Tempat Wisata

Pantai Parangtritis Jogja – Objek wisata, petunjuk arah, tiket dan aktivitas

Objek Wisata, Lokasi Rute, Tiket Masuk dan Aktivitas – Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon wisata di Jogja yang menawarkan panorama laut yang indah dan matahari terbenam yang mempesona serta lekat dengan mitos Nyi Roro Kidul.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Berwisata ke Yogyakarta belum lengkap rasanya tanpa mampir ke Pantai Parangtritis. Saking romantisnya, destinasi bahari ini banyak dikunjungi wisatawan. Banyak pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri.

Terletak di Yogyakarta, pantai ini dikenal sebagai permata pantai selatan Pulau Jawa. Dengan hamparan pasir hitamnya yang luas, suara deburan ombak Samudera Hindia yang khas, serta siluet matahari terbenam yang mempesona, pantai ini juga sarat dengan cerita mitologi dan kepercayaan lokal tentang Nyi Roro Kidul, ratu pantai selatan.

Suasana mistis dan keindahan alam menjadikan Pantai Parangtritis sebagai destinasi wajib bagi setiap pengunjung yang datang ke Yogyakarta. Berikut ulasan lengkapnya!

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Parangtritis

Pantai Parangritis JogjaFoto: Instagram/Intoro Adja

Pantai Parangtritis terletak di sebelah selatan Pulau Jawa dan merupakan pantai terluas di wilayah Yogyakarta. Berikut beberapa daya tarik pantai di Jogja ini yang menjadikannya destinasi wisata populer banyak orang.

Pantai yang menghadap Samudera Hindia

Pantai Parangtritis Jogja terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, artinya pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Topografinya yang landai menawarkan pemandangan laut lepas yang mempesona, menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Samudera Hindia.

Terkenal dengan mitosnya

Pantai Parangtritis mempunyai sejarah misterius yang dikaitkan dengan masyarakat setempat. Salah satunya adalah legenda populer Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Dipercaya bahwa orang dilarang mengenakan pakaian berwarna hijau di pantai ini karena warna tersebut dianggap sebagai warna kesukaan Nyi Roro Kidul dan dapat menarik perhatiannya.

Ada palung yang berbahaya

Meski keindahannya memikat, pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang ganas. Lembah bawah laut di pantai ini sering menimbulkan gelombang kuat yang disebut arus RIP. Bagian pantai yang ombaknya relatif tenang justru bisa menjadi jebakan berbahaya karena bisa menyeret orang ke laut.

Tempat yang indah untuk menyaksikan matahari terbenam

Dengan letaknya yang menghadap ke barat, Pantai Parangtritis tentu menawarkan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa. Banyak wisatawan yang sengaja menunggu untuk merasakan indahnya senja di sini.

Bukit pasir yang menakjubkan

Selain pantainya, Parangtritis juga terkenal dengan bukit pasirnya, yaitu formasi pasir yang terbentuk oleh angin. Kawasan ini menawarkan nilai tambah bagi wisatawan. Banyak aktivitas menarik di sini, mulai dari berfoto, berkeliling dengan jeep wisata, hingga selancar pasir di bukit pasir.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai ParangritisFoto: Instagram/Natsir Dabey

Untuk menuju kawasan ini Anda bisa memilih antara dua jenis kendaraan. Jenis kendaraan tersebut antara lain kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, serta angkutan umum yang terdapat di dalam kota.

Angkutan umum yang dimaksud disini adalah Trans Jogja dan juga bus yang menghubungkan ke pantai dengan pemandangan indah ini. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum untuk menjangkau kawasan wisata lain di kawasan yang sama.

Misalnya saja Pantai Parangkusumo, Gumuk Pasir dan juga destinasi wisata bernama Rumah Tembi. Contoh rute yang bisa ditempuh menggunakan angkutan umum adalah berangkat dari kawasan Malioboro terlebih dahulu menuju Terminal Giwangan.

Baru setelah sampai di terminal Giwangan Anda bisa berganti kendaraan menjadi bus untuk menuju tempat wisata populer di kawasan Yogyakarta ini. Jika Anda menggunakan angkutan umum, sebaiknya pilih waktu sebelum jam 5 pagi.

Dengan cara ini Anda bisa naik bus yang akan membawa Anda langsung ke pantai. Anda yang menggunakan kendaraan pribadi juga bisa memulai perjalanan dari kawasan Malioboro.

Biaya masuk ke pantai Parangtritis

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, diperlukan tiket terlebih dahulu untuk mengakses kawasan pantai. Harga tiket masuk ke kawasan wisata ini juga cukup terjangkau. Dengan nilai nominal yang ada Anda mendapatkan pemandangan alam yang indah. Agar liburanmu semakin menyenangkan, kamu juga bisa merencanakan budget yang dibutuhkan jauh-jauh hari.

Biaya anggaran meliputi biaya transportasi dari Malioboro, tiket masuk, biaya akomodasi dan biaya pembelian kuliner di kawasan pantai. Dengan asumsi total biaya tidak lebih dari 500.000 rupiah. Tentu saja nilai tersebut juga tergantung pada jenis akomodasi yang dipilih dan hidangan kuliner yang dibeli. Dana untuk oleh-oleh yang ingin dibawa pulang juga bisa diperhitungkan terlebih dahulu.

Aktivitas seru di Pantai Parangtritis

Aktivitas pantai ParangritisFoto: Instagram/Wisata Pantai Parangtritis

Ada banyak aktivitas menarik dan seru yang bisa Anda coba di Pantai Parangtritis. Mulailah mencari spot foto yang dikelilingi pemandangan khas pantai laut selatan. Di kawasan wisata ini Anda juga bisa mencari kuliner lezat khas daerah pantai. Sebut saja masakan lezat berbahan dasar ikan pari, cumi, udang dan berbagai jenis ikan lainnya.

Anda juga bisa menikmati sajian ini di pinggir pantai sambil menikmati panorama alam yang indah. Tak kalah serunya bermain olah raga seperti sepak bola di pinggir pantai bersama keluarga. Di pantai yang anginnya cukup kencang ini, Anda juga bisa memainkan permainan legendaris sejak kecil berupa layang-layang.

Selain itu, saat berkunjung ke Wisata Jogja, Anda bisa mencoba menyewa ATV untuk menjelajahi pantai. ATV (All Terrain Vehicle) sendiri merupakan jenis kendaraan bermotor beroda empat. Dengan kendaraan ini Anda dapat mengunjungi resor pantai besar tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menaiki kereta atau menunggang kuda di hamparan pantai yang selalu ramai pengunjung ini.

Jika Anda menyukai suasana senja, pantai populer ini adalah tempat yang tepat untuk Anda. Karena saat senja pemandangan matahari terbenam begitu mempesona. Sambil duduk-duduk di pasir pantai, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam. Momen matahari terbenam di Pantai Parangtritis pun banyak diabadikan oleh pengunjung yang datang ke sana.

Akomodasi murah dekat pantai

Akomodasi di pantai ParangritisFoto: Instagram/Homestay Kota Jogja

Bagi Anda yang berminat menginap di kawasan pantai eksotis ini, ada berbagai homestay yang bisa Anda kunjungi. Harga akomodasi di tempat ini juga cukup normal dan sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Anda juga dapat memilih jenis keluarga angkat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di zaman modern ini, banyak juga cara untuk memesan akomodasi secara tepat waktu. Cara ini tentu akan memudahkan Anda menginap di kawasan wisata ini. Cara sederhana ini membuat proses pemesanan menjadi lebih praktis dan mudah.

Jika Anda menginap di kawasan wisata ini, liburan Anda pasti akan memuaskan. Pemandangan pantai pinggir laut selatan Pulau Jawa tentu tidak boleh Anda lewatkan.

Jika Anda berencana berwisata ke pantai ini selama beberapa hari, selain mencari akomodasi, Anda juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan. Misalnya topi pantai, baju ganti, sandal dan masih banyak lagi. Dengan perlengkapan yang lengkap tentunya akan menambah kenyamanan liburan anda dan tidak akan terlupakan di kemudian hari.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Parangtritis

Fasilitas Pantai ParangritisFoto: Instagram/Yuniar Novitasari

Sesuai dengan popularitasnya, Pantai Parangtritis juga memiliki berbagai fasilitas yang bisa digunakan wisatawan. Diharapkan dengan adanya fasilitas yang ada di pantai ini, pengunjung akan betah berlama-lama dengan pemandangan yang eksotis tersebut. Pembangunan dan peningkatan berbagai fasilitas di pantai dengan panorama menarik ini juga terus diupayakan hingga saat ini.

Beberapa fasilitas yang akan Anda temukan di pantai eksotis ini antara lain tempat parkir, toilet, kamar kecil dan juga mushola. Selain itu, kawasan pantai telah dilengkapi dengan pos pengamatan SAR yang dibangun khusus untuk meningkatkan keselamatan pengunjung. Pasalnya, ombak di kawasan Pantai Parangtritis diketahui cukup besar karena datang langsung dari laut selatan.

Fasilitas berupa akomodasi dan warung makan juga banyak terdapat di kawasan pantai ikonik Yogyakarta ini. Masyarakat di sekitar kawasan pantai Kota Pelajar juga terkenal dengan keramahannya sehingga membuat Anda betah saat berwisata di kawasan tersebut. Dengan fasilitas yang mendukung serta keramahan penduduk setempat, sayang jika tempat wisata ini dilewatkan.

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi salah satu pantai di kawasan Yogyakarta. Misalnya saja melihat matahari terbenam di Pantai Parangtritis Jogja dan juga mencoba mengendarai andong, kuda atau kendaraan 4×4 mengelilingi kawasan pantai. Bagi Anda yang ingin menginap di tempat ini, banyak juga homestay yang bisa dipilih. Ketika Anda mengunjungi kawasan wisata populer ini Anda akan mendapatkan fasilitas terbaik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button