Tempat Wisata

Pantai Payung, tempat favorit untuk menikmati panorama laut yang indah di Batam

Pantai Payung memiliki suasana alam yang asri dan menenangkan. Destinasi wisata ini merupakan tempat yang paling cocok untuk para penggemar sunset dan sunrise!

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kampung Melayu, Batu Besar, Batam, Kota Batam, Kepulauan Riau; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Payung menawarkan ketenangan di tengah hiruk pikuk Kota Batam. Wisata laut ini akan memukau semua orang. Pasirnya putih bersih, rimbun pepohonan di sudut pantai, ombaknya juga besar dan masih banyak lagi makanan laut Makanan pembuka pasti akan membuat wisatawan betah berlibur.

Lokasinya berada di kawasan Kampung Melayu dan juga dekat dengan berbagai destinasi lainnya. Jalan-jalan ke pantai cantik ini dijamin seru, meski cuaca agak pelit. Wisatawan dapat mengunjungi pantai populer ini kapan pun mereka mau.

Daya tarik pantai ini menyebabkan banyak orang yang mengunjunginya. Meski begitu, nuansa alamnya tetap terjaga, jadi sepertinya menyenangkan menghabiskan waktu di sini. Beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini juga jadi daya tarik tersendiri!

Daya tarik yang dimiliki Pantai Payung

Daya tarik yang dimiliki Pantai PayungKredit foto: Google Maps Agus Rivai

Wisata Pantai Payung memang berhasil menarik perhatian banyak wisatawan mancanegara, bukan tanpa alasan. Destinasi bahari ini memiliki beragam keunikan yang sulit ditolak. Berikut beberapa daya tarik destinasi wisata pantai di Batam ini, yaitu:

1. Keindahan alam yang terjaga

Destinasi wisata bahari ini memiliki keindahan alam yang terjaga meski sudah dikenal masyarakat dan ramai pengunjung. Hamparan pasir putih yang luas di sepanjang bibir pantai terlihat indah dengan ombak yang tenang.

Tidak ada garis lengkung yang menghalangi pemandangan laut, sehingga semua keindahannya dapat terlihat. Airnya jernih, pasir putih dan berbagai biota ditemukan di pantai saat air surut.

Melihat sudut lain, deretan pohon bakau dan kelapa juga memanjakan mata Anda. Pemandangan ini membuatnya semakin indah dan menenangkan. Sempurna untuk liburan dan istirahat untuk hati dan pikiran!

2. Ombaknya tidak terlalu besar dan terbilang tenang

Terkadang wisatawan enggan ke pantai karena tidak bisa berenang atau takut tersapu ombak. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan di Pantai Payung, karena ombaknya tidak terlalu besar, bahkan cukup tenang.

Air laut dan ombaknya relatif tenang, sehingga bisa digunakan untuk berenang atau aktivitas pantai lainnya. Mulai dari pantai menuju tengah juga terbilang datar. Sangat cocok untuk permainan air bukan?

Namun, berhati-hatilah saat bermain di pantai. Jika Anda membawa anak-anak bermain air di pantai, pastikan untuk selalu mengawasi mereka.

3. Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang mempesona

Siapa yang bisa menolak keindahan fenomena matahari terbit dan terbenam setiap harinya? Pantai adalah tempat yang paling populer dan cocok untuk mengamatinya. Pantai Payung di Batam menawarkan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Sedangkan pada sore hari, wisatawan bisa merasakan keajaiban langit sore bersamaan dengan matahari terbenam. Semilir angin pantai dan deburan ombak menambah nyaman suasana di sini. Bagus untuk bersantai!

Setiap pengunjung bisa datang dan duduk santai di tepi pantai sambil menunggu matahari terbenam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PayungKredit foto: Google Maps kumala Surya Putri

Pantai Batam yang indah ini terletak di kawasan Kampung Melayu, Desa Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau. Destinasi wisata pantai ini bisa dijangkau dari berbagai daerah.

Bandara Internasional Hang Nadim bisa dijadikan patokan lokasi Pantai Payung. Tempat ini hanya berjarak sekitar 7 km dan dapat dicapai dengan taksi atau kendaraan pribadi. Cukup sulit menemukan angkutan umum di jalur tersebut, jadi lebih baik menyewa mobil.

Di jalur Hang Nadim menuju Kampung Melayu tidak banyak tikungan yang harus dilalui. Itinerary ini melintasi jalan menuju Hang Tuah, memasuki Jalan Kesturi, maka wisatawan bisa langsung melihat keindahan pantai yang mempesona.

Jika masih bingung, gunakan saja aplikasi google maps atau aplikasi petunjuk arah lainnya untuk menuju pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket masuk Pantai Payung mulai dari Rp 5.000 per orang. Ada juga biaya tambahan untuk layanan parkir kendaraan. Biasanya pihak pengelola mengenakan biaya parkir sekitar Rp 1.000 hingga Rp 5.000 tergantung jenis kendaraan.

Biaya ini sudah termasuk fasilitas berupa gazebo di pinggir pantai. Penyewaan terpisah tidak diperlukan jika Anda ingin bersantai di gazebo dan melindunginya dari sinar matahari langsung.

Wisatawan juga dapat berkunjung kapan saja setelah waktu luang. Pantai indah ini buka 24 jam sehari, memberi Anda kesempatan lebih lama untuk bersenang-senang.

Aktivitas menarik di Pantai Payung

Aktivitas menarik di Pantai PayungKredit foto: Google Maps sanzi faredy

Berlibur atau jalan-jalan ke Pantai Payung pasti akan membuat jantung Anda berdegup kencang. Apa yang bisa membuat liburan di pantai indah ini semakin tak terlupakan?

1. Berkemah

Apakah Anda ingin mencoba tantangan baru dengan menghabiskan malam di pantai? Pantai di sekitar Kampung Melayu bisa menjadi tempat yang indah. Persiapkan peralatan dari rumah, ajak teman dekat, lalu nikmati waktu terbaik.

Saat malam tiba, suasana di Pantai Payung semakin sejuk. Destinasi ini masih asri dan jauh dari perkotaan, sehingga bintang di langit bisa terlihat lebih jelas di malam hari. Berkemah lebih menyenangkan saat makanan dan minuman panas serta cerita diceritakan atau dinyanyikan.

2. Bola Voli Pantai

Kegiatan di Pantai Payung tidak lengkap tanpa olahraga voli air. Hal ini dikarenakan wilayah pesisir yang cukup luas dan memiliki lingkungan yang bersih. Oleh karena itu, voli pantai bisa menjadi pilihan seru untuk menghabiskan musim liburan agar lebih seru.

Tidak perlu memaksakan diri bermain voli pantai saat sulit ditemukan. Menggantinya dengan bola plastik tetap akan membawa keceriaan baru, asalkan dilakukan dengan orang-orang terdekat.

Pilih tempat yang sedikit di atas air, sejauh mungkin dari keramaian. Wisatawan biasanya berkumpul di tengah kawasan pantai untuk menghabiskan waktu.

3. Mencoba jajanan kuliner yang berbeda

Berwisata belum lengkap rasanya tanpa mencoba berbagai jajanan yang ditawarkan di tempat wisata. Wisata kuliner juga bisa jadi kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan.

Berbagai persiapan makanan laut menjadi daya tarik umum untuk dicicipi di Pantai Payung, mulai dari ikan hingga kepiting. Ada juga es kelapa muda yang segar untuk melegakan tenggorokan saat cuaca sangat panas.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas di Pantai PayungKredit foto: Google Maps Hendro Sairin

Berbagai fasilitas bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menikmati waktu di pantai yang mempesona ini. Fasilitas apa saja yang dapat digunakan? Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata pantai ini, yaitu:

  • paviliun
  • Tempat sampah
  • toilet atau kamar mandi
  • Restoran dan warung makan
  • Tempat parkir yang luas

Semua fasilitas yang ada dikelola oleh pengelola pantai. Meskipun demikian, seluruh wisatawan diharapkan untuk menjaga kebersihan kawasan pantai agar dapat digunakan dengan nyaman untuk berwisata dan bersantai.

pantai payung merupakan tempat yang sangat menggoda untuk dijadikan referensi liburan di Batam. Daripada selalu stuck di tengah kota yang padat dan sibuk. Bukankah berhenti di sini akan menjadi istirahat singkat terbaik setelah rutinitas yang berulang?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button