Tempat Wisata

Pantai Rancabuaya: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ragam wisata di Jawa Barat memang menjadi pilihan yang tepat untuk liburan seru dan tak terlupakan. Sejumlah tempat seperti taman wisata, kawasan perbukitan, keindahan air terjun atau pesona pantai juga bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur dan beristirahat dari kesibukan sehari-hari.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam pantai, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mengunjungi Pantai Rancabuaya Garut. Lokasi pantai yang berada di sebelah selatan kota Garut ini memang menjadi daya tarik wisata baik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan luar kota.

Walaupun Pantai Rancabuaya tergolong tempat wisata baru, namun telah mampu menarik banyak wisatawan untuk merasakan keindahannya. Yang lebih istimewa lagi, tempat wisata pantai ini diberkahi dengan air terjun segar dimana air laut yang asin mengalir deras. Sungguh menakjubkan bahwa Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan pantai, tetapi juga menikmati keindahan air terjun alami dari atas tebing di sebelah pantai.

Fasilitas di Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya yang baru saja diakui oleh pemerintah setempat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan kemudahan bagi para pengunjungnya. Terlihat berbagai fasilitas juga hadir, mulai dari musholla, toilet, meja masuk lokasi, tempat parkir dan lainnya.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan khas pantai, tersedia juga banyak warung makan sederhana dengan racikan seafood khas Jawa Barat. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai lokasi penangkaran ikan laut segar. Anda bisa membeli ikan dengan harga lebih murah dari para nelayan.

Jika ingin menikmati liburan lebih lama, tersedia juga berbagai jenis penginapan dengan harga yang berbeda pula. Akomodasi tersedia tidak jauh dari pantai. Secara umum pihak pengelola sengaja menyediakan akomodasi untuk kenyamanan wisatawan yang ingin beristirahat sambil menikmati keindahan Pantai Rancabuaya Garut lebih lama lagi.

Keindahan Pantai Rancabuaya

Tentunya jika berbicara tentang keindahan Pantai Rancabuaya di Garut, tidak ada kata yang cukup untuk menggambarkannya. Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki hamparan pasir putih yang luas dengan pasir yang sangat halus. Warna air lautnya yang sangat biru ditambah dengan hiasan tebing di sekitar pantai seperti lukisan panorama yang begitu megah.

Pepohonan rindang khas pantai juga menambah suasana menjadi lebih asri, dan beberapa paviliun disediakan sebagai tempat bersantai. Pantai ini didominasi pasir putih yang begitu lembut dan tebing karang yang besar sehingga pengunjung betah berada di sana. Belum lagi hembusan angin segar dari laut menuju daratan yang begitu menyegarkan.

Masih dianggap sebagai primadona baru di mata wisatawan, tak jarang banyak pengunjung yang tidak sadar bahwa Pantai Rancabuaya di Jawa Barat memiliki keindahan lain untuk dilihat, disuguhkan air terjun di samping suguhan tebing pantai. Air terjun yang mengalir langsung ke laut dari atas tebing. Ini adalah pemandangan alami untuk dilihat dengan mata terbuka.

Berburu foto di pantai Rancabuaya

Kawasan wisata pantai selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain keindahannya yang memukau, pantai ini juga sangat digemari para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan yang ada di luar sana. Tak heran jika Pantai Rancabuaya di Garut menjadi spot yang tepat untuk hunting foto.

Tempat ini sempurna untuk menangkap beberapa sudut terbaik. Sore hari yang didominasi oleh keindahan sunset dari arah barat menjadi waktu terbaik bagi Anda yang merupakan fotografer amatir. Namun keindahan pagi dan sore hari tidak mengurangi keindahan foto yang anda hasilkan. Terserah Anda waktu foto apa yang ingin Anda ambil. Tentunya keindahan Pantai Rancabuaya bisa menjadi spot terbaik untuk berburu foto Anda selanjutnya.

Biaya masuk ke Pantai Rancabuaya

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka pantai Rancabuaya

Lokasi Akses ke Pantai Rancabuaya

Lokasi Pantai Rancabuaya yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat relatif mudah diakses. Pengunjung dapat berkendara menuju pusat kota Garut kemudian mengambil jalur menuju Caringin Garut. Jika Anda datang dari arah Bandung, langsung saja menuju kawasan Pangalengan dan selanjutnya menuju kawasan Caringin.

Akses menuju tempat wisata pantai ini sendiri relatif mudah karena adanya rambu-rambu jalan yang memudahkan pengunjung untuk mengunjungi tempat wisata pantai tersebut. Jalan yang berliku dan landai merupakan ciri khas perjalanan menuju kota pantai. Namun demikian, Anda harus berhati-hati saat mengemudi.

Tips berlibur ke Pantai Rancabuaya

Sekian tips bagi anda yang ingin berlibur ke Pantai Rancabuaya Caringin Jawa Barat. Oleh karena itu, Anda hanya boleh menggunakan kendaraan pribadi. Jalan masuk yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan umum membuat akses menuju resor pantai menjadi sulit.

Selain itu, Anda bisa membawa berbagai perlengkapan liburan seperti makanan, minuman, baju ganti, perlengkapan anak untuk orang tua dan kamera dari rumah yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa mengajak keluarga, teman atau kolega saat berada di sana untuk menyebut liburan Anda.

Ini adalah ikhtisar pemandangan Pantai Rancabuaya di Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Saat berkunjung ke Kota Garut, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk menikmati keindahan pantai eksotis ini. Tempat ini juga merupakan pilihan yang bagus untuk liburan akhir pekan.

Galeri Foto Pantai Rancabuaya

Pantai Buaya Ranca di Garut
potret pantai
Dengan sepeda motor ke pantai
Foto prewedding di Pantai Ranca Buaya
Potret rumput hijau di atas pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button