Tempat Wisata

Pantai Plengkung, pantai eksotis dan tempat selancar populer di Banyuwangi

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlim, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Nama Pantai Plengkung diambil dari bentuk pantai yang melengkung oleh warga Banyuwangi. Dilihat dari satelit, pantai ini memiliki bentuk seperti huruf G terbalik. Posisi ini membuat ombak di pantai ini sangat tinggi, bahkan hingga 8 meter. Ombaknya yang tinggi membuat pantai ini terkenal sebagai tempat terbaik untuk aktivitas selancar.

Pantai ini juga sering disebut sebagai G-Land. Itu karena ada beberapa versi, bukan hanya karena bentuknya seperti huruf G yang terbalik. Ada yang mengatakan bahwa G-Land berasal dari nama teluk, yaitu Grajagan. Ada juga yang beranggapan bahwa G-Land berasal dari kata Green karena pantai ini dikelilingi oleh hutan tropis. Ada juga yang menyebut G-Land hebat dari kata karena ombaknya yang tinggi.

Pantai Plengkung sendiri dikelola oleh PT. Plengkung Indah Wisata sejak tahun 1990. Dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap. Karena pantai ini sudah terkenal di luar negeri, beberapa tempat seperti akomodasi, bar dan lain-lain menggunakan dolar AS sebagai alat pembayaran.

Daya Tarik Pantai Plengkung

Atraksi Pantai PlengkungKredit foto: Google Maps Barra 110117

Pantai Plengkung adalah salah satu pantai paling terkenal di dunia di kalangan peselancar. Sebagai ajang kompetisi selancar internasional, daya tarik di pantai ini dengan keindahannya tentu juga patut untuk dikunjungi. Berikut beberapa objek wisata yang menjadikan pantai ini sebagai primadona di dalam dan luar negeri.

1. Gelombang

Daya tarik utama Pantai Plengkung adalah ombaknya yang sangat cocok sebagai tempat berselancar. Ombak di pantai ini juga merupakan spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan termasuk dalam 7 terbaik di dunia. Ombak di pantai ini besar dan stabil, bahkan setinggi 4 hingga 8 meter dengan panjang 2 kilometer.

Ada tiga tingkat ombak di pantai ini. Yang pertama adalah Kong Waves, ketinggian gelombang mencapai 6 hingga 8 meter. Level kedua adalah Speedis Waves dengan ketinggian ombak 5 hingga 6 meter. Level terakhir adalah Many Track dengan ketinggian 3 sampai 4 meter. Level terakhir ini biasanya digunakan untuk para pemula untuk meningkatkan kemampuan surfing mereka.

2. Keindahan pantai

Pantai ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Dengan pasir putihnya, pengunjung yang tidak bisa berselancar bisa duduk di tepi pantai dan menikmati keindahan yang ada di sana. Saat matahari terbenam, pemandangan ini semakin indah. Dengan matahari yang kekuningan mulai tenggelam di antara lautan, pemandangan ini sangat memukau bagi pengunjung.

3. Cantik

Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo sehingga banyak terdapat pepohonan yang membuat kawasan ini asri. Jika tidak menggunakan transportasi yang disediakan pengelola taman nasional, pengunjung bisa melacak. Perjalanan akan terasa lebih menantang dan sekaligus Anda bisa merasakan suasana hutan dalam perjalanan menuju lokasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PlengkungKredit foto: Google Maps mohammad taufiqurahman

Pantai Plengkung Banyuwangi terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Untuk mencapai lokasi, Anda bisa menggunakan dua jalur yaitu jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur darat bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Angkutan umum berupa bus juga tersedia.

Jika Anda datang dari Banyuwangi, Jawa Timur, Anda bisa berkendara ke Kalipahit yang berjarak sekitar 60 kilometer. Tujuan selanjutnya adalah Pasar Anyar dengan jarak sekitar 4 kilometer. Dari Pasar Pancar, Anda bisa menuju Pos Pancur yang berjarak sekitar 15 kilometer. Pos ini merupakan perhentian terakhir untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum.

Kemudian Anda bisa memilih tamasya ke tempat tersebut dengan dua pilihan yaitu sekitar 9 kilometer jalan kaki atau dengan kendaraan khusus yang disediakan oleh Balai Taman Nasional Alas Purwo. Kendaraan ini berbentuk truk pikap yang dimodifikasi untuk penumpang, yang merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat sekitar.

Melalui jalur laut, Anda dapat menggunakan speedboat selama 1 jam atau kapal nelayan selama 2 jam dari Grajagan. Pantai Plengkung juga bisa dicapai dari Bali dengan speedboard. Sebagian besar wisatawan asing menggunakan jalur laut ini dari Bali.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Pantai PlengkungSumber gambar: Google Maps W Nazaria

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Plengkung tidaklah mahal. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Namun, Anda tetap perlu menyiapkan uang untuk membawa mobil pick up ke lokasi.

Truk pikap ini bisa diisi 10 sampai 12 orang. Tarifnya Rp 250.000 untuk pulang pergi. Harga ini dihitung per trip, semakin banyak penumpang semakin murah.

Aktivitas Menarik di Pantai Plengkung

Aktivitas di Pantai PlengkungSumber gambar: Twitter FebruariMALANG

Menghabiskan waktu di pantai memang menyenangkan, apalagi jika Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Saat Anda berkunjung ke Pantai Plengkung Anda tidak akan bosan karena ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Berikut beberapa kegiatan menyenangkan yang banyak dilakukan.

1. Berselancar

Surfing merupakan salah satu kegiatan yang menarik banyak pengunjung, terutama dari luar negeri, untuk mengunjungi pantai yang indah ini. Jika Anda menyukai kegiatan yang satu ini atau ingin mempelajarinya, maka Anda bisa datang dan mencobanya. Perlengkapan selancar Anda sendiri sudah tersedia sehingga Anda tidak perlu khawatir membawa perlengkapan selancar Anda.

Ombak di pantai ini tidak selalu cocok untuk aktivitas selancar. Ombak terbaik hanya dapat ditemukan pada bulan-bulan tertentu. Biasanya gelombang naik dari bulan April hingga Oktober, terutama pada bulan Agustus. Jadi jika anda ingin mendapatkan ombak terbaik untuk berselancar anda bisa datang pada bulan-bulan tersebut.

2. Memancing

Kegiatan ini pasti menyenangkan, apalagi jika Anda sangat enjoy melakukannya. Anda bisa membawa alat pancing dan mencari tempat untuk melakukan aktivitas ini. Ikan yang Anda tangkap akan sangat bervariasi, tetapi melakukan aktivitas menyenangkan yang satu ini pasti akan memuaskan hobi Anda.

3. Bersepeda

Aktivitas Menarik di Pantai PlengkungKredit foto: Google Maps Sonia Chubby

Pantai ini merupakan tempat yang bagus untuk kegiatan bersepeda. Berjalan di pantai dengan sepeda, Anda tidak hanya bisa berolahraga, tetapi juga merasakan keindahan pantai dan udara segar. Kedekatan pantai ini dengan hutan membuat pantai ini terasa segar, sehingga cocok untuk olahraga seperti bersepeda.

4. Pemandangan

Keindahan pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa datang untuk menikmati keindahan pantai. Bahkan pengelola sudah merencanakan sebuah menara agar pengunjung bisa menikmati panorama dari atas. Tidak hanya pantai, pengunjung juga bisa melihat hutan Alas Purwo dari menara ini.

Matahari terbit tidak terlihat bagus dari Pantai Plengkung karena tertutup oleh pegunungan. Pemandangan menarik akan dipajang mulai pukul 09.00 WIB. Selama jam-jam ini pantai berombak sehingga Anda dapat melihat peselancar beraksi.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai PlengkungSumber gambar: Google Maps Sholeh DS

1. Perkemahan selancar Bobby

Penginapan ini sedikit lebih mahal dibandingkan penginapan lain di G-Land. Namun fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap dengan akomodasi yang bersih dan pelayan yang ramah. Penginapan ini juga menawarkan berbagai pilihan hiburan seperti snorkeling dan wisata hutan di Taman Nasional Alas Purwo.

2. Kamp Selancar Hutan G-Land

Bangunan penginapan ini terlihat sederhana, namun kamar di dalamnya bersih dan nyaman. Dekat dengan alam sehingga terasa sejuk dan asri. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan akomodasi lainnya.

3. Kamp selancar Joyo

Merupakan alternatif untuk bermalam dan sangat dekat dengan pantai, hanya berjarak sekitar 100 m. Ada beberapa tipe kamar yang bisa dipilih, semuanya dengan fasilitas pengunjung yang sangat memadai. Selain kamar, penginapan ini juga memiliki bungalow yang cukup luas dengan beberapa kamar di dalamnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Pantai PlengkungSumber gambar: Google Maps alan nobita

Sebagai pantai yang terkenal di luar negeri, Pantai Plengkung menawarkan fasilitas yang sangat lengkap dan terjangkau bagi pengunjung. Selain itu, pantai ini telah dikelola dengan baik sejak tahun 90-an. Tersedia fasilitas umum seperti pos jaga kendaraan pribadi dan shelter khusus kendaraan tepi pantai.

Selain itu juga terdapat akomodasi, restoran, bar dan lain sebagainya. Fasilitas ini menggunakan pembayaran dolar AS karena umumnya digunakan oleh wisatawan asing. Ada juga peralatan selancar yang bisa disewa oleh pengunjung.

Tidak banyak wisatawan domestik yang menginap di kawasan ini karena cukup mahal. Anda lebih baik pulang. Namun ada juga fasilitas yang bisa digunakan, seperti bangku di bawah pohon yang rindang. Pantainya juga tetap bersih sehingga menyenangkan untuk dilihat.

Pantai Plengkung di Banyuwangi atau biasa disebut G-Land merupakan pantai yang sudah terkenal dengan ombaknya di mata dunia. Pantai ini juga menjadi tempat diadakannya kompetisi selancar internasional, sehingga tidak hanya pengunjung lokal, tetapi juga banyak turis dari luar negeri yang datang ke sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button