Tempat Wisata

Pantai Parang Kursi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja atau berkutat dengan masalah sekolah dan hal-hal lainnya, terkadang kita membutuhkan sesuatu yang disebut penyegaran untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Stres juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Maka dari itu tidak ada salahnya kami merencanakan liburan yang bisa anda lakukan sendiri, bersama keluarga, pasangan atau sahabat. Liburan yang menyenangkan tidak harus mengeluarkan banyak biaya, lho? Jika Anda berencana ke Banyuwangi, Anda bisa datang ke pantai yang keindahannya menakjubkan, yaitu Pantai Parang Kursi.

Pantai Parang Kursi merupakan objek wisata di Dusun Ringinagung, Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi anda yang menyukai wisata alam terutama yang berhubungan dengan air atau pantai maka tempat ini sangat cocok untuk anda. Anda bisa datang ke sana bersama keluarga, teman atau pasangan Anda. Dijamin kamu tidak akan menyesal mengunjungi Pantai Parang Kursi yang memiliki pesona luar biasa ini.

Sesampainya di sana Anda dihadapkan pada pantai yang landai dengan pasir berwarna putih kecoklatan dan beberapa bebatuan di tepi pantai. Memasuki area berpasir pantai, sebuah batu besar terlihat di sebelah kanan. Pemandangan batu karang besar ini dapat terlihat jelas saat air laut surut sehingga memungkinkan pengunjung untuk mendekat. Namun saat air laut sedang tinggi, seluruh area pasir pantai di sekitar karang terendam air dan yang terlihat seperti pulau kecil dipisahkan oleh daratan.

Pantai ini dinamakan Parang Kursi karena di pantai ini terdapat formasi bebatuan yang membentuk kursi dengan tinggi sekitar 15 sampai 20 meter. Kursi ini konon merupakan salah satu singgasana Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Anda juga bisa melihat banyak pemandangan indah di sini, seperti birunya air laut dan pedesaan sekitarnya yang memiliki banyak pepohonan rindang dan terlihat asri.

Bagi anda yang tidak menyukai tempat wisata yang ramai dengan banyak pengunjung, anda bisa datang ke pantai Parang Kursi karena masih merupakan tempat yang “perawan” dan masih jarang orang datang ke pantai yang satu itu, jadi anda bisa menggunakannya dengan bebas. Nikmati panoramanya. . Anda juga bisa menggelar tikar untuk duduk di pasir pantai sambil menyantap makanan dan minuman yang Anda bawa dari rumah.

Fasilitas di Pantai Parang Kursi

Bagi Anda yang berencana untuk datang ke Pantai Parang Kursi: Sayangnya, tidak banyak fasilitas penunjang bagi pengunjung mengingat tempat ini cukup terpencil dan masih cukup sulit dijangkau orang. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda temukan seperti tempat parkir. Anda yang membawa kendaraan bermotor seperti mobil atau motor dapat memarkirkan kendaraannya di area yang telah ditentukan sebelum berjalan menuju Pantai Parang Kursi.

Harapannya, ke depan Pemkab Banyuwangi bisa membangun beberapa fasilitas tambahan bagi wisatawan yang datang ke tempat wisata tersebut. Karena sangat disayangkan pantai ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan daerah karena pemandangannya yang sangat indah dan pantainya juga bersih.

Berburu foto di Pantai Parang Kursi

Bagi Anda yang menggemari seni fotografi, berburu foto di Pantai Parang Kursi pasti menyenangkan karena tempat wisata ini luas dan menawarkan pemandangan yang indah. Pepohonan seperti kelapa dan lain-lain di sekitar pantai juga menambah indah panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang lautan biru dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto bagus yang dapat langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen saat berkunjung dan memanjat bebatuan besar untuk melihat panorama dari atas. Berswafoto di bebatuan yang berbentuk kursi juga bisa berfungsi untuk mengambil foto yang menarik dan mengunggahnya ke berbagai media sosial.

Baca Juga: Pemandian Umbul Bening, Serunya Wisata Kolam Renang di Banyuwangi

Akses jalan menuju Pantai Parang Kursi

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil saat mengunjungi tempat ini, atau Anda juga bisa menyewa mobil dari banyak perusahaan rental mobil di Banyuwangi. Akses ke pantai ini awalnya melalui jalan setapak di sebelah barat Pantai Lampon. Namun setelah kawasan Pantai Lampon dijadikan sebagai tempat latihan tempur dan sebagai pangkalan selam angkatan laut oleh TNI AL, akses jalan menuju pantai ini ditutup dan wisatawan disambut dengan jalur lain. Saat ini akses menuju Pantai Parang Kursi hanya melalui jalan setapak di Dusun Ringinagung atau di Desa Pesanggaran.

Biaya masuk ke Pantai Parang Kursi

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka pantai Parang Kursi

Tips Liburan ke Pantai Parang Kursi

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik
  • Persiapkan daya tahan tubuhmu yang prima
  • Berhati-hatilah saat mengambil foto di bebatuan
  • Lebih baik bawa makanan dan minuman bersamamu
  • Awasi anak-anak Anda saat bermain di pantai

Galeri foto pantai Parang Kursi

Selamat datang di Pantai Parang Kursi
Foto pantai Parang Kursi
potret pengunjung
bebatuan di pantai
Sepeda motor menuju Pantai Parang Kursi
berburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button