Tempat Wisata

Pantai Peyuyon, pantai indah dengan keindahan biota laut di Gunung Kidul

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Pantai Peyuyon, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau ada surga tersembunyi di Gunung Kidul ini. Tidak banyak turis, hal ini dikarenakan lokasinya yang terpencil. Kawasannya pada umumnya tidak seperti pantai-pantai di Jogja, disini hanya beberapa puluh meter panjangnya dan beberapa meter lebarnya.

Namun, ada banyak keindahan yang akan Anda temukan di sini. Mereka yang mengharapkan liburan santai, silakan datang untuk menghirup udara segar alami. Tapi Anda harus rela melakukan perjalanan cukup lama. Perjalanan ini harus dilakukan dengan berjalan kaki, medannya cukup sulit.

Keindahan yang disuguhkan membuat beberapa pengunjung rela bersusah payah selama berkendara menuju Pantai Peyuyon yang indah ini. Selain itu, perjalanan menjadi tidak begitu melelahkan karena terabaikan oleh pesona perbukitan yang indah. Pepohonan rindang hijau selalu menemani perjalanan sekaligus berperan sebagai penghibur.

Daya tarik Pantai Peyuyon

Daya Tarik Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit foto: Google Maps Arkan Narendra

Sebelum mengunjungi objek wisata apapun, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja objek wisata tersebut. Hal ini juga berlaku untuk Pantai Peyuyon Gunung Kidul. Bukaan kecil di bagian atas justru menggambarkan daya tarik yang dimaksud. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan baca poin-poin berikut ini!

1. Diapit oleh tebing-tebing eksotis

Atraksi pertama yang langsung Anda lihat saat tiba di tempat tersebut adalah dua tebing eksotis yang mengapitnya. Tebing ini merupakan batuan karst yang memang banyak terdapat di daerah Jogja dan sekitarnya. Banyak pantai indah di Jogja yang dikelilingi perbukitan seperti itu, bahkan ada yang mustahil untuk dikunjungi karena tidak ada akses.

Meski banyak pantai yang diapit oleh tebing-tebing eksotis, namun masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Misalnya, salah satu tebing di Pantai Peyuyon memiliki kemiringan yang dalam. Dari kejauhan memang terlihat seperti gua, tempat ini biasa digunakan untuk berkemah oleh wisatawan yang ingin bermalam.

2. Pemandangan Pantai Peyuyon

Tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Keindahan yang dimaksud adalah tebing-tebing yang menjulang tinggi, tampilannya sungguh eksotik. Batu-batu karst yang berwarna putih seolah menyatu dengan pepohonan hijau yang tumbuh subur di atasnya. Rerumputan dan semak-semak sepertinya tak mau menahan diri untuk ikut berpartisipasi.

Tak hanya itu, air lautnya yang terlihat jernih pun tak kalah indah. Warnanya biru yang indah, sesekali diwarnai putih dari buih yang timbul dari ombak atau ombak. Meski tidak banyak dijumpai bebatuan, namun keberadaannya dapat mempercantik pemandangan Pantai Peyuyon.

3. Banyak ditemukan biota laut

Daya tarik lainnya adalah Pantai Peyuyon Gunung KidulSumber gambar: Google Maps Satria Raka Siwi

Pantai eksotis di Gunung Kidul ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun tetap saja ada orang yang datang setiap hari untuk merasakan keindahannya. Selain atraksi di atas, keberadaan biota laut juga menjadi salah satu alasan lainnya. Tidak banyak pantai yang masih dihuni oleh makhluk laut.

Di sini Anda dapat dengan mudah menemukan gurita yang tersangkut di balik bebatuan. Ada juga ikan-ikan kecil yang berlindung di antara bebatuan, serta berbagai jenis kerang. Biota laut ini sangat terlihat karena air lautnya yang biru dan jernih. Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan bulu babi bersembunyi di balik bebatuan.

4. Kondisi tenang dan damai

Seperti yang sudah disebutkan, Pantai Peyuyon masih jarang dikunjungi wisatawan. Yang datang biasanya dari daerah sekitar desa, namun ada juga yang sengaja datang dari jauh. Sekilas, ini bukan daya tarik, justru sebaliknya. Minimnya pengunjung membuat suasana sepi dan damai.

Wisatawan yang mencari kedamaian dan ketenangan ada di tangan yang baik di sini. Merasakan hembusan angin sambil bersantai bisa menenangkan pikiran yang galau. Pemandangan hijau tumbuhan, birunya air laut, dan putihnya pasir dijamin akan menyembuhkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Peyuyon Gunung KidulSumber gambar: Google Maps Nafis Hidayat

Pantai Peyuyon terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Dibutuhkan 1 jam dari pusat Gunung Kidul karena jarak tempuh sekitar 25 kilometer. Waktu ini bisa lebih lama atau lebih pendek tergantung pada kecepatan kendaraan dan kondisi jalan.

Karena pantai ini belum begitu terkenal, Anda bisa berkendara menuju Pantai Widodaren. Bisa dibilang kedua pantai ini bertetangga, tempat parkirnya sama. Namun, Anda harus berjalan kaki dari pantai tetangga ini, karena belum ada sambungan jalan untuk kendaraan bermotor.

Anggap saja Anda berada di pusat kota, silahkan menuju ke arah Pantai Baron. Selanjutnya silahkan menuju Jalan Pantai Selatan Jawa, ikuti jalur utama atau menyusuri jalan raya. Kemudian arahkan kendaraan ke Ngresik Kanigoro, letak pantai tidak jauh dari kawasan ini. Anda juga dapat menggunakan Google Maps atau aplikasi sejenis.

Biaya masuk ke Pantai Peyuyon

Tiket Masuk Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit foto: Koleksi Google Maps Aurora Kids

Sampai saat ini belum ada biaya masuk untuk masuk ke Pantai Peyuyon. Anda bebas memasuki tempat wisata ini jika tidak ragu untuk melakukan perjalanan cukup jauh. Namun karena lokasinya dekat dengan Pantai Widodaren, Anda harus membayar biaya untuk mengakses pantai tetangga ini.

Pastinya tidak mahal, karena pantai-pantai di Jogja pada umumnya hampir sama mahalnya. Anda hanya perlu membayar 5.000 rupiah per orang untuk menikmati dua keajaiban pantai yang luar biasa. Biaya tambahan yang dibutuhkan hanyalah biaya parkir yang juga murah, 2.000 sepeda motor dan 5.000 mobil.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Peyuyon

Aktivitas di Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit foto: Google Maps Luqman Aris Widodo

Pantai Peyuyon cocok untuk segala aktivitas yang berhubungan dengan kesenangan. Tentunya Anda tidak hanya tertarik pada pesona yang seharusnya dimiliki? Penting juga untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan. Pantai yang indah ini tidak cocok untuk berenang, tetapi ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

1. Pendakian gunung

Mendaki gunung adalah aktivitas pertama yang dijamin seru sekaligus membosankan. Pendakian ini dilakukan selama perjalanan ke lokasi. Ini harus dilakukan karena pantai berada di belakang bukit. Perjalanannya dijamin tidak akan melelahkan, bahkan bisa dibilang sangat seru.
Pasalnya, banyak keindahan yang selalu mengiringi setiap langkah ayunan itu.

2. Memancing

Jika Anda suka memancing, jangan lupa membawa perlengkapan sendiri dari rumah. Pantai Peyuyon dikelilingi oleh bukit-bukit yang agak tinggi yang kakinya dicelupkan ke dalam air yang dalam. Biasanya ikan bersembunyi di balik bebatuan untuk mencari makan atau menghindari predator. Namun harus hati-hati, karena sering terjadi ombak yang tinggi.

3. Berkemah

Ada dua pilihan kegiatan camping yaitu di atas bukit dan di pinggir pantai yang indah ini. Saat air pasang, ada baiknya memilih spot yang lebih aman yaitu di atas bukit. Tapi jika air surut, berkemah di pantai tidak masalah. Sensasi camping di pinggir pantai benar-benar berbeda karena kali ini selalu diiringi suara deburan ombak.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai Peyuyon Gunung KidulKredit foto: Google Maps Wulan Dewi Siti Khotimah

Keindahan dan pesona Pantai Peyuyon tidak dilengkapi dengan fasilitas yang memadai sehingga sangat disayangkan. Anda tidak akan menemukan fasilitas apapun, hanya pasir dan ombak yang bergulung. Namun jangan khawatir, fasilitas seperti tempat parkir, toilet, mushola, dan warung makan mudah ditemukan di Pantai Widodaren.

Mengunjungi objek wisata saat liburan tiba memang sangat penting. Tidak harus setiap liburan, namun sesekali tetap dibutuhkan untuk melepas penat sehari-hari. Dari sekian banyak objek wisata di Jogja, Pantai Peyuyon bisa dijadikan alternatif karena keindahannya dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk mengunjunginya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button