Tempat Wisata

Pantai Nglambor Gunung Kidul – Objek wisata, petunjuk arah, tiket dan aktivitas

Atraksi, petunjuk arah, tiket dan aktivitas – Pantai Nglambor di Gunung Kidul, Jogja menawarkan petualangan tak terlupakan menjelajahi daratan yang mempesona dan alam bawah laut yang masih alami.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Ex. Purwodadi, Kab. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Apakah Anda memimpikan liburan ke pantai tetapi itu tidak umum? Jika iya, Anda bisa merencanakan liburan ke Jogja khususnya Gunung Kidul. Pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul terbukti mempesona dan menjadi destinasi wisata populer.

Salah satu pantai yang anti mainstream adalah Pantai Nglambor. Destinasi pantai yang satu ini mempunyai pesona yang tidak bisa ditolak oleh siapa pun. Untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai pantai indah di Gunung Kidul berikut ini.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Nglambor

Shutterstock Daya tarik Pantai NglamborFoto: Shutterstock/Ginanjar Rah Widodo

Sekali menginjakkan kaki di pantai ini pasti ketagihan untuk mengunjunginya kembali. Pantai ini memiliki dua bukit karang yang sering disebut Watu Kuntul dan Watung Kalong.

Kehadiran kedua bukit ini membuat pemandangan pantai Nglambor semakin mempesona dan alami. Selain itu, objek wisata bahari ini tidak seramai lainnya sehingga Anda bisa menikmati suasana tenang dan damai.

Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga secara alami ombaknya cukup besar. Selain karena daratannya yang mempesona, pantai bawah laut Nglambor menjadi daya tarik tersendiri. Kebanyakan orang datang untuk melihat sekilas keindahan alam bawah laut.

Pantai ini merupakan hasil kerjasama pemerintah dan masyarakat desa untuk mempromosikannya melalui media sosial. Meskipun pada saat itu tidak terlalu berhasil. Hingga tahun 2013, seorang warga setempat bernama Yusuf Adhitya Putratama menggarap tur ini. Ia pun gencar berpromosi di media sosial dengan terus mengunggah foto-foto pantai ini.

Pada tahun 2014 terdapat perusahaan penyewaan alat snorkeling bernama BNS. Sejak saat itu, wisata bahari ini semakin mendapat perhatian, dan pada tahun 2020 tercatat terjadi peningkatan jumlah pengunjung yang ingin melihat langsung keindahannya.

Sebagai bagian dari pantai selatan, Ngelambor juga memiliki mitos dan tradisi yang biasa dijalankan. Tradisi ini dikenal dengan nama Nglangi atau pemblokiran dalam bahasa Indonesia. Hal ini untuk mencegah pengunjung atau orang lain memancing di pantai.

Kecuali pada musim pemijahan ikan yang hanya setahun sekali. Oleh karena itu, pantai ini masih mempertahankan keindahannya hingga saat ini dan menjadi tujuan snorkeling yang populer.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai NglamborFoto: Shutterstock/Alan Cahya

Pantai Nglambor terletak di Dudun Ngandong, Desa Purwodadi, Kecamatan. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DIY. Pantai mempesona ini bisa Anda kunjungi setelah menempuh perjalanan sejauh 71 km dari pusat kota Jogja. Perjalanan panjang ini dimulai dari jalur menuju Jalan Wonosari, kemudian berlanjut ke Piyungan, Bukit Bintang, selanjutnya ke Pathuk, Sambipitu, Hutan Bunder dan pertigaan Gading Wonosari.

Perjalanan dilanjutkan menuju Playen, bundaran pemerintahan daerah, hingga Lapangan Sriono. Kemudian silahkan ambil jalan menuju pasar Hargasari dan terus berjalan hingga melewati desa Tepus. Petunjuk arah menuju pantai ini cukup mudah untuk diikuti.

Sesampainya di tempat tujuan, Anda harus berjalan kaki sekitar 1 hingga 2 km dari tempat parkir. Selain berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek wisata dengan biaya sekitar Rp 100.000. 10.000 pulang pergi.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk menikmati serunya snorkeling dan melihat sekilas terumbu karang serta ikan-ikan kecil cantik ini, Anda tidak membutuhkan banyak biaya. Untuk memasuki pantai ini Anda akan dikenakan tiket masuk yang tidak akan membebani dompet Anda.

Mengingat keindahannya, harganya pun bakal terlalu murah. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 5.000 per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Jika menggunakan sepeda motor, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sekitar Rp. hanya dua ribu. Kendaraan roda empat kini sudah tersedia mulai harga Rp 5 ribu. Dengan membayar jumlah ini Anda bisa mendapatkan tur yang tak terlupakan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut sewaktu-waktu bisa naik. Apalagi saat hari raya tiba, meski jumlahnya bertambah pasti tidak akan terlalu tinggi dan tetap aman untuk dompet Anda.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai NglamborFoto: Shutterstock/Haryanta.pc

Begitu memasuki Pantai Nglambor, Anda akan disambut dengan pemandangan laut yang mempesona. Birunya air laut dengan pasir putihnya menjadi perpaduan yang sangat menarik. Panorama alam yang mempesona ini menawarkan pengunjung berbagai macam aktivitas selama berwisata.

Anda bisa memulainya dengan berjalan-jalan, melakukan berbagai pose, lalu mengunggahnya ke media sosial. Penerimaan telepon seluler sulit di kawasan pantai ini, sehingga Anda tidak akan bisa berlama-lama bermain telepon seluler.

Untuk itu ada baiknya Anda menikmati keindahannya hingga puas dan mencoba aktivitas lainnya. Nikmati berenang atau berjemur untuk merasakan suasana pantai yang unik. Jika Anda membentangkan tikar di atas pasir putih sambil beristirahat di bawah pohon, rasa lelah Anda pasti akan langsung terobati.

Angin sepoi-sepoi juga turut menambah suasana menyenangkan. Pantai Nglambor memiliki daratan yang mempesona dengan banyak bukit. Jadi Anda juga bisa mendaki ke bukit-bukit yang ada. Setiap bukit menawarkan pemandangan menakjubkan dari atas.

Beberapa spot foto sengaja disediakan agar pengunjung bisa berfoto Instagrammable. Namun naik turun bukit ini juga cukup menguras tenaga. Jika beruntung, Anda mungkin akan bertemu dengan monyet vervet yang berkeliaran. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan barang atau makanan Anda.

Setelah trekking, Anda juga dapat menikmati aktivitas lain seperti jalan-jalan di pantai. Pasalnya pantai eksotik ini berdekatan dengan Pantai Siung dan Pantai Watu Lumbung jika Anda menuju ke arah timur. Sebaliknya jika ke arah barat akan sampai di pantai Timang, Jogan, dan Ngetun. Aktivitas ini memerlukan energi tambahan. Oleh karena itu, perhatikan kondisi fisik Anda.

Snorkeling merupakan aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan di Pantai Nglambor. Anda masih bisa melihat terumbu karang yang utuh dengan ikan-ikan cantik. Anda juga bisa mengabadikan setiap momen dengan foto bawah air saat snorkeling. Selain bisa menggunakan kamera anti air, Anda juga bisa menggunakan BNS (sebutan untuk persewaan alat snorkeling) di pinggir pantai. Anda kemudian dapat mengunggahnya ke media sosial.

Terakhir, jangan lupa untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam di puncak bukit yang akan membuat Anda takjub. Pemandangan matahari terbenam tidak boleh dilewatkan. Untuk menyelesaikan banyak hal, ada baiknya datang pada sore hari. Saat ini laut sedang pasang, sehingga cocok untuk snorkeling. Jika pagi hari, maka antara pukul 06.00 hingga 10.00.

Akomodasi dekat Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan pantai yang juga belum ada akomodasi di sekitar pantainya. Jadi jika ingin bermalam, tinggal memasang tenda saja. Banyak pengunjung yang mendirikan tenda karena selain melihat matahari terbenam, mereka juga bisa menikmati langit malam yang penuh bintang. Jika Anda ingin menginap di akomodasi, Anda bisa mencari akomodasi di dekat pemukiman penduduk.

Tersedia beberapa homestay dan pilihan akomodasi dan lokasinya tidak terlalu jauh. Anda hanya perlu memesan sesuai kebutuhan dan kondisi dompet Anda. Jika ini musim liburan, ada baiknya untuk memesan jauh hari sebelumnya. Karena jika akomodasi ini tidak terlalu jauh maka akan ramai. Hotel bisa ditemukan di kawasan Goa Pindul, Pantai Indrayanti atau Pantai Kukup. Ada beberapa hotel yang bisa Anda pilih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai NglamborFoto: Shutterstock/Khafidmukriyanto

Untuk menuju pantai ini Anda harus mengakses akses jalan yang cukup terjal. Oleh karena itu, kesan alami Pantai Nglambor masih sangat kental. Anda tidak mungkin menemukan fasilitas seperti ATM, fasilitas kesehatan atau fasilitas perbelanjaan. Namun, Anda bisa menemukan dan menggunakan fasilitas umum seperti toilet, musala, penitipan bagasi, dan kabin di pantai menawan ini.

Pengunjung yang tidak membawa bekal apa pun juga bisa memanjakan diri dengan kuliner di beberapa stand. Menu yang ditawarkan berbeda-beda, sehingga Anda juga bisa berwisata kuliner saat berkunjung ke pantai ini. Jika Anda datang dengan mobil, jangan heran karena tempat parkir di pantai ini cukup luas. Secara bertahap, beberapa fasilitas mungkin akan ditambah demi kenyamanan pengunjung.

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Banyak wisatawan yang sudah yakin akan keindahan pantai ini. Saat berkunjung ke pantai Nglambor ada baiknya membawa kamera terbaik. Mengingat pesona yang dimiliki tempat ini, sayang sekali jika tidak diabadikan. Bagaimana Anda berencana menambahkan pantai ini ke daftar liburan Anda?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button