Tempat Wisata

Pantai Krueng Geukuh: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Selain dikenal sebagai kawasan industri, Aceh Utara juga memiliki berbagai objek wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak pantai eksotis di Aceh Utara, karena kawasan ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Pantai Krueng Geukuh merupakan salah satu contoh kecil dari rangkaian pantai yang membentang di kabupaten ini.

Pantai Krueng Geukuh merupakan salah satu pantai yang sangat populer di Provinsi Aceh, khususnya pada masyarakat sekitar Aceh Utara dan Lhokseumawe. Keistimewaan tempat wisata ini adalah pasir pantainya selalu terjaga kebersihannya. Hal ini tidak lepas dari kesadaran masyarakat sekitar yang sangat menjunjung tinggi kebersihan. Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan fenomena matahari terbenam yang menakjubkan di pantai ini.

Pantai Krueng Geukuh

Secara geografis Pantai Krueng Geukuh terletak di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Untuk menuju pantai ini wisatawan harus menempuh jarak setidaknya sekitar 56 kilometer atau sekitar satu setengah jam dari Lhoksukon. Namun jika wisatawan datang dari Lhokseumawe, jarak tempuhnya cukup pendek, hanya sekitar 30 menit saja.

Terdapat berbagai pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju Pantai Krueng Geukuh. Tersedia angkutan umum seperti bus, angkutan umum atau biasa disebut Labi-Labi, becak motor dan juga taksi. Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan memilih jalur Medan-Banda Aceh.

Pesona Pantai Krueng Geukuh

Saat wisatawan tiba di Pantai Krueng Geukuh, mereka disuguhi panorama pantai dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Mata Anda seolah tak bisa melepaskan pandangan dari keindahan pantai ini. Pengunjung bisa bermain pasir putih sepuasnya dan merasakan sensasi saat kaki menginjak lembutnya pasir pantai.

Keindahan pantai nampaknya semakin bertambah dengan kondisi air laut yang cukup tenang. Ombak di pantai ini juga tidak begitu besar, sehingga wisatawan bisa dengan aman bermain atau berenang di tepi laut. Ombak yang sesekali tenang menerpa bibir pantai sehingga menciptakan suasana damai sehingga membuat tempat ini sangat cocok untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Pantai Krueng Geukuh

Sebuah pelabuhan berskala internasional telah muncul di dekat Pantai Krueng Geukuh. Pelabuhan ini sering digunakan sebagai tempat transit kapal-kapal dari berbagai negara. Keberadaan pelabuhan ini juga menjadi faktor penting kemajuan industri Aceh. Lebih lanjut, pelabuhan menjadi potret tersendiri yang seolah menambah keindahan pantai.

Pasir di pantai ini terbilang bersih dan bebas sampah karena kesadaran warga sekitar akan pentingnya kebersihan. Tidak jarang warga sekitar mengadakan pembersihan pantai pada waktu-waktu tertentu. Para nelayan pun tak mau mengabaikan kebersihan pantai bahkan rela berlayar menggunakan perahu tradisional agar tidak mengotori keindahan pantai.

Masyarakat sekitar dan nelayan juga dikenal ramah terhadap wisatawan, baik dari dalam kota maupun luar. Tak jarang pengunjung diajak ngobrol dan bertukar pikiran. Wisatawan yang datang ke pantai juga bisa membeli ikan langsung dari laut dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasar.

Pesona Pantai Krueng Geukuh sungguh mengagumkan. Keindahan pantai berpasir serta air laut yang tenang dan jernih membuat tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri dan sekadar menghilangkan stres.

Fasilitas di Pantai Krueng Geukuh

Fasilitas di sekitar tempat wisata ini cukup lengkap, hal ini juga disebabkan oleh adanya pelabuhan internasional yang membantu wisatawan mendapatkan fasilitas yang memadai. Di sekitar Pantai Krueng Geukuh terdapat fasilitas seperti tempat parkir yang luas, toilet, serta musholla dan musala.

Selain itu, tidak jauh dari objek wisata, pengunjung akan banyak menjumpai warung dan restoran yang menjual berbagai masakan khas Aceh. Terutama makanan laut yang menjadi komoditas utama di Pantai Krueng Geukuh. Tak ada salahnya menikmati indahnya pantai, wisatawan mengisi perut dengan berwisata kuliner.

Baca juga: Air Terjun Terujak, air terjun alami yang indah di tengah hutan belantara

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, terdapat beberapa pilihan akomodasi dan hotel yang bisa dipilih sesuai budget. Pilihan hotelnya banyak, terutama di Jalan Medan-Banda Aceh. Wisatawan juga bisa menginap di Kota Lhokseumawe karena jarak pantainya cukup dekat dengan kota.

Mengunjungi Pantai Krueng Geukuh bisa menjadi salah satu daya tarik wisata yang menarik ketika Anda berada di Aceh. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai mempesona ini.

Menikmati keindahan pantai

Saat anda berkunjung ke pantai ini anda akan disuguhi pasir putih bersih yang sangat bersih. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan hamparan laut biru yang luas serta perahu-perahu nelayan yang tertambat di dekat pantai. Anda bisa menikmati pantai di waktu senggang dengan bermain pasir lembut atau berenang di air laut.

Air lautnya relatif tenang, sehingga Anda bisa dengan mudah berenang dan menikmati segarnya air laut. Jika puas bermain, Anda juga bisa beristirahat di gubuk-gubuk sederhana yang ada di pinggir pantai. Saat melihat luasnya lautan, segala rasa penat dan stres seolah hilang seketika.

Wisata kuliner

Usai bermain di pantai, isi perut Anda dengan wisata kuliner. Di dekat pantai banyak terdapat warung yang menyajikan masakan khas Aceh. Anda bisa menikmatinya dengan duduk-duduk di cottage sambil menikmati kuliner lezat ditemani semilir angin sepoi-sepoi.

Salah satu kuliner khas yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Pantai Krueng Geukuh adalah Mie Aceh yang terkenal dengan kelezatannya. Secangkir teh hangat menghangatkan tubuh yang dingin sehabis berenang di laut. Selain Mie Aceh, masih ada kuliner lain yang bisa Anda coba. Kuliner yang dijual sebagian besar merupakan olahan ikan laut segar.

Perburuan Foto

Jangan lupa abadikan momen tersebut dengan berpose di depan kamera selama berlibur di Pantai Krueng Geukuh. Anda bisa berfoto seru bersama teman atau keluarga di pantai cantik ini. Ada beberapa tempat menarik, misalnya di bebatuan atau menghadap ke laut. Bagi Anda yang menyukai fotografi, tempat ini juga bisa menjadi alternatif untuk berburu foto Anda selanjutnya.

Saksikan matahari terbenam

Salah satu daya tarik Pantai Krueng Geukuh adalah fenomena matahari terbenam yang mempesona saat malam tiba. Banyak wisatawan yang datang pada sore hari untuk menikmati momen indah ini. Saat langit berubah warna dan matahari perlahan terbenam, terciptalah panorama alam menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Jam buka dan tarif masuk Pantai Krueng Geukuh

Jika Anda ingin mengunjungi destinasi wisata ini, Anda bisa datang kapan saja karena buka 24 jam. Kemudian HTM atau harga tiket masuk yang harus dibayar adalah Rp 5.000 per orang.

Tips Menuju Pantai Krueng Geukuh

  • Datanglah pada sore hari jika ingin melihat indahnya matahari terbenam di tepi pantai.
  • Jika Anda berencana berenang di air laut, bawalah pakaian ganti.
  • Berhati-hatilah saat berenang, meskipun ombak sedang tenang, jangan terlalu jauh ke tengah laut.
  • Bantulah menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah.
  • Perhatikan kelestarian pantai dan jangan merusak apapun yang ada di dalamnya.

Galeri Foto Pantai Krueng Geukuh

Pantai Krueng Geukuh
Bersantai dan nikmati keindahan pantai

Tempat pantai berbatu
Perburuan Foto
Spot foto di pasir pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button