Tempat Wisata

Pantai Karang Tawulan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kota Tasikmalaya di Jawa Barat terkenal tidak hanya dengan kerajinan tangan tetapi juga pesona wisata alamnya yang indah. Salah satunya adalah Pantai Karang Tawulan yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Pantai ini memiliki bebatuan yang mirip dengan Pantai Lot Bali.

Hamparan karang berumput di tengah pantai di antara birunya ombak laut menjadi pesona indah pantai Tasikmalaya ini. Karena letaknya yang dekat dengan Pantai Pangandaran, pantai ini bisa menjadi tujuan wisata. Untuk menuju objek wisata pantai ini, Anda akan melewati pantai Sindangkerta, Cipaujah, dan Pamayang.

Fasilitas di Pantai Karang Tawulan

Fasilitas di Pantai Karang Tawulan cukup lengkap. Terdapat toilet di area utama, mushola dan juga tempat parkir yang luas. Tempat sampah umum sangat sedikit. Selain itu, ada sudut pandang dan beberapa paviliun.

Sayangnya, tidak ada akomodasi di pantai ini. Namun tak jauh dari desa tersebut terdapat beberapa penginapan kecil di sepanjang jalur selatan. Warung makan yang tersedia di sini menyajikan berbagai makanan khas seafood segar.

Di pantai ini Anda bisa menikmati kuliner dengan ikan bakar Pamayangsari sebagai sajian utamanya. Ikan juga bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, karena harga ikan di sini sangat murah dan kualitasnya terjamin.

Keindahan Pantai Karang Tawulan

Daya tarik utama Pantai Karang Tawulan adalah bentukan tebing yang sedikit menjorok ke laut dengan pantai berpasir yang indah. Bebatuan yang berada di tengah laut membuat pantai ini populer di kalangan wisatawan. Pantai ini terkenal dengan angin kencangnya. Banyak pengunjung yang bermain hingga ke tebing yang menjorok ke tengah laut. Biasanya digunakan untuk tempat memancing.

Sejauh mata memandang, Pantai Karang Tawulan hanyalah rangkaian karang yang menjulang tinggi yang disapu oleh gelombang laut Pantai Selatan. Suasana pantai ini masih sangat alami dan tenang, seolah bukan kawasan wisata pada umumnya. Anda bisa berbaur dengan ombak laut sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Pantai Karang Tawulan memiliki ombak yang tinggi. Oleh karena itu, pantai ini tidak cocok untuk berenang. Di objek wisata pantai ini terdapat sebuah pulau kecil bernama Nusa Manuk. Jika anda mampir kesini saat sore hari anda akan disuguhi pemandangan indah sekawanan burung camar yang kembali ke nusa manuk.

Saat pagi tiba Anda bisa melihat air laut menghilang dari bebatuan. Sambil berjalan di bebatuan dan menikmati udara pagi, Anda juga bisa melihat sejumlah makhluk laut kecil berwarna-warni di antara bebatuan. Pada siang hari Anda dapat bersantai di kabin yang ada atau memancing lobster. Ada banyak lobster di pantai ini.

Keunikan Pantai Karang Tawulan adalah adanya taman rumput dan gubuk yang langsung menghadap ke laut. Dari sini, pengunjung menikmati pemandangan pantai yang indah dan suasana yang menyenangkan. Hal ini terkait dengan pepohonan yang mengelilingi kawasan pantai dan masih sedikitnya pedagang yang menjajakan dagangannya. Jadi pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dari hiruk pikuk kota.

Berburu foto di Pantai Karang Tawulan

Spot foto yang paling menarik adalah pemandangan sunset dari Pantai Karang Tawulan. Sinar jingga mentari mewarnai karang-karang yang menjorok di bibir pantai. Tentu sayang jika tidak diabadikan dengan rekaman kamera. Selain itu spot populer selanjutnya adalah sebuah bukit yang ditumbuhi rerumputan hijau yang letaknya tidak jauh dari Pantai Karang Tawulan. Tempat ini seperti itu instagramable.

Biaya masuk ke Pantai Karang Tawulan

  • Biaya masuk: Rp 6.000/orang
  • Biaya berkemah: Rp30.000
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Karang Tawulan

Lokasi Akses ke Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan terletak di Desa Kalapagegenep, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya. Lokasi pantai ini berbatasan dengan kawasan Ciamis – Pangandaran. Pantai ini tidak jauh dari Pangandaran. Hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam berkendara dari Pangandaran ke Pantai Karang Tawulan.

Anda dapat berkendara ke Pantai Karang Tawulan dari Pangandaran atau Tasikmalaya. Jika Anda datang dari Pangandaran, terdapat rambu berwarna putih di sisi kanan jalan. Datang dari Tasikmalaya plangnya ada di kiri jalan. Anda hanya perlu mengikuti jalur pantai selatan Jawa Barat. Dari Tasikmalaya Anda bisa menuju ke Kawalu – Sukaraja – Karangnunggal – Cipatujah dan Kalapagegenep. Sedangkan dari Pangandaran via Cijulang – Jalan Ciparanti Cimerak – Cimanuk menuju Karang Tawulan.

Tips Berwisata di Pantai Karang Tawulan

  • Sebaiknya jangan berkunjung saat musim hujan karena tinggi ombak bisa mencapai 3 meter.
  • Jangan lupa untuk membawanya krim matahari untuk melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Ikuti semua aturan yang ditetapkan oleh pemandu.
  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah di lokasi yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda berada di Tasikmalaya, kunjungan tidak boleh dilewatkan Pantai Karang Tawulan. Pantainya penuh dengan untaian karang dan pemandangan kawanan burung camar yang kembali menjadi daya tarik tersendiri. Bagi Anda yang mendambakan ketenangan dan suasana pantai yang tenang di Tasikmalaya, inilah jawabannya. Tentunya akan menjadi pengalaman berwisata yang tak terlupakan di Pantai Karang Tawulan.

Galeri Foto Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawula di Tasikmalaya
Akses jalan menuju Rocky Beach
Duplikat dari Tanah Lot di Tasikmalaya
Pantai Karang Tawulan penuh dengan bebatuan
Tempat foto terbaik
Sunset di Pantai Karang Tawulan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button