Tempat Wisata

Pantai Kuta Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kuta, Pujut, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Jika berbicara tentang Pantai Kuta, kemungkinan besar orang akan mengasosiasikannya dengan salah satu pantai di Bali. Namun ternyata banyak sekali nama pantai yang hampir mirip dengan pantai cantik ini, seperti: B. Pantai Kuta, Lombok.

Seperti namanya, pantai ini terletak di pulau Lombok. Menurut laporan, nama pantai ini berasal dari lokasi desa tempatnya berada, yaitu Desa Kuta. Di kalangan wisatawan, pantai yang sangat panjang ini sangat populer dan sering dikunjungi pengunjung.

Pantai Kuta tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, tetapi juga beberapa keunggulan yang tidak ditemukan di tempat lain. Tak heran jika pantai ini begitu populer di kalangan pecinta alam dan pengunjung yang ingin bebas berkeliaran.

Daya Tarik Pantai Kuta

Tempat Wisata di Pantai KutaSumber gambar: Twitter Made Adi Dharmawan

Bagi Anda yang menyukai pemandangan pantai yang indah, tidak ada salahnya berlibur ke sini karena tempat ini memiliki beberapa objek wisata yang menakjubkan.

1. Suasana Pantai Yang Masih Asli

Berbicara tentang daya tarik Pantai Kuta tidak lengkap tanpa menyertakan nuansa pantainya yang unik dan alami. Bisa dibilang suasana yang melingkupi pantai ini merupakan kombinasi dari perasaan kesendirian, kedamaian, kegembiraan dan yang tak kalah pentingnya adalah keindahan. Banyak yang mengunjungi pantai ini dengan tujuan tertentu menyegarkan, dan itu hal yang benar.

Karena pantai ini tidak akan mengganggu pengunjung dengan kebisingan yang sering terdengar di perkotaan. Sebaliknya, pengunjung hanya dimanjakan dengan suara deburan ombak yang datang silih berganti serta semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi.

2. Bentuk pantai yang indah

Tidak bisa dipungkiri pantai ini memiliki bentuk yang cukup indah dan sangat cocok dijadikan sebagai background untuk pemotretan. Area pantainya cukup panjang dan berjarak sekitar 7 kilometer. Kawasan ini mampu menampung begitu banyak pengunjung, terutama saat mereka datang untuk berlibur.

Hamparan pantai ini pasti membuat siapa saja yang melihatnya terpana. Selain itu, jika dilihat dari ketinggian dengan drone atau mendaki Bukit Mandalika, akan terlihat dengan jelas betapa indahnya pantai ini disertai dengan penampakan lautan biru yang luas. Hanya dengan mata telanjang pengunjung bisa menikmati keindahannya.

3. Warna air yang luar biasa

Air laut di sekitar Pantai Kuta terlihat begitu eye catching karena warnanya yang begitu indah dan bersih. Mereka diolah dengan air laut yang bebas dari kotoran atau plastik, sehingga pengunjung bisa berenang atau beraktivitas sesuka hati menggunakan air laut tersebut.

Warna pantai ini terlihat biru muda dan pada siang hari warnanya akan terlihat begitu mengkilat. Hal ini terjadi karena air laut telah terkena pancaran sinar matahari dari langit, yang membuatnya tampak seolah-olah air laut sedang bersinar. Pengunjung yang melihatnya dijamin akan terpesona dengan keindahan pantai ini.

4. Legenda Drama

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai KutaSumber gambar: Twitter UGM Clapeyron

Tidak hanya keindahan alamnya saja, latar belakang atau legenda yang melingkupi pantai ini pun tak kalah menarik. Ada sebuah legenda yang membuat pantai ini sangat populer di masyarakat sekitar karena ceritanya terdengar sedikit dramatis dan dapat menyentuh hati setiap orang yang mendengarnya.

Legenda tersebut menceritakan seorang putri dengan wajah cantik bernama Mandalika. Saking cantiknya, banyak orang dari berbagai daerah yang ingin menikahi sang putri menjadi seorang wanita. Suatu hari, Putri Mandalika dilamar oleh seseorang yang memiliki pengaruh yang sangat besar di kerajaan, yaitu raja sendiri.

Namun, sang putri tidak memiliki keinginan untuk menerima lamaran raja. Maka Putri Mandalika memutuskan untuk menghilang dengan melompat ke laut. Setelah itu, sang putri konon berubah menjadi seekor cacing bernama Nyale. Oleh karena itu, masyarakat setempat mengadakan upacara nyale setiap tahun untuk berterima kasih kepada sang putri.

5. Dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun

Di sekitar pantai, pengunjung dapat melihat bahwa pantai ini dikelilingi oleh gugusan pohon yang rimbun setinggi itu. Pohonnya sudah lama tumbuh dan selalu dilindungi oleh pengelola pantai untuk memastikan selalu dalam kondisi aman sehingga udara di pantai selalu terasa segar dan sejuk.

Tak hanya itu, pepohonan juga berperan sangat penting dalam membantu pengunjung menghindari terik matahari di siang hari. Karena itu, banyak pengunjung yang memanfaatkan keberadaan pepohonan tersebut untuk duduk santai sambil menikmati keindahan pantai yang mempesona.

6. Bersihkan pasir putih

Daya tarik terakhir dari Pantai Kuta Lombok adalah pantai pasir putih yang begitu bersih dan terlihat menakjubkan. Hamparan pasirnya sangat luas dan menutupi seluruh area pantai dan warnanya terlihat begitu menarik. Perpaduan warna putih yang begitu bersih akan membuat siapapun betah memakainya.

Selain itu, pasir di pantai ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan sedikit kering. Karena itu, pengunjung bisa bebas berjalan di atas pasir ini tanpa memakai sandal atau sepatu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Kuta LombokKredit foto: Google Maps Nurrahman Putra Waluyo

Pantai Kuta memang salah satu pantai primadona yang sering dibanggakan warga Lombok. Pantai yang juga terkenal dengan wisata kulinernya ini memiliki lokasi yang sangat strategis di Kuta, salah satu kota di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju pantai ini anda tidak perlu khawatir karena akses menuju tempat ini tidak terlalu sulit, bahkan cukup mudah dijangkau. Anda hanya perlu memulai perjalanan di Kota Lombok tengah dan kemudian menggunakan mobil atau angkutan umum untuk dipandu oleh pemandu yang sudah hafal daerah tersebut.

Dari pusat kota, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan ke jalur Mataram. Dibutuhkan sekitar 90 menit berkendara ke pantai dari jalur Mataram, sehingga Anda tidak akan terlalu lelah di sepanjang jalan. Sesampainya di tempat tersebut Anda langsung disuguhkan dengan pemandangan yang begitu mempesona.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai Kuta LombokKredit foto: Google Maps syarifudin rodiansyah

Selama ini pengunjung yang ingin berkunjung ke Pantai Kuta Lombok tidak perlu khawatir dengan biaya tiket yang harus dibayar. Karena untuk menikmati pemandangan di pantai ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar parkir saja.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor akan dikenakan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Ada biaya yang lebih mahal untuk kendaraan roda empat, yaitu 10.000 rupiah.

Jika Anda menyewa kendaraan untuk pergi ke pantai ini maka harganya mungkin masih cukup bersahabat, berkisar 150.000 saja untuk sehari. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih layanan paket liburan yang lebih efektif dan efisien untuk liburan di sini.

Aktivitas Seru di Pantai Kuta

Kredit foto: Google Maps Deedee Chantique

1. Rasakan ritual penciuman

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Kuta mengadakan kegiatan unik setiap tahun, yaitu ritual Bau Nyale. Ritual ini dilakukan dengan mencari Cacing Nyale, yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan penduduk setempat melakukan ritual ini di sekitar pantai. Biasanya ritual ini berlangsung pada bulan Februari atau Maret dan berlangsung hanya satu hari. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengunjungi pantai yang indah ini selama bulan ini agar pengalaman yang Anda alami semakin menyenangkan.

2. Berenang atau snorkeling

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah berenang di laut yang cukup tenang. Jangan lupa untuk selalu berpegang pada aturan dan batasan yang telah ditentukan sehingga Anda selalu dalam jangkauan yang aman.

3. Nikmati taman bermainnya

Ada beberapa wahana di kawasan Pantai Kuta yang sangat seru dan tidak boleh diabaikan. Wahana tersebut berupa olahraga air yang sangat seru seperti; selancar angin, jet ski, banana boat, dan wahana lainnya.

Semua wahana ini bisa disewa dengan harga tertentu tergantung usia dan ukuran orang. Tak hanya itu, ada juga wahana petualangan yang baru diresmikan yaitu paralayang. Anda akan menggunakan wahana untuk menikmati pemandangan di pantai ini dengan maksimal.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai KutaKredit Foto: Google Maps Agung Rinjani

1. Harmony Villas Lombok

Penginapan pertama ini tidak jauh dari Pantai Kuta Lombok yang hanya berjarak sekitar 700 meter saja. Ada beberapa fasilitas menarik yang sayang untuk dilewatkan, seperti: B. kolam renang pribadi, cocok untuk anda yang mencari ketenangan.

2. Villa Kerikil

Gravel Villas juga hanya berjarak sekitar 800m dari pantai sehingga tidak memakan waktu lama untuk perjalanan kesana. Tidak terlalu ramai, penginapan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan santai dan tenang.

3. Resor Pipa Dream Villas

Sama seperti penginapan di atas, Pipe Dream Villas Resort jaraknya cukup dekat dari pantai, yaitu hanya sekitar 900 meter. Pengunjung yang ingin menginap disini dapat memilih kamar sesuai dengan kebutuhan karena jenis kamar yang ada berbeda-beda.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Area Pantai Kuta LombokKredit foto: Google Maps Widia Indar

Hampir seperti pantai pada umumnya, pengelola kawasan pantai ini juga menawarkan fasilitas yang mampu memuaskan pengunjungnya. Ada tempat parkir mobil yang bagus, toilet dan beberapa warung makan yang mudah ditemukan di sekitar pantai.

Selain itu, ada juga fasilitas modern yang sangat membantu pengunjung yaitu ATM. Dengan fasilitas ini, pengunjung dapat menarik uang dengan lebih mudah dan tidak harus pergi ke pusat kota terlebih dahulu.

Inilah status Pantai Kuta Lombok saat ini yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin mengunjunginya. Tentu saja ulasan di atas akan membuat semua orang penasaran betapa indahnya pantai ini jika dilihat secara langsung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button