Tempat Wisata

Pantai Kerandangan Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Raya Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab.Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; map: pemeriksaan situs

Liburan di Pantai Kerandangan di Lombok Barat memang menjadi hal yang disukai sebagian orang. Pantai Lombok Barat ini menawarkan berbagai keindahan yang berbeda dengan wisata alam lainnya. Daerah sekitarnya terlihat sangat bagus karena ada beberapa tanaman hijau. Selain itu, destinasi ini juga alami karena banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Pengunjung bisa menjadikan Pantai Kerandangan sebagai tempat bersantai. Angin sepoi-sepoi dan suara ombak akan memukau Anda. Selain itu, kawasan pantai dilengkapi dengan kursi-kursi yang nyaman.

Pada hari libur, kawasan pantai ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yang berbondong-bondong bersama keluarga. Jernihnya air laut dan pasir putihnya membuat traveler betah bermain.

Daya tarik Pantai Kerandangan

Obyek wisata Pantai KarandanganFoto oleh Google Maps Radar NTB

1. Ombak lumayan tinggi

Pantai Kerandangan terkenal dengan ombaknya yang tinggi. Ombak ini tingginya sekitar 3,5 meter dan menggulung. Namun, ombak ini terlihat unik karena berwarna putih bersih seperti kapas. Di area laut Anda juga bisa melihat beberapa batu besar yang menambah keindahan pantai karena dihantam ombak besar.

Turis dari luar negeri sering menggunakan ombak untuk berselancar. Namun, olahraga ini tidak disarankan untuk pengunjung yang tidak terlalu mahir. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan selama berlibur di kawasan pantai. Jadi Anda bisa bermain air dan menjauh dari ombak yang terlihat sangat deras.

2. Panorama alam

Pantai Kerandangan dikelilingi oleh pemandangan alam yang terlihat begitu indah. Ada pohon kelapa dan bakau yang sengaja ditanam untuk menambah keindahan destinasi pantai. Selain itu tanaman ini juga bermanfaat untuk mencegah abrasi yang disebabkan oleh erosi air laut. Pengelola selalu merawat dan memelihara tanaman yang ada.

Anda bisa duduk di tepi pantai untuk menikmati pemandangan. Banyak traveler yang menjadikan kawasan resort ini sebagai tempat bersantai di sela-sela kesibukan. Selain itu, udara sekitar juga terasa begitu sejuk sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi pantai cantik di Lombok ini.

3. Permukaan pasir putih

Wisata alam di Pantai Kerandangan memiliki keindahan pantai pasir putih. Selain itu, petugas selalu menjaga kebersihan pantai karena tidak ada sampah yang berserakan. Pasir di pantai ini juga sering digunakan untuk bermain atau bersantai. Jika disentuh, pasir ini terasa lembut karena tidak ada batu-batu kecil di sekitarnya.

Traveler bisa menjadikan kawasan berpasir itu sebagai spot foto. Selain itu, Anda juga bisa menikmati matahari terbit atau terbenam dengan duduk di atas pasir pantai. Yang terpenting tetap jaga kebersihan dan jangan membuang sampah plastik agar pasir tetap bersih.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pantai KarandanganFoto dari Google Maps Ivan Lin

Destinasi Pantai Kerandangan berada di Jalan Raya Senggigi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini menawarkan panorama alam yang berbeda dengan wisata lainnya. Selain itu, pantai ini mudah ditemukan karena dekat dengan jalan raya dan tidak jauh dari pusat kota. Anda bisa membawa kendaraan sendiri atau menyewa trip ke sana.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota, bisa naik pesawat dengan rute yang berhenti di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Lanjutkan menuju South Ring Road, terus lurus hingga sampai di Jalan Raya Meninting. Lokasi wisata tidak jauh dari jalan raya, hanya beberapa meter saja. Tamu akan menemukan tanda selamat datang di gerbang.

Papan petunjuk dipasang di sepanjang jalan agar wisatawan dapat dengan mudah menemukan lokasi pantai. Anda juga dapat mengakses rute melalui Google Maps atau bertanya kepada penduduk setempat. Bagi pengunjung yang menyewa perjalanan, tidak perlu khawatir karena diantarkan ke destinasi alam ini. Nikmati liburan seru dengan melihat hiruk pikuk Lombok yang indah.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai KarandanganFoto dari Resolve Google Maps Jaladara

Tidak ada biaya masuk di pintu masuk Pantai Kerandangan. Anda bisa melihat keindahan destinasi tersebut dari pagi hingga malam hari. Wisata ini sering dijadikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga karena tidak membutuhkan budget yang besar. Selain itu, banyak juga wisatawan dari luar negeri yang mengunjungi wisata ini.

Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi dapat menitipkannya di tempat parkir. Harga tiketnya pun masih murah, hanya Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk roda empat. Ini juga menawarkan penyewaan mobil untuk berkeliling. Harga sewa mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 60.000 tergantung jangka waktu sewa.

Biasanya pantai indah ini terlihat ramai pada hari libur. Namun, kawasan wisata tersebut tidak menyediakan persewaan alat permainan air, sehingga wisatawan harus membawa sendiri dari rumah. Anda bisa berkunjung dengan mengajak kerabat dekat agar liburan terasa seru. Selain itu, tiket masuk gratis dijamin akan membuat wisatawan senang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Kerandangan

Kegiatan wisata di pantai KarandanganFoto dari Google Maps Mbak Nulla

1. Lihat matahari terbenam

Kursi pantai di kawasan Pantai Kerandangan sering dijadikan tempat duduk untuk menyaksikan sunset. Di sore hari langit di sekitar pantai berwarna jingga yang indah. Wisatawan bisa melihat sunset ditemani suara debur ombak. Tak hanya itu, Anda juga bisa memotret keindahan langit senja.

2. Berenang

Berenang merupakan kegiatan yang wajib dilakukan saat liburan di pantai. Namun destinasi Lombok ini memiliki ombak yang cukup kuat. Disarankan untuk hanya berenang di tepi agar tidak tersapu ombak. Yang paling penting jangan lupa pakaian, kaca mata renang dan jaket pelampung karena tidak disediakan di sana.

3. Bermain bola voli

Hamparan pasir yang terlihat putih bersih sering digunakan untuk bermain. Traveler bisa membawa bola voli dan jaring agar liburannya semakin seru. Anda bahkan tidak perlu memakai sepatu saat bermain-main karena pasirnya sangat lembut. Nikmati liburan seru dengan beraktifitas bersama keluarga atau teman menghabiskan waktu disana.

4. Nikmati kuliner yang nikmat

Beberapa stan buka pada hari-hari tertentu. Toko ini menjual berbagai kuliner khas Lombok yang rasanya enak. Anda bisa mencoba olahan seafood mulai dari ikan bakar, cumi hingga lobster yang akan memanjakan perut Anda. Di sana juga dijual es krim kelapa muda yang bisa dinikmati siang hari saat cuaca panas.

5. Mainkan air

Para tamu tidak hanya bisa berenang saat liburan, tapi juga sekedar bermain air. Pada siang hari ombak pantai tidak begitu kuat karena masih surut. Saat air surut Anda dapat melihat kerang dan biota laut lainnya di pantai. Keindahan ini tentunya akan membuat wisatawan betah berlibur dan tidak merasa bosan.

6. Ambil gambar

Aktivitas lain yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Kerandangan di Lombok adalah fotografi. Wisatawan dapat menggunakan air laut dan pasir untuk menciptakan latar belakang yang estetis. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengambil foto keindahannya untuk dijadikan kenang-kenangan. Jadi jangan lupa membawa kamera atau ponsel.

7. Berselancar

Ombak pantai yang cukup ganas digunakan pengunjung untuk berselancar. Pada bulan-bulan tertentu gelombang semakin kuat. Biasanya orang yang melakukan olahraga ini membawa papan selancar dari rumah atau menyewanya di pusat kota. Selancar juga harus dilakukan oleh orang yang sudah terlatih agar tidak tersapu ombak.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas wisata Pantai KarandanganFoto oleh Google Maps Harry Subagyo

Pantai Kerandangan menawarkan beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh semua pengunjung. Di setiap sudut pantai terdapat kursi pantai dimana Anda bisa sekedar bersantai sambil menatap air laut. Ada tempat sampah di sekitar untuk memastikan kebersihan. Petugas juga menyarankan para tamu untuk tidak meninggalkan sampah.

Di sisi lain ada kamar mandi tempat Anda bisa membasuh diri di air setelah bermain. Yang terpenting jangan sampai kotor agar kamar mandi tetap terlihat bersih. Bagi wisatawan yang ingin bermain air, bisa membawa peralatan dari rumah karena tidak ada pilihan persewaan yang lengkap. Namun, pengelola akan berusaha untuk menyelesaikan sewa tersebut.

Kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa warung makan. Namun, toko tersebut hanya buka pada hari libur karena tur ini sepi pada hari kerja. Mereka yang datang bisa membawa makanan dari rumah. Sistem yang ada harus digunakan sebaik mungkin dan tidak rusak agar tetap terjaga kelestariannya.

Itulah beberapa hal menarik dari Pantai Kerandangan yang begitu indah Lombok Barat. Wisatawan di sekitar Lombok dapat mengunjungi destinasi tersebut. Jangan lupa siapkan kendaraan, budget, dan perlengkapan untuk bermain air selama berada di pantai. Ajak kerabat atau keluarga agar liburan semakin menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button