Tempat Wisata

Pantai Lembah Putri: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Berbicara tentang kota Pangandaran di bagian selatan pulau Jawa, orang langsung berpikir tentang pantainya. Pangandaran memang terkenal tidak hanya di kalangan masyarakat Indonesia tetapi juga mancanegara akan keindahan wisata pantainya. Jika Anda mencari pantai dengan perbukitan dan pemandangan birunya Samudera Hindia, maka Pantai Lembah Putri di Pangandaran Jawa Barat adalah jawabannya.

Terletak tepat di Samudera Hindia, pantai ini menawarkan keindahan yang luar biasa dari atas bukit. Sangat cocok dijadikan tujuan wisata untuk melepas penat di akhir pekan dan liburan panjang.

Fasilitas di Pantai Lembah Putri

Berbagai fasilitas telah disiapkan pengelola untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Bisa dibilang fasilitas yang tersedia cukup memadai untuk sebuah tempat wisata. Di kawasan air terjun ini terdapat beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas dan luas serta keamanan yang terjamin.

Ada juga toilet dan mushola yang terjaga kebersihannya. Tak ketinggalan, ada juga beberapa warung makan yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman. Bagi Anda yang datang dari luar kota dan mungkin tinggal sedikit lebih lama, ada beberapa cottage untuk menginap di sini.

Keindahan Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri merupakan tempat wisata di Pangandaran yang hampir terlupakan. Padahal objek wisata ini menawarkan pesona yang berbeda dari objek wisata lainnya. Di pantai ini terdapat sebuah bukit dengan luas sekitar 5 hektar yang dari situ Anda bisa melihat birunya Samudera Hindia. Panoramanya begitu indah dan mempesona, namun masih sedikit pengunjung yang datang ke pantai ini, sehingga keindahannya tetap terjaga.

Pantai Lembah Putri menawarkan keindahan yang luar biasa. Perbukitan beraroma pantai dengan nuansa pantai Laut Selatan yang sejuk menawarkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Dari atas bukit, deburan ombak yang tegak terlihat jelas. Dari atas bukit, pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan Samudera Hindia, tetapi juga memancing dan berkemah.

Perpaduan antara pantai dan perbukitan menciptakan suasana yang luar biasa. Berlibur atau bersantai di pantai ini sambil menikmati lembah. Untuk sampai ke lembah Anda harus turun dari bukit. Kemudian Anda melewati jalan selebar 1 meter, juga diapit tembok setinggi 1 meter. Ada yang menyebut tembok ini sebagai miniatur tembok Tembok Besar China.

Miniatur Tembok Besar China yang dibangun di atas bukit adalah merek dagang Pantai Lembah Putri. Miniatur ini terbuat dari batu alam berwarna hitam kecoklatan dengan tinggi sekitar 1 meter. Jarak antar anak tangga cukup jauh. Jika Anda berjalan di sepanjang Tembok Besar China, terdapat sebuah paviliun setinggi sekitar 100 meter di tengahnya. Atap paviliun ini terbuat dari beton, sehingga Anda bisa naik ke puncak paviliun dan menikmati pemandangan Samudera Hindia dari sana.

Ada sebuah gua bernama Gua Ronggeng di pantai ini. Konon masyarakat di pantai ini sering mendengar suara yang mengingatkan pada musik ronggeng dan gamelan pada malam hari. Menurut cerita masyarakat setempat, goa ini erat kaitannya dengan kisah Dewi Rengganis yang sering mementaskan kesenian Ronggeng di sini.

Berburu foto di Pantai Lembah Putri

Spot foto terbaik dan menarik adalah dari atas bukit latar belakang Samudra Hindia Biru. Selain itu, puncak paviliun berbentuk miniatur Tembok Besar China juga bisa dijadikan spot foto Cocok untuk instagram. Di sini juga Anda bisa berfoto dengan birunya Samudera Hindia. Jangan lupa bahwa Gua Ronggeng juga sayang jika tidak diabadikan dengan rekaman kamera.

Biaya masuk ke Pantai Lembah Putri

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Lembah Putri

Lokasi Akses ke Pantai Lembah Putri

Pantai Lembai Putri merupakan objek wisata di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Akses menuju kota pantai ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Pangandaran. Kira-kira 15 menit dengan kendaraan. Untuk menuju pantai ini menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua, serta kendaraan umum.

Jika menggunakan bus bagi anda yang berada di Jakarta maka via Bandung dan Tasikmalaya. Setelah itu lanjut ke Ciamis, lalu ke Banjar dan terakhir ke Putapinggan. Akses menuju Pantai Lembah Putri Pangandaran sangat mudah karena pintu masuk berada di pinggir jalan utama. Jadi tidak ada alasan untuk memiliki masalah untuk sampai ke pantai.

Tips Wisata di Pantai Lembah Putri

  • Persiapkan kondisi kendaraan sebaik mungkin karena akses jalan menuju pantai ini terjal dan berkelok-kelok.
  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.
  • Jangan lupa untuk membawanya krim matahari untuk melindungi dari sengatan matahari.
  • Ikuti semua aturan yang ditetapkan oleh manajemen.
  • Pastikan kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh manajemen.

Jika Anda sedang berada di Pangandaran atau sedang merencanakan perjalanan ke Pangandaran, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan Pantai Lembah Putri. Pemandangan pantai yang indah, bukit-bukit di mana Anda dapat menikmati birunya Samudra Hindia dan miniatur Tembok Besar China menjadikannya daya tarik tersendiri. Tentunya dengan segala keistimewaan yang ditawarkan Pantai Lembah Putri, pengalaman berwisata Anda tidak akan membosankan.

Galeri Foto Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri di Pangandaran
Surfing di Pantai Lembah Putri
Keindahan laut di Pantai Lembah Putri
Sore hari di Pantai Lembah Putri
Akses jalan menuju pantai
Potret pantai Pantai Lembah Putri

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button