Tempat Wisata

Pantai Pancur: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Seperti yang kita ketahui, pantai telah menjadi tujuan liburan yang populer bagi banyak orang, baik untuk bersantai dari pekerjaan kantor, dari masalah sekolah atau universitas, atau untuk berbulan madu. Tidak bisa dipungkiri bahwa pantai memiliki daya tarik yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Sesering apapun kita berkunjung, tidak akan pernah ada momen yang membosankan. Banyuwangi salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memiliki ciri khas letak geografisnya yang banyak menyuguhkan wisata alam khususnya pantai di tempat ini, dan terdapat pantai-pantai yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Banyuwangi nanti. Pantai tersebut adalah Pantai Pancur.

Pantai Pancur merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Terletak di dekat resor Pancur, sekitar 5 km dari pos Rowobendo (gerbang masuk ke Taman Nasional Alas Purwo) atau 3 km dari Trianggulasi.

Nama Pancur diambil dari sungai kecil atau air terjun yang mengalir di pasir dan bermuara langsung ke laut. Pantai Pancur memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak sedang dan medan yang luas cocok untuk berkemah keluarga. Waktu yang paling luar biasa adalah saat matahari terbenam di pantai ini. Saat matahari terbenam kita bisa menikmati pemandangan yang mempesona.

Sekitar 2 km sebelah utara terdapat Gua Instana atau Danau Srengenge. Sebagian besar wisatawan dapat melanjutkan perjalanannya setelah menikmati Pancur dengan mengunjungi dua tempat ini. Sesampainya di lokasi Anda akan melihat sebuah tangga yang akan membawa Anda ke pantai. Tidak jauh dari pantai terdapat sungai kecil dengan air tawar yang membentuk air terjun kecil dan kemudian mengalir ke laut. Itulah mengapa pantai ini dinamakan Pantai Pancur.

Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Misalnya, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk menyusuri laut lebih jauh dan menikmati pemandangan di tengah laut. Kontur pantai yang landai dengan pasir pantai yang lembut seakan mengundang untuk berkemah di sana. Sambil menikmati panorama laut biru dan langit cerah, Anda bisa membuat api unggun untuk memasak bekal makanan yang Anda bawa. Anda juga bisa memanfaatkan ombak yang tenang dan tidak terlalu tinggi untuk bermain air.

Fasilitas di Pantai Pancur

Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai ini, ada beberapa fasilitas yang ada, antara lain :

– Penyewaan perahu

Bagi wisatawan yang ingin menyusuri laut lebih jauh dan tidak hanya memulai dari pantai, Anda bisa menyewa perahu atau perahu wisata dari nelayan setempat. Anda bisa menikmati pemandangan dari tengah laut dan berfoto di sana.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah pentingnya karena tentunya banyak wisatawan yang datang ke sana dengan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Kamar untuk menginap

Di kawasan Pantai Pancur, Anda juga bisa menjumpai resort yang menawarkan beberapa kamar dan fasilitas yang cukup lengkap seperti restoran, kafe, dan lain-lain. Namun perlu diingat bahwa harga sewa kamar juga cukup tinggi.

– Kantin atau tempat makan

Jangan khawatir membuat diri Anda kelaparan jika Anda datang ke sini, tetapi jangan membawa makanan dan minuman. Di kawasan pantai ini Anda akan menemukan beberapa kantin yang juga menjual makanan dan minuman dengan harga yang relatif murah.

– Kamar mandi umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada dimana-mana di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu bingung lagi ketika mencari toilet umum karena di kawasan ini telah disediakan beberapa yang bisa anda gunakan. jika perlu perlu. Ada juga ruang ganti tempat Anda bisa berganti pakaian.

– Masjid

Anda yang ingin menunaikan ibadah sholat juga bisa langsung menuju mushola yang telah disediakan di Pantai Pancur.

Berburu foto di Pantai Pancur

Bagi Anda yang hobi fotografi, hunting foto di Pantai Pancur pasti seru karena objek wisata ini luas dan menawarkan pemandangan yang indah. Pepohonan seperti kelapa dan lain-lain di sekitar pantai juga menambah indah panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang lautan biru dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto bagus yang dapat langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen saat matahari terbenam, karena banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk menikmati sunset yang memberikan kesan romantis dan menenangkan. Di tempat ini juga dimungkinkan untuk berfoto selfie, sehingga Anda bisa mendapatkan foto-foto menarik yang bisa Anda unggah ke berbagai media sosial. Dengan cara ini Anda dapat berkontribusi untuk membuat objek wisata ini dikenal banyak orang.

Akses jalan menuju pantai Pancur

Jika Anda ingin mengunjungi pantai ini disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor karena belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda ke sana. Mereka hanya mengarahkan Anda ke Taman Nasional Alas Purwo dan kemudian tiba di pos Rawanbendo. Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Pantai Pancur yang berjarak 2 km dari pintu masuk Alas Purwo.

Biaya masuk ke Pantai Pancur

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka pantai Pancur

Tips berlibur ke Pantai Pancur

  • Jangan mencemari lingkungan
  • Jangan ganggu area sekitar sarang penyu
  • Lebih baik bawa makanan dan minuman sendiri
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik

Galeri Foto Pantai Pancur

Selamat datang di Pantai Pancur
Potret pantai Pancur
Ombak kecil di Pantai Pancur
Air laut biru jernih
Matahari terbenam di Pantai Pancur

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button