Tempat Wisata

Pantai Kolbano: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kolbano merupakan salah satu primadona yang menarik hati banyak wisatawan di Kota Kupang. Wisata Pantai Kolbano dulunya sangat jarang dikunjungi, namun kini sepertinya nama destinasi wisata NTT ini sudah dikenal para traveller. Pasalnya, saluran TV dan pengguna media sosial telah memberitakan keberadaan destinasi wisata Pantai Kolbano tersebut.

Wisata Pantai Kolbano terletak di Desa Kolbano, Kec. Kolbano, Timor Tengah Selatan. Jaraknya sekitar 135 km dari pusat kota Kupang dengan durasi sekitar 4 jam. Resor pantai ini telah menjadi tujuan wisata karena keunikannya. Yang membuat banyak orang penasaran adalah luasnya batu kerikil yang terlihat berwarna-warni dan sangat indah.

Atraksi di pantai Kolbano:

Pantai Kolbano memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan destinasi wisata pantai lainnya. Sementara pantai umumnya memiliki pasir putih atau hitam di tepinya, tepian di pantai wisata ini dihiasi kerikil berwarna-warni. Batu cantik ini berukuran sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan, sehingga banyak orang terkagum-kagum saat melihatnya.

Keunikan lain yang dilestarikan di pantai Kolbano adalah pemandangan matahari terbit dan terbenam yang bisa dinikmati dari tempat yang sama. Maka dari itu, tak heran jika banyak yang mencari kawasan wisata ini, terutama para fotografer yang ingin mengabadikan momen indah tersebut. Di Wisata Pantai Kolbano juga banyak wisatawan yang piknik.

Sambil menikmati piknik, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Karena tidak ada warung makanan atau minuman di tempat wisata ini, kami berharap pengunjung membawa perbekalan sendiri untuk melengkapi kegiatan liburan Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan akomodasi, karena Anda bisa menyewa rumah dari penduduk setempat dengan harga yang wajar.

Di kawasan Pantai Kolbano, wisatawan juga bisa melihat monumen bersejarah yang konon didirikan untuk memperingati peristiwa penting selama Perang Kolbano. Pada perang tahun 1907, masyarakat sekitar berperang melawan penjajah Belanda. Namun kondisi tugu ini apa adanya karena pemerintah tidak berupaya untuk mempercantik tampilan tugu ini.

Kekayaan alam berupa batu kerikil yang beraneka warna dimanfaatkan secara ekonomis oleh penduduk setempat melalui penambangan. Mereka bekerja sama dengan pihak tertentu dengan izin dari pemerintah setempat. Diharapkan kegiatan penambangan ini tidak mengakibatkan bebatuan di sekitar pantai terkuras habis hanya menyisakan kenangan.

Selain keindahan bebatuan berwarna-warni tersebut, pantai Kolbano juga memiliki landmark berupa batu berukuran besar yang menjadi ciri khas kawasan pantai ini. Penduduk setempat menyebut landmark ini “Fatu Un”. Sepintas, batu besar ini terlihat seperti kepala singa jika dilihat dari samping.

Para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini juga diperbolehkan untuk memanjat batu besar tersebut. Dari atas batu karang ini, pengunjung bisa menikmati panorama pantai yang mempesona. Di depan pantai Anda bisa melihat Samudera Hindia yang merupakan perpaduan birunya air laut dan rangkaian bebatuan warna-warni yang menambah keindahan Pantai Kolbano.

Fasilitas di pantai Kolbano:

Disarankan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan sekitar pantai Kolbano untuk membawa perbekalan sendiri karena belum ada warung yang menjual minuman atau makanan di sekitar pantai ini. Masih minimnya fasilitas seperti toilet, ruang ganti dan fasilitas pendukung lainnya di kawasan pantai ini.

Biaya masuk ke pantai Kolbano

  • Biaya masuk: Rp 2.000 hingga Rp 5.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Pantai Kolbano:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore

Tempat dan rute di pantai Kolbano:

Wisata Pantai Kolbano terletak di Ds. Kolbano, Kec. Kolbano, Kab. Timor Tengah Selatan (TTS) terletak sekitar 135 km dari kota Kupang.

Rute dari Kupang ke Pantai Kolbano bisa ditempuh dengan terbang menuju Kupang. Saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang terbang ke Kupang dari Jakarta, Denpasar dan Surabaya. Setelah Kupang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Kolbano yang berjarak sekitar 135 km.

Menuju tempat wisata ini cukup sulit karena tidak ada fasilitas umum. Namun tidak perlu khawatir karena pengunjung bisa menyewa mobil di Kupang. Pengunjung mencapai kawasan wisata pantai dengan melewati pemandangan indah selama perjalanan.

Pantai Kolbano adalah salah satu tujuan wisata paling menarik di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawasan wisata pantai ini memiliki keunikan yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Kerikil warna-warni yang indah di pantai merupakan salah satu daya tarik pantai yang membuat banyak orang ingin melihatnya secara langsung. Di kawasan wisata alam ini pun belum ada pengunjung. Bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan damai, tempat ini adalah tujuan yang tepat. Selain memberi Anda ketenangan karena lanskap yang disajikan, Anda juga bisa memotret di beberapa titik foto dengan hasil yang memuaskan.

Peta pantai Kolbano

Tips mengunjungi Pantai Kolbano

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Kolbano semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Kolbano adalah liburan yang lebih lama.
  • Datanglah ke Pantai Kolbano bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Kolbano.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar selama berlibur di Pantai Kolbano.

Galeri Foto Pantai Kolbano

Pantai ColbanoPantai Kolbano Sumber: google.comPantai ColbanoPantai Kolbano Sumber: google.comPantai ColbanoPantai Kolbano Sumber: google.comTempat foto terbaikberburu fotoKeindahan Pantai KolbanoSepasang batu ikonik di pantaiAkses jalan menuju pantaiKeajaiban perbukitan berpasir di atas pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button