Tempat Wisata

Pantai Pandan Malaka Lombok – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Nikmati keindahan alam yang mempesona di Pantai Pandan Malaka Lombok yang menampilkan pesona keindahan pantai dan perbukitan eksotis yang terletak sempurna di tepi pantai.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Raya Senggigi, Kabupaten Malaka. Pemenang, distrik. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai wilayah perairan terluas dibandingkan daratan. Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai pantai yang luas yang tersebar di seluruh provinsi. Nusa Tenggara Barat memiliki banyak pantai di provinsi ini, salah satunya adalah Pantai Pandan Malaka.

Pantai ini mempunyai keindahan yang sangat mempesona. Sepanjang mata memandang, salah satunya pasir putih yang menghiasi pantai. Destinasi ini merupakan salah satu tempat wisata yang menarik, Anda bisa mengajak keluarga berlibur ke pantai.

Pantai di Lombok ini mempunyai lokasi yang sangat strategis dari pusat kota. Selain keindahannya yang menarik, juga menawarkan keindahan perbukitan hijau dengan pepohonan yang rimbun.

Anda bisa berlibur di pantai ini kapan saja. Simak beberapa ulasan kenapa liburan ke pantai ini wajib dilakukan!

Objek Wisata Pantai Pandan Malaka

Objek wisata: Pantai Pandan, MalakaFoto: Google Maps/Gaetano

1. Pantai Bukit

Daya tarik Pantai Pandan Malaka adalah pesona perbukitan yang mengelilingi pantai. Kawasan alami dengan beberapa kawasan daratan yang berada di atas permukaan tanah. Bukit ini terhampar dengan warna khas kehijauan.

Perbukitan pantai terletak di sekitar pantai, yaitu di sisi kanan dan kiri pantai. Perbukitannya rimbun dengan pepohonan hijau yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Bukit-bukit ini masih sangat asri dan alami. Anda juga akan melihat berbagai jenis hewan gunung.

Hewan bukit seperti semut, serangga hutan atau ular. Beberapa juga terlihat seperti musang besar dan monyet.

Pengunjung juga bisa mendaki bukit. Menikmati pemandangan air laut dari atas bukit namun sayangnya fasilitas yang ada di atas bukit belum memadai karena masih asri dan alami.

2. Panorama pantai

Pantai Pandan Malaka merupakan salah satu pantai dengan hamparan laut yang indah. Saat memasuki kawasan pantai, Anda bisa melihat hamparan pasir putih yang memiliki tekstur lembut saat disentuh. Selain itu, permukaan air lautnya ditutupi warna agak kebiruan sehingga tampak jernih dan sejuk.

Di sekitar pantai Anda juga akan melihat deburan ombak yang menggoda telinga Anda. Suara deburan ombak seirama dengan semilir angin sepoi-sepoi, menciptakan suasana asri. Iklim pantainya sangat sejuk apalagi jika datang kesini pada pagi dan sore hari. Sayangnya cuacanya agak lembab di siang hari.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sekitar Pantai Pandan Malaka dan menikmati keindahannya. Pengunjung bisa langsung mencelupkan kaki ke pantai berpasir putih.

Jika ingin merasakan dinginnya air, Anda bisa melepas sepatu atau bertelanjang kaki. Nikmati lembutnya pasir putih yang menyentuh kaki Anda.

Anda dapat melihat pepohonan hijau di sekitar pantai. Tanaman hijau ini tumbuh secara alami. Pohon peneduh bermacam-macam jenisnya antara lain pohon pinus, pohon kelapa dan pohon lainnya. Pengunjung dapat beristirahat di bawah pohon palem sambil menikmati keindahan pantai dalam suasana yang indah.

3. Tempat pantai sebagai dot

Berbeda dengan pantai lain yang sering ramai dikunjungi karena kepadatan penduduk yang tinggi, Pantai Pandan Malaka menawarkan suasana tenang untuk bersantai. Saat pengunjung melangkah ke pantai, yang terdengar hanyalah suara deburan ombak ditambah angin sepoi-sepoi dan kicauan burung yang menari di atas awan.

Suasana ini benar-benar menawarkan keindahan dan ketenangan pikiran. Pemandangan menakjubkan ini mampu menenangkan jiwa, terutama bagi pengunjung yang membawa keluarga. Menikmati ketenangan pantai bersama keluarga bisa menghadirkan perasaan yang benar-benar berbeda.

Tempat yang masih diminati pengunjung untuk menikmati pantai adalah di pesisir pantai. Menikmati indahnya hamparan lautan luas yang membelah lautan, diselimuti deburan ombak dan tertiup hembusan angin kencang.

4. Karang yang indah

Di pesisir Pantai Pandan Malaka banyak terdapat bebatuan karang yang mengelilingi pantai. Batuan karang ini berwarna kehitaman dan ditumbuhi tumbuhan kecil berwarna hijau. Karang ini mempunyai variasi yang berbeda-beda, ada karang kecil, sedang, dan besar untuk dipanjat.

Pesona bebatuan karang menambah keindahan pantai yang menarik. Wisatawan bisa memanjat bebatuan untuk memancing atau mengambil foto. Jika beruntung, Anda juga akan menemukan ikan-ikan yang tertangkap di antara karang. Ikan ini ditangkap karena terbawa arus ombak yang menghantam karang.

Selain itu, terdapat beberapa tumbuhan hijau di bagian bawah karang seperti alga hijau, rumput laut, dan rumput hijau. Anda bisa menikmati karang yang indah ini. Dari karang tersebut pengunjung dapat melihat keseluruhan pantai dengan pemandangan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Pandan, MalakaFoto: Google Maps/Gaetano

Wisata pantai menarik ini terletak di Jalan Raya Senggigi Malak, Kecamatan Selamat, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini juga dekat dengan Pantai Senggigi.

Waktu tempuh dari pusat kota Mataram menuju kota pantai sekitar 45 menit dan jarak tempuh sekitar 27 kilometer. Ada dua rute yang bisa ditempuh dari kota Mataram menuju Pantai Pandan Malaka.

Pertama, rute yang bisa Anda tempuh sama dengan menuju Jalan Pantai Senggigi. Pengunjung bisa memilih jalur ini karena jarak antara dua pantai yang bertetangga yaitu dari Jalan Pantai Senggigi membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk mencapai lokasi pantai.

Kedua, jalur khusus dari Kota Mataram melewati jalan yang menghubungkan Lombok Utara dengan Lombok Barat. Kedua jalur tersebut memiliki jalan yang bagus yaitu jalan beraspal.

Dalam perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan menarik yaitu luasnya perbukitan hijau yang mewarnai jalan di sekitarnya. Selain itu juga terdapat pepohonan hijau dengan tanaman rimbun yang menambah keindahan.

Untuk menuju tempat wisata, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil, karena belum tersedianya akses angkutan umum dengan jalur khusus menuju pantai. Jangan lupa membawa perlengkapan dan mengikuti protokol kesehatan, seperti: Misalnya saja selalu memakai masker dan hand sanitizer.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk menikmati keindahan Pantai Pandan Malaka, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk tiket masuknya karena tidak dipungut biaya. Biaya gratis ini mencakup pemandangan pantai dan berjalan-jalan di sekitar pantai.

Selain itu, ada beberapa permainan yang membutuhkan biaya, seperti ayunan, berenang, atau kano. Bagi yang ingin menyewa snorkel membayar sekitar Rp 20.000 per orang, bagi yang ingin menyewa perahu karet membayar sekitar Rp 10.000 per orang dan bagi yang ingin berlayar dengan sampan membayar Rp 20.000.

Sedangkan untuk jam operasionalnya, pantai ini buka 24 jam dari hari Senin hingga Minggu. Artinya pantai ini buka setiap saat. Pengunjung dapat mengunjungi pantai ini kapan saja untuk menikmatinya.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Pantai Pandan MalakaFoto: Google Maps/Gaetano

berlayar

Kegiatan menarik ini adalah bermain kano. Pengunjung dapat menyewa beberapa kano atau perahu khusus untuk wisatawan. Anda bisa menikmati keindahan Pantai Pandan Malaka dengan menggunakan sampan dengan berlayar di tengah pantai sambil merasakan deburan ombak air yang menerpa sampan.

Snorkeling

Snorkeling merupakan kegiatan berenang dengan peralatan lengkap. Pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling lengkap untuk merasakan dinginnya air laut. Aktivitas ini juga memungkinkan Anda merasakan indahnya menyelam ke dalam air, melihat dengan jelas terumbu karang, alga, dan ikan-ikan yang berenang lincah.

Bermain di pinggir Pantai Pandan Malaka

Aktivitas menarik lainnya adalah bermain di pinggir Pantai Pandan Malaka. Ada banyak aktivitas bermain yang bisa dilakukan seperti bermain bola atau voli pantai. Pengunjung dapat memainkan permainan ini secara berkelompok. Bermain bersama dan menikmati gulungan ombak air pantai.

Selain bermain bola dan voli pantai, pengunjung juga bisa menikmati jalan-jalan pantai dengan berjalan-jalan menyusuri pantai sambil menikmati sensasi sejuknya udara pantai. Waktu terbaik untuk berjalan-jalan di pantai ini adalah pada pagi dan sore hari, karena kedua waktu tersebut seringkali ramai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai Pandan MalakaFoto: Google Maps/Dk Oktaviani

Pantai Pandan Malaka mempunyai fasilitas yang memadai. Sebelum memasuki kawasan pantai, terdapat tempat parkir gratis yang luas dengan petugas yang ketat. Terdapat juga beberapa toilet bersih untuk pria dan wanita serta ruang ganti basah di sekitar pantai.

Selain itu, terdapat beberapa kabin khusus wisatawan yang dilengkapi dengan lantai bersih. Terdapat juga area untuk berswafoto seperti di ayunan dan beberapa area lainnya.

Pengunjung juga dapat menikmati permainan air seperti berlayar kano, berenang, menaiki banana boat atau sekedar berjalan kaki.

Di sekitar pantai juga banyak terdapat warung kuliner yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman khas pantai, dengan ikan sebagai hidangan utama seafoodnya. Makanan ini diolah dengan bumbu khas khas penduduk setempat.

Pantai Pandan Malaka merupakan pantai yang sangat menarik dan menakjubkan. Pantai ini cocok menjadi destinasi liburan akhir pekan, sehingga tidak ada salahnya Anda pergi ke Lombok dan menuju pantai menarik ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button