Tempat Wisata

Pantai Putra Deli, pantai berpasir putih dengan keindahan hutan bakau di Medan

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sentang Kubah, Kecamatan. Pantai Labu, Kab.Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Ingin menghabiskan liburan di hamparan pepohonan dan laut yang indah? Pantai Putra Deli adalah jawabannya. Pantai populer ini menawarkan pemandangan yang berbeda dibandingkan pantai pada umumnya. Karena Anda melihat pesawat yang seolah-olah mendarat di laut.

Tempat wisata alam di Medan ini dekat dengan bandara, sehingga bisa Anda kunjungi setelah mendarat dari pesawat. Terletak di dekat Pantai Labu, pantai cantik ini cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Pasalnya, pantai ini memiliki banyak hal menarik yang ditawarkan seperti berikut ini.

Daya Tarik Pantai Putra Deli

Daya Tarik Pantai Putra DeliFoto oleh Agus Tina di Google Maps

✦ Cerita unik

Pantai Putra Deli selalu menjadi pantai yang populer bagi warga Medan dan sekitarnya karena sejarahnya yang menarik. Awalnya kawasan pantai ini hanya berupa rawa-rawa yang ditumbuhi pohon bakau yang rimbun. Nelayan kerap bermalam di kawasan hutan bakau ini pada setiap musim berlayar.

Seiring berjalannya waktu, para nelayan menemukan tempat yang bisa mereka gunakan sebagai pemukiman sementara. Tak lama kemudian, banyak pendatang yang datang untuk tinggal bersama para nelayan dan keluarganya. Beberapa tahun kemudian, kawasan pemukiman sementara tersebut akhirnya berkembang menjadi kawasan pemukiman yang semakin luas.

Karena keindahan alamnya yang mempesona, penduduk setempat akhirnya menjadikan kawasan tersebut sebagai tujuan wisata pada tahun 2006. Selain itu, pantai ini memiliki potensi wisata yang menjanjikan karena adanya hutan bakau. Selain itu, Pantai Putra Deli mempunyai cerita penamaan yang unik.

Menariknya, nama Putra Deli erat kaitannya dengan nama sekelompok nelayan yang sering berlabuh di pulau tersebut. Namun ada juga yang menganggap putra-putri Deli Serdang ini adalah nelayan yang sangat terampil dan ulung karena kerap menjelajahi wilayah laut untuk berburu ikan. Oleh karena itu daerah tersebut dinamakan Deli Serdang.

✦ Pasir putih yang indah

Daya tarik utama dari Pantai Putra Deli adalah pasirnya yang putih, indah, alami dan bersih. Butiran pasirnya yang kecil terasa lembut saat diinjak tanpa alas kaki. Di pagi hari, pasirnya terasa hangat akibat sinar matahari pagi, menambah kenyamanan kaki seolah mendapat perlakuan istimewa langsung dari alam.

✦ Keindahan alam lingkungan

Kalau bicara keindahan alam, Pantai Deli memang tiada duanya. Karena Anda akan menemukan kawasan alam yang luas, indah, dan suasana yang indah. Suara burung camar pun menambah eksotisme keindahan alam. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang penasaran dengan objek wisata terkenal tersebut.

✦ Hutan bakau yang mekar

Yang tak kalah menarik dari pantai mempesona ini adalah hutan bakaunya. Sebab tidak semua pantai menyuguhkan pemandangan hutan bakau yang sedang mekar. Hal ini didukung dengan akar tanaman yang menjulang ke permukaan sehingga membuat pemandangan semakin bernuansa.

✦ Pesawat terbang

Pernahkah Anda melihat pesawat terbang di atas laut? Tentunya Anda sering melihatnya di film atau televisi. Kini pemandangan epik tersebut bisa disaksikan langsung dari Pantai Putra Deli Serdang yang kerap dilalui pesawat, terbang rendah seolah hendak mendarat di hamparan pasir. Pengalaman berlibur akan menjadi momen langka yang tidak akan terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Putra DeliFoto oleh Suryadi 0 di Google Maps

Bagi pengunjung yang menginap di kota Lubuk Pakam, sayang sekali jika hanya melewati Pantai Putra Deli tanpa mengunjunginya. Terletak di Lubuk Pakam, Kab.Deli Serdang, Sumatera Utara, Medan, di Desa Bandar Kuala. Dari pusat kota Lubuk Pakam waktu tempuh kurang lebih 30 menit, tergantung kondisi jalan.

Kemudian Anda bisa mengambil rute dari kota Medan yang memakan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Kabupaten Deli Serdang. Cara termudah adalah dengan mengikuti rute menuju Bandara Kuala Namu. Anda hanya perlu melewati dusun 3 Pantai, Palu Sibaji dan Dusun Burung dan ikuti rambu yang ada.

Biaya masuk dan jam buka

Menikmati pemandangan unik di Pantai Putra Deli tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena tiket masuknya cukup terjangkau. Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per kendaraan bermotor. Sedangkan tarif parkir kendaraan pribadi sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp20.000 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Putra DeliFoto oleh Sumita Caem di Facebook

1. Bermain air dan berenang

Liburan ke pantai tidak lengkap tanpa basah kuyup. Selain itu, Pantai Putra Deli bisa dijadikan destinasi wisata dengan berbagai aktivitas seru dan menarik. Anda bisa bermain air dan berenang dengan aman karena ombaknya cukup tenang. Anda juga bisa berenang di segarnya air pantai.

2. Piknik di pasir putih Pantai Putra Deli

Liburan bersama rombongan di pantai memang menyenangkan jika Anda sedang piknik. Di Pantai Deli Serdang Anda bisa membentangkan tikar di atas pasir putih yang lembut. Anda juga bisa berjemur bersama atau menyantap hidangan lezat. Ini akan membantu Anda bersantai dari hiruk pikuk keramaian kota.

3. Menyantap beragam kuliner lezat

Umumnya wisata alam berupa pantai hanya menawarkan satu atau dua restoran di kawasan tersebut. Berbeda dengan Pantai Putra Deli, sangat mudah menemukan berbagai restoran yang menawarkan menu kuliner khasnya. Bahkan, di pintu masuknya Anda akan menemukan sejumlah warung makan di sepanjang pantai.

4. Ambil foto yang menyenangkan

Mengabadikan momen kebersamaan dengan latar belakang pemandangan laut yang indah sudah menjadi hal yang wajib dilakukan saat liburan pantai. Selain itu, kawasan pantai ini menawarkan beragam keindahan alam yang dapat dilihat dari berbagai sudut. Tak heran jika pantai mempesona ini kerap ramai dikunjungi fotografer yang berlomba-lomba mendapatkan foto ikonik.

5. Bersantai di gazebo

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah bersantai di gubuk atau gazebo yang telah disediakan. Anda bisa bersantai di atasnya sekaligus menikmati keindahan pantai dan hutan bakau. Namun Anda harus membayar biaya sewa antara Rp 30.000 hingga Rp 50.000.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai Putra DeliFoto oleh NovitaS Pasaribu di Google Maps

Seperti diketahui, Pantai Putra Deli Serdang merupakan destinasi wisata terkenal yang memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu fasilitas yang diberikan sangat bervariasi menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan perlengkapannya.

Pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat, dapat memarkirnya di tempat parkir yang luas. Anda tidak perlu repot mencari toilet karena sudah banyak yang kondisinya bersih.

Bagi Anda yang menyukai kuliner, berkunjung ke warung terdekat sangat direkomendasikan. Kuliner lezat yang disajikan akan memanjakan lidah dan memuaskan selera makan Anda. Selain itu, harganya pun sangat berbeda-beda dan terjangkau sehingga tidak akan membebani dompet Anda.

Itulah penjelasan mengenai Pantai Putra Deli yang wajib Anda ketahui sebelum berkunjung. Dapat disimpulkan bahwa pantai mempesona ini bisa dijadikan tempat liburan rombongan dengan berbagai aktivitas seru. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengundang teman, saudara atau keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button