Tempat Wisata

Pantai Ponnori, pantai unik di Luwu yang menawarkan suasana alami dan asri

Pantai Ponnori di Luwu mengejutkan pengunjung dengan keunikan pasirnya yang berwarna agak kemerahan dan menawarkan keindahan alam serta suasana yang sangat alami.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Ponnori, Kecamatan Temboe. Larompong Selatan, Kab.Luwu, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Destinasi yang menyuguhkan panorama indah masih menjadi dambaan para pelancong dari berbagai daerah. Pantai misalnya, pesona bahari lautan dan pasir yang menghiasinya tak henti-hentinya memanjakan mata.

Salah satunya adalah Pantai Ponnori di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Pantai ini begitu indah dengan hiasan pasirnya yang unik. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang sebagian besar berwarna putih atau hitam.

Di sini pasirnya berwarna kecoklatan dan agak kemerahan. Warnanya akan semakin indah bila bagian yang terkena air dan bagian yang kering membentuk gradasi sempurna.

Pantai indah di Lawu ini dulunya merupakan tempat anak-anak setempat bermain dan menghabiskan sore hari. Mereka suka berenang dan bermain air di pantai.

Pemerintah setempat menyadari potensi wisata tersebut dan kemudian menyetujuinya sebagai tujuan liburan baru.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Pantai Ponnori

Daya Tarik Pantai PonnoriFoto oleh Samuel Zhang di Google Maps

Dulunya pantai ini hanya sebagian pantai saja dengan sampah berserakan dimana-mana. Namun hal tersebut tidak lagi terjadi karena dikelola sebagai pariwisata. Karena daya tariknya, banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Keindahan pantai yang menakjubkan

Keindahan yang dihadirkan menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata bahari ini. Tak heran jika tidak hanya warga sekitar saja yang datang berkunjung, namun juga masyarakat dari berbagai daerah.

Pada waktu-waktu tertentu, turis asing kerap mampir karena penasaran dengan panoramanya. Air lautnya sangat jernih dan membentang sejauh mata memandang.

Pantai Ponnori Luwu secara umum tidak sebiru pantai namun memiliki air yang sedikit kehijauan.

Sudah pasti bersih, hanya sedikit mendung di bagian tepinya. Sebab, air laut bercampur dengan pasir. Faktor lainnya adalah kedalaman yang dangkal, sehingga tanah mengembang karena adanya arus.

Pantai ini sangat bersih, terbukti dengan tidak adanya sampah berserakan. Berbeda dengan saat sebelum diresmikan sebagai tempat wisata di Luwu yang dulunya dipenuhi sampah.

Karena sifat pantainya yang tenang, hampir tidak ada ombak yang tinggi. Kondisi ini sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai tempat berenang dan bermain air.

Keunikan pasir di pantai ini

Ulasan singkat tentang sejarah di balik penamaan Pantai Ponnori yang cukup unik. Konon ada warga yang memasak dengan wajan di pinggir pantai.

Namun sesaat setelah dimasak, panci yang digunakan tiba-tiba penuh. Ia kemudian spontan mengucapkan “Penno Oring” yang artinya “Panci Penuh” dalam bahasa Bugis.

Selain namanya, pantai cantik ini juga memiliki keunikan dari segi pasirnya sehingga menambah daya tariknya.

Seperti yang sudah disebutkan, pasir di sini tidak berwarna hitam atau putih, melainkan berwarna kecoklatan dan sedikit kemerahan. Wisatawan kerap memanfaatkan pasir sebagai media bermain untuk menambah keseruan saat berlibur.

Suasana asri penuh pepohonan

Daya tarik wisata Pantai Ponnori selanjutnya adalah banyaknya pepohonan yang tumbuh di tepi pantai. Lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga, hanya beberapa meter dari bibir pantai.

Beberapa bale atau paviliun telah dibangun di bawah pepohonan yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat wisatawan sambil menikmati pemandangan. Paviliun ini sebenarnya digunakan sebagai tempat aktivitas para nelayan setelah melaut.

Anda juga bisa melihat cara pembuatan jaring dan peralatan memancing lainnya. Meski tak jauh dari perkotaan, namun suasananya tetap asri. Udaranya sejuk, seperti saat mengunjungi gunung atau perbukitan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PonnoriFoto oleh Samuel Zhang di Google Maps

Kawasan wisata Pantai Ponnori terletak di Teluk Boni, Temboe, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan. Tidak sulit untuk menemukan tempat wisata ini karena letaknya yang cukup strategis.

Selain letaknya yang dekat dengan pusat kota, tempatnya masih sejajar dengan pantai-pantai populer lainnya di Luwu yang menjadi daya tarik wisata andalan warga setempat. Dari Alun-Alun Kota Belopa, pantai ini berjarak sekitar 32 kilometer ke arah selatan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi karena masih sedikit angkutan umum di sini. Rute ini biasanya dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan sepeda motor atau mobil. Rute pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Pasar Sentral Suli.

Rute terdekat ke Pantai Ponnori di Luwu adalah Jalan Poros Palopo. Kemudian ikuti rute tersebut hingga tiba di Pasar Rakyat Keppe. Lanjutkan perjalanan menuju desa Babang lalu menuju kawasan Temboe.

Jarak wisata dari Kantor Desa Temboe sekitar 2 kilometer. Disarankan untuk aktif mensurvei warga atau menggunakan aplikasi pemetaan digital.

Biaya masuk dan jam buka

Awalnya gratis sebelum menjadi objek wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Sekarang berbayar, tapi tidak terlalu mahal dan relatif terjangkau.

Anda hanya perlu menyisihkan uang sebesar 10.000 rupiah per orang. Dengan harga yang wajar Anda dapat menikmati pemandangan dan semua aktivitas di dalamnya.

Selain biaya masuk Pantai Ponnori di atas, Anda perlu membawa dana tambahan jika membawa kendaraan pribadi.

Bagi yang membawa sepeda motor, dikenakan biaya tambahan sebesar 2.000 rupiah. Sekarang harga mobil sedikit lebih mahal yaitu 5.000 rupiah. Aktivitas di sini dapat Anda lakukan selama 24 jam sehari, namun disarankan untuk melakukan aktivitas pada pagi atau sore hari.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai PonnoriFoto oleh Muh Kusmali di Google Maps

Dari segi aktivitas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Karena merupakan pantai yang tenang, berenang dan bermain air menjadi aktivitas wajib di sini.

Selain itu, masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa saran yang dapat kami berikan kepada Anda!

1. Bersantai di pantai

Bersantai di tepian Pantai Ponnori Luwu merupakan aktivitas pertama dan wajib. Tentunya bukan sekedar bersantai saja, tapi juga menikmati panorama alam yang indah.

Dengan adanya bale atau gazebo kegiatan ini menjadi lebih menarik. Apalagi letaknya yang berada di bawah pepohonan rimbun membuat suasana asri semakin terekspresikan.

2. Berenang atau bermain air di Pantai Ponnori

Menyenangkan bukan jika sekadar menikmati keindahan dan keunikan suasana lautan? Tak perlu khawatir, pantai cantik ini terkenal ramah sehingga cocok untuk berbagai aktivitas olahraga air.

Anda bisa berenang sampai ke tengah, tapi untuk alasan keamanan sebaiknya menyewa tabung. Anda juga bisa sekedar bermain air di pinggir Pantai Ponnori sambil bermain pasir dan merasakan kelembutannya.

3. Naik perahu

Meski tidak setiap hari, jika beruntung Anda bisa mencoba naik perahu. Penduduk sekitar Pantai Ponnori sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.

Tak sedikit dari mereka yang menyewa perahu untuk berkeliling saat hasil tangkapan sedikit. Kegiatan ini sangat menarik dan menjadikan pengalaman liburan semakin tak terlupakan.

4. Mencari subjek foto terbaik

Bukan tempat wisata selfie yang menawarkan berbagai objek sebagai kesempatan berfoto. Namun bukan berarti Anda tidak akan mendapatkan objek yang cocok dijadikan background foto.

Keindahan Pantai Ponnori Luwu secara keseluruhan tidak pernah mengecewakan. Air laut yang tenang, pasir unik berwarna kemerahan, vegetasi hijau disekitarnya, semuanya cocok sebagai background.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai PonnoriFoto oleh Samuel Zhang di Google Maps

Fasilitas yang ada di kawasan wisata Pantai Ponnori cukup memadai karena saat ini dikelola oleh pemerintah setempat dengan bantuan warga. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena semua kebutuhan Anda akan terpenuhi.

Tempat parkir luas, tersedia toilet umum dan juga tempat ibadah. Ada juga warung makan, bale atau pendopo bisa dijadikan tempat istirahat.

Beda dulu, beda sekarang, itulah beberapa kalimat yang menggambarkan salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan. Jika sebelumnya tidak diketahui wisatawan, kali ini justru sebaliknya.

Dengan daya tariknya, Pantai Ponnori layak menjadi tujuan wisata utama. Selain itu, tiket masuknya murah, lokasinya strategis, dan fasilitasnya lengkap.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button