada juga kemungkinan untuk menyewa payung, kursi dan perlengkapan lainnya. Pantai indah ini juga menawarkan fasilitas kafe, penyewa atau warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Memang mengunjungi tempat wisata yang menawarkan keindahan alam sangat menyenangkan dan bisa menjadi pilihan pertama. Ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah hiburan. Pantai Indah Bosowa bukan satu-satunya yang ada di Makassar, namun daya tariknya, akses yang mudah bagi wisatawan dan tiket murah membuatnya layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button