Tempat Wisata

Pantai Jayanti: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Santai saja seperti di pantai. Pernah mendengar kalimat seperti ini? Nah, mungkin sudah saatnya Anda beristirahat sejenak dari keseharian dan menikmati suasana pantai yang selalu menyegarkan mata. Nama tempat wisata Pantai Jayanti pasti sudah tidak asing lagi bagi warga Cianjur Selatan. Pantai Jayanti merupakan tempat wisata yang dipuja karena keindahannya.

Wisata alam ini terletak di Kabupaten Cianjur Selatan. Tepatnya di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun. Kurang lebih 140 km dari pusat kota kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk detailnya, Anda bisa menyimak informasi mengenai Pantai Jayanti di bawah ini.

Fasilitas di Pantai Jayanti

Pada Juli 2017, jumlah jemaah H+2 Lebaran atau Idul Fitri 1438 Hijriyah dikabarkan meningkat menjadi 3.000 orang. Hal ini membuktikan antusiasme masyarakat lokal maupun pendatang yang ingin menikmati wisata pantai di Pantai Jayanti.

Meski tergolong minim peralatan, tidak menyurutkan keinginan wisatawan untuk datang ke sini. Masih ada fasilitas seperti restoran. Namun akomodasi semalam atau hotel berbintang belum tersedia. Tapi sudah ada gubuk kecil tempat Anda bisa berlindung, yang juga disewakan. Ada beberapa penginapan atau rumah yang juga disewakan untuk bermalam. Dengan kisaran harga sekitar Rp 50.000/malam.

Keindahan Pantai Jayanti

Selain terkenal dengan keindahannya. Anda mungkin tahu sudah berapa kali orang berguling-guling di ombak di pantai ini. Padahal, ombaknya besar dan berenang tidak aman. Selain ombak yang besar, di Pantai Jayanti juga terdapat arus yang kencang. Butiran pasir besar berwarna hitam kecoklatan. Pantai Jayanti bukan hanya rumah bagi terumbu karang besar, pengunjung juga sangat menantikan pemandangan matahari terbenam di sini. Di sebelah selatan pantai ini terdapat sebuah rumah batu bernama Kukumbung yang konon pernah menjadi persinggahan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang bahkan memiliki kaki yang sangat besar.

Di beberapa pantai terdapat cekungan yang dalam. Anda bisa melihat di area tempat perahu-perahu berlabuh. Penduduk setempat menyebutnya “Gada” yang berarti pintu. Mereka mengatakan ini adalah pintu masuk dan keluar. Sedangkan daerah yang dalam atau cekungan juga disebut sebagai Legon dalam bahasa geografi.

Antrean di Pantai Jayanti tidak terlalu panjang, membentang dari Cipakis di barat hingga Cisela di timur. Di sisi barat sebagian besar landai dan hanya ada sedikit parit yang dalam. Sedangkan di sebelah timur merupakan daerah berbatu dan berbatu.

Lokasi Pantai Jayanti diperkirakan akan mengalami perkembangan yang relatif pesat. Dermaga mudah digunakan. Sebagian besar perahu kayu yang ada sudah diganti dengan perahu fiber.

Berburu foto di Pantai Jayanti

Pantai Jayanti memiliki keindahan yang masih sangat alami seolah belum terjamah oleh pengunjung, meskipun banyak orang datang untuk menikmati wisata mini setiap harinya. Anda bisa memotret keindahan pantai saat matahari terbenam.

Pantai ini merupakan benteng beton untuk mengurangi erosi tanah. Jika Anda ingin melakukan kegiatan foto prewedding atau kegiatan lainnya, lokasi yang berada di Pantai Jayanti ini bisa Anda pilih. Tapi ingat untuk berhati-hati.

Berburu foto di Pantai JayantiBerburu foto di Pantai Jayanti. Biaya masuk ke Pantai Jayanti

Jika ingin berlibur dan menikmati keindahan alam khususnya di Pantai Jayanti, Anda perlu menyiapkan uang. Harga tiket masuk ke Pantai Jayanti di Cianjur cukup murah yaitu Rp 5.000 per orang.

Lalu dengan biaya parkir Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil, bagaimana murahnya menikmati keindahan Pantai Jayanti?

Jam buka Pantai Jayanti

Lokasi Akses ke Pantai Jayanti

Anda bisa mengakses wisata alam di Pantai Jayanti dengan berbagai cara atau jalur. Misalnya, jika Anda seorang turis dari kota Bandung, Anda bisa melalui Ciwidey, Naringgulm Cidaun dan Jayanti. Pendekatan ini dirancang untuk memanjakan Anda semaksimal mungkin karena Anda dapat menikmati keindahan alam yang eksotis dalam perjalanan Anda. Dengan kendaraan bermotor, rutenya bisa ditempuh sekitar 2 hingga 3 jam.

Sedangkan jika dari Jakarta bisa langsung menuju Cianjur, Sukanagaram Tanggeung, Sindangbarang, Cidaun, Jayanti. Cara ini agak jauh dari pilihan pertama. Ada banyak jalur atau rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi Pantai Jayanti. Tentu saja, jarak dan waktu tempuh tergantung di mana Anda berada.

Tips Berkunjung ke Pantai Jayanti

Perlu diketahui bahwa tidak banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Jayanti. Anda hanya akan menemukan akomodasi, restoran, dan hamparan pasir dan pantai di sini. Disarankan untuk membawa bekal dari rumah untuk dinikmati selama perjalanan. Ajak keluarga atau rombongan Anda agar liburan semakin menyenangkan.

Kami menyarankan Anda untuk merencanakan menginap di penginapan yang dekat dengan tempat tersebut karena Anda dapat menikmati matahari terbenam yang tidak boleh dilewatkan. Kalaupun harga tiketnya relatif murah, sebaiknya rencanakan budget untuk membeli bahan makanan di sana. Jangan lupa membawa perlengkapan kebersihan seperti sabun, tisu atau kantong plastik untuk tempat sampah. Jaga kebersihan diri dan lingkungan agar tidak mencemari lokasi wisata.

Jika Anda berkunjung bersama anak-anak Anda yang masih kecil, awasi aktivitas mereka karena kabarnya cukup banyak korban yang tenggelam di Pantai Jayanti karena ombaknya yang cukup besar. Bawa pakaian hangat. Hindari melamun atau menjauh dari kelompok. Banyak mitos yang mengatakan bahwa tempat ini ajaib karena menelan banyak korban. Percaya atau tidak, untuk alasan keamanan Anda harus menjaga postur tubuh Anda di lokasi.

Pantai Jayanti merupakan kekayaan alam yang dimiliki Cianjur Selatan dengan keindahan dan cerita mistisnya. Jadilah saksi atas keagungan Tuhan yang menganugerahkan tempat yang indah di negara kita, Indonesia.

Galeri Foto Pantai Jayanti

Selamat datang di Pantai Jayanti
Makanan ringan dan pilihan bersantap di Pantai Jayanti
Bersepeda ke Pantai Jayanti
Perahu nelayan di Pantai Jayanti Perahu nelayan di Pantai Jayanti pantai berpasir
Tempat foto terbaik
Berburu foto di Pantai Jayanti

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button