Tempat Wisata

Pantai Pelangi Muara Badak – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp30.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanjung Limau, Kec. Muara Badak, Cab.Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Ada banyak jenis tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi di pulau kalimantan. Pulau Kalimantan memiliki banyak fitur air yang menakjubkan, itulah sebabnya pulau ini dijuluki pulau seribu sungai. Tidak sulit menemukan pasar terapung di tempat ini.

Salah satu destinasi wisata terpopuler yang menarik perhatian wisatawan adalah Pantai Pelangi di Muara Badak, Kutai Kartanegara. Pantai ini telah lama dikenal sebagai tempat yang populer bagi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Hal ini tak lepas dari panorama alam menakjubkan yang ditawarkan tempat wisata ini.

Anda yang berkunjung ke tempat tersebut bisa bersantai bersama keluarga atau teman sambil menikmati keindahan alamnya. Ada juga banyak kesenangan yang bisa didapat. Di bawah ini kami akan membahas lebih detail tentang atraksi, harga tiket untuk mengunjungi tempat wisata dan sebagainya.

Daya tarik Pantai Pelangi

Atraksi Pantai PelangiKredit foto: Google Maps Murdi

1. Panorama alam yang indah

Pantai Pelangi Muara Badak merupakan sebuah pantai yang berada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Timur. Cukup banyak wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke tempat ini. Tentunya hal ini tidak terlepas dari daya tarik yang ditawarkan Pantai Pelangi. Salah satu daya tariknya adalah panorama alam yang mempesona.

Anda tidak perlu meragukan keindahan alam tempat ini. Warna pasirnya yang putih bersih dan birunya laut merupakan perpaduan yang begitu indah sehingga tidak akan pernah bisa Anda lupakan. Saat menginjakkan kaki di pantai untuk pertama kalinya, Anda akan terpesona.

Di pesisir pantai Anda akan menjumpai pohon pinus yang berjejer rapi seolah menyambut kedatangan wisatawan. Apalagi menjelang matahari terbit dan terbenam Anda sudah bisa merasakan keindahan pulau ini. Di momen-momen tersebut, pantai mengungkap pesonanya yang menakjubkan.

tempat ke-2 berkemah

Daya tarik berikutnya yang juga ditawarkan Pantai Pelangi adalah Anda akan menemukan tempat perkemahan. Berbeda dengan pantai-pantai lain di kawasan Kalimantan Timur, Pantai Pelangi memungkinkan Anda menikmati kegiatan berkemah untuk lebih mempererat kekompakan.

Menikmati keindahan pantai di malam hari di tenda dan ditemani api unggun adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Bagi Anda yang sangat senang melakukan aktivitas tersebut, sangat disarankan untuk mengikuti aktivitas ini di Pantai Pelangi.

3. Hutan bakau

Seperti kita ketahui bersama, Pulau Kalimantan memang merupakan pulau terbesar di Indonesia dan juga disebut-sebut sebagai paru-paru dunia karena lahan hijau yang dimilikinya mencapai lebih dari empat juta hektar. Ruang hijau yang membentang begitu jauh ini juga bisa Anda temukan di Pantai Pelangi.

Hutan mangrove yang begitu indah akan memukau setiap orang saat melihatnya. Keberadaan hutan bakau ini sebenarnya memberikan dampak yang sangat positif dalam menghasilkan udara bersih bagi daerah sekitarnya. Selain itu, banyak terdapat pohon pinus di pinggir pantai yang menambah kesejukan kawasan tersebut.

Nah, bagi Anda yang merupakan penduduk kota dan jarang menghirup udara segar, maka berkunjung ke tempat ini akan membuat Anda bisa menikmati udara yang sejuk. Anda bisa bersantai di tempat ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat: Pantai Pelangi Muara BadakKredit foto: Google Maps Yusuf Arif Setiawan

Pantai Pelangi memang diakui sebagai salah satu tempat wisata yang sangat menakjubkan. Seperti yang sudah disebutkan diatas, Pantai Pelangi terletak di Kalimantan Timur yaitu di Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara. Berangkat dari Kota Samarinda, jarak tempuh menuju objek wisata sekitar 58 km.

Selain itu akses jalan yang harus dilalui cukup mudah karena jalan sudah diaspal. Namun nantinya Anda harus melanjutkan perjalanan dengan perahu bermesin. Dibutuhkan setidaknya 1,5 jam untuk sampai ke pantai ini dari Kota Samarinda. Dengan indikasi 1 jam perjalanan dari Samarinda dan sekitar 30 menit menuju pantai.

Meski perjalanan terasa agak lama dan melelahkan, semua lelah dan penat Anda akan terbayar setibanya di tempat wisata. Nantinya, untuk mengunjungi pantai ini, Anda perlu menaiki kendaraan roda dua dari Kota Samarinda menuju dermaga di desa Pangempang.

Setelah sampai di dermaga, lanjutkan perjalanan dengan perahu motor menuju kabupaten Muara Badak. Tiba di Pantai Pelangi membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan perahu. Selama perjalanan Anda dapat melihat keindahan alam daerah tersebut.

Padahal, meski perjalanannya cukup panjang, tidak sedikit wisatawan yang rela mengunjungi tempat ini. Mengenal betul atraksi yang ditawarkan Pantai Pelangi, wisatawan tidak main-main sehingga tidak ragu untuk berwisata cukup jauh.

Bagi Anda yang masih bingung dengan rute menuju dermaga, Anda bisa menggunakan Google Maps. Menggunakan fitur yang disediakan oleh Google ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menemukan lokasi.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Pelangi Muara Badak, nantinya akan dikenakan biaya masuk. Namun Anda tidak perlu khawatir karena biaya masuknya cukup terjangkau.

Anda hanya perlu menyiapkan budget Rp 30.000 untuk menyeberang dengan kapal motor dari dermaga menuju pantai. Harganya cukup bersahabat dan tidak akan menguras kantong Anda. Jadi jangan ragu untuk mengunjungi Pantai Pelangi saat liburan tiba.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Pelangi

Kegiatan Menyenangkan Pantai PelangiKredit foto: Google Maps Azhari Al-Batawi

1. Nikmati pemandangannya

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Pelangi. Salah satu kegiatan tersebut adalah menikmati pemandangan yang ditawarkan pantai.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Pantai Pelangi menawarkan panorama yang begitu menakjubkan dan mampu memikat setiap wisatawan yang berkunjung.

Wajar saja, karena di sini Anda akan menemukan pasir putih yang begitu halus dan juga deretan pohon pinus yang berdiri berdekatan seolah menantang ombak. Para wisatawan bisa melihat hamparan lautan.

Jika Anda datang bersama keluarga, Anda bisa bersantai dan menikmati angin sejuk. Suara ombak yang saling menerjang membuat suasana terasa begitu santai. Di tempat ini juga terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk bersantai bersama keluarga atau pasangan.

2. Berkemah di sekitar pantai

Kegiatan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah berkemah. Kegiatan ini membedakan Pantai Pelangi dengan pantai-pantai lain di Pulau Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur. Kegiatan berkemah diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Muara Badak.

Saat camping bersama, hal ini sangat berpengaruh dalam mempererat rasa kebersamaan. Anda yang tertarik untuk mengikuti kegiatan camping di tepi Pantai Pelangi dipersilakan untuk bergabung.

3. Berburu foto keren

Para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tentunya tidak akan menyia-nyiakan kegiatan hunting fotonya. Di Pantai Pelangi kamu akan menemukan banyak spot foto yang instagramable.

Salah satunya adalah pohon bakau yang tumbuh di dekat pantai. Memotret dengan latar belakang pohon bakau memberikan gambar yang begitu indah. Untuk itu, jangan lupa membawa kamera jika memutuskan untuk mengunjungi Pantai Pelangi.

4. Menginap di area pantai

Di kawasan Pantai Pelangi Muara Badak, Anda juga bisa menemukan berbagai jenis penginapan yang menawarkan fasilitas lengkap. Tentunya di penginapan ini pengunjung yang ingin menginap tidak perlu merasa kerepotan. Anda bisa menikmati fasilitas seperti WiFi gratis, tempat parkir yang luas, shower air panas, AC, dll.

Selain itu, penawaran layanan penginapan sangat optimal. Anda benar-benar akan dimanjakan seperti bangsawan. Harga akomodasi di pantai ini cukup terjangkau. Oleh karena itu, Anda dijamin tidak akan kecewa jika bermalam di pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Pelangi Muara BadakSumber gambar: Google Maps Widodo Hermanto

Sebagai salah satu pantai yang dikelola secara profesional, Pantai Pelangi memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai. Meski pantai ini jauh dari pusat Kota Samarinda, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah fasilitas tersebut.

Fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir dan mushola tersedia di lokasi tersebut. Selain itu, tersedia gazebo bagi pengunjung yang ingin bersantai bersama orang tersayang.

Ada juga warung makan yang menyajikan makanan khas Kalimantan Timur. Menikmati sajian khas dari pulau Kalimantan dengan pemandangan pantai memang tidak boleh dilewatkan.

Itu tadi ulasan Pantai Pelangi Muara Badak lengkap yang wajib Anda ketahui. Jika Anda sedang berkunjung ke Kalimantan Timur, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak ke pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button