Tempat Wisata

Pantai Karang Gangangan: Mengenal Pantai Mirip Tanah Lot Bali di Sukabumi

Mengingatkan pada Tanah Lot Bali, Pantai Karang Gangangan di Sukabumi menawarkan pemandangan karang yang mempesona dan pantai yang indah.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Surade-Ujung Genteng No. Desa, Pasiripis, Kec. Surade, Kab.Sukabumi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Karang Gangangan menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan menampilkan keanekaragaman ekosistem laut yang mempesona. Pantai ini merupakan salah satu surga tersembunyi di Jawa Barat yang menyembunyikan sejuta pesona alam yang menakjubkan.

Letaknya yang strategis menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata. Banyak orang yang menyebut pantai ini Tanah Lot Sukabumi karena struktur pantai ini hampir sama dengan Tanah Lot Bali.

Di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik bersama keluarga atau teman Anda. Datang dan pelajari lebih jauh tentang berbagai keindahan pantai ini.

Lihat penawaran hotel di Sukabumi

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Karang Gangan

Objek wisata: Pantai Karang GangananFoto: Unsplash/Fery Andriyansyah

Terletak di tengah pesona alam yang memukau, Pantai Karang Gantungan di Sukabumi menyuguhkan karya seni alam yang unik dan mempesona, mirip dengan ikon keindahan Tanah Lot di Bali. Keunikan terbesarnya terletak pada formasi karangnya yang menakjubkan yang seolah-olah melayang secara ajaib di atas permukaan air, memberi nama pantai ini yang menggambarkan keindahannya dengan sempurna.

Karang-karang ini bukan sekedar formasi batuan biasa, melainkan pahatan alam yang mampu bertahan dari gelombang waktu dan menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Ditambah lagi, tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya memberikan aura megah pada pantai ini sehingga menjadikannya sebagai kanvas alam yang sempurna bagi mereka yang mencari keindahan luar biasa.

Suara deburan ombak yang menghantam tebing-tebing ini menciptakan melodi alam yang menyejukkan dan memberikan suasana damai yang jarang ditemukan di tempat lain. Pengunjung dapat merasakan semilir angin lembut yang membawa aroma laut, menambah elemen segar dalam pengalaman mereka.

Paket Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Karang GangananFoto: Unsplash/Fadli Fakhrullah

Pantai Karang Gantungan terletak di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini berjarak sekitar 97 kilometer dari kota Sukabumi.

Anda bisa mencapainya melalui pintu belakang Komplek Kostrad Cibalimbing TNI AU atau juga melalui Jembatan Cikarang menuju Ujung Genteng.

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan pun Anda mau karena pantai ini buka 24 jam setiap harinya. Harga tiket yang harus Anda bayar juga cukup murah, Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000.

Selain tiket masuk, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Paket Wisata Jembatan Gantung Sukabumi

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Karang GanganFoto: Google Maps/Adi Setiadi

1. Ambil foto

Salah satu hal yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke pantai ini adalah fotografi, apalagi jika Anda berkunjung ke Pantai Karang Gantungan di Sukabumi. Sayang sekali jika tidak mengabadikan keindahan pantai ini.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang pantai dengan karang yang sangat indah. Anda bahkan bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat pre-wedding yang indah.

2. Bermain air

Bermain air memang menyenangkan. Anda bisa bermain air di tepi pantai bersama keluarga atau teman Anda. Pantai ini tidak memiliki ombak yang terlalu besar sehingga sangat cocok untuk bermain air.

3. Snorkeling dan menyelam

Jika Anda tertarik melihat keanekaragaman biota laut di Pantai Karang Gantungan Sukabumi, Anda bisa melakukan snorkeling dan diving bersama keluarga atau teman.

Namun Anda perlu membawa perlengkapan sendiri karena belum ada tempat yang bisa menyewa perlengkapan snorkeling dan diving di pantai eksotis ini.

4. Saksikan matahari terbenam

Sore harinya Anda bisa menikmati semilir angin dan menyaksikan indahnya matahari terbenam. Anda akan semakin takjub ketika warna merah jingga matahari terbenam bertemu dengan birunya air laut. Ini adalah momen perjalanan yang tidak akan pernah Anda lupakan.

5. Bermain pasir pantai

Jika Anda berlibur ke Pantai Karang Gangangan bersama si kecil, aktivitas ini sangat cocok. Anda bisa bermain pasir bersama si kecil di pantai atau membangun istana pasir bersama. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan dan mengasyikkan, tetapi juga dapat melatih kemampuan sensorik si kecil.

6. Bermain bola voli

Kegiatan ini sangat cocok jika Anda datang bersama rombongan. Permainan ini sangat seru dan menyenangkan. Anda bisa membawa bola voli dan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk bermain bola voli di pantai. Jika dirasa ombak pantainya tidak besar, Anda juga bisa bermain voli air bersama.

7. Nikmati cita rasa masakan pantai

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai namun tidak menyantap makanan khasnya. Anda bisa menikmati aneka seafood seperti ikan bakar, cumi goreng, udang sambal padang, kepiting asam manis dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Karang Gangangan sambil meminum segarnya air kelapa muda.

8. Piknik bersama

Anda bisa membawa makanan ringan dan minuman untuk piknik bersama keluarga atau teman di pinggir pantai sambil menyaksikan deburan ombak dan merasakan sejuknya angin. Anda juga bisa membawa beberapa peralatan dan bahan masakan untuk dipanggang bersama.

Tips berkunjung ke Pantai Karang Gangangan

Membawa perlengkapan pendukung

Saat berkunjung ke Pantai Karang Gangangan Sukabumi, kenakanlah sepatu yang nyaman dan tidak licin untuk memudahkan perjalanan menuju pantai.

Untuk menghindari kepanasan di siang hari, sebaiknya jangan mengenakan pakaian yang terlalu tebal. Jangan lupa untuk membawa beberapa perlengkapan yang diperlukan, seperti: B. Peralatan snorkeling atau lainnya.

Perhatikan waktu berkunjung

Jika ingin menikmati matahari terbenam di sore hari, Anda bisa datang sekitar pukul 16.00 WIB. Jika Anda datang di pagi hari dan ingin melihat matahari terbenam di sore hari, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman.

Sebaiknya berkunjung pada musim kemarau karena pada musim hujan akses menuju pantai ini sangat licin dan beresiko terpeleset.

Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi

Bagi Anda yang berencana mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk memakai tabir surya dengan SPF yang tinggi. Sebab tabir surya mampu melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Perlu diingat bahwa pantai Karang Gangangan cukup panas.

Menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan

Masyarakat setempat telah melakukan upaya besar untuk melindungi lingkungan pesisir. Mereka terlibat aktif dalam program pembersihan pantai dan penanaman terumbu karang.

Oleh karena itu, kebersihan dan kelestarian lingkungan wajib Anda perhatikan saat berkunjung ke Pantai Karang Gangangan. Jangan membuang sampah sembarangan atau merusak fasilitas yang ada.

Anda juga dilarang merusak flora dan fauna di pantai ini. Sebaiknya selalu membawa kantong plastik untuk menyimpan sampah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai Karang GangananFoto: Google Maps/Yandi Yanto

Wisata di Pantai Karang Gangangan masih dalam tahap pengelolaan sehingga fasilitas yang tersedia masih terbatas. Namun terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti toilet dan beberapa warung makan.

Bagi Anda yang ingin menginap, jangan khawatir. Di kawasan dekat pantai ini terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa meski hanya berjarak beberapa menit saja.

Pantai ini memiliki keindahan alam yang masih alami dan lestari karena keanekaragaman ekosistem lautnya. Tak heran jika pantai ini berhasil merebut hati para wisatawan. Jika Anda berkunjung ke pantai ini Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda dan tak terlupakan. Kunjungi Pantai Karang Gangangan dan nikmati keindahan pantai yang mempesona.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button