Tempat Wisata

Pantai Selong Belanak – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp2.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Lombok terkenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan berbagai wisata alam yang indah. Salah satunya adalah Pantai Selong Belanak yang memiliki keunikan di setiap sudutnya. Pantai dengan semilir angin yang sejuk ini sangat cocok dikunjungi untuk bersantai. Dari warna langit hingga pasir dan air laut sangat kontras dan memukau pengunjung.

Ini juga memiliki garis pantai yang panjang yang terlihat seperti teluk di tepi Samudera Hindia. Perbukitan hijau yang mengelilingi air laut terlihat begitu alami dan melengkapi keindahan alamnya. Wisata ini juga sebagian dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mencari air. Tak heran bila dilakukan pemberhentian perahu di tepi pantai.

Wisata ini sepertinya ramai, terutama pada akhir pekan di Lombok tengah. Wisatawan dari luar negeri juga tidak sedikit yang pernah berlibur di tempat ini. Namun, pantai Selong Belanak sepi pada hari kerja. Siapapun yang menghabiskan liburannya di sini dijamin akan kembali lagi.

Atraksi Pantai Selong Belanak

Sumber gambar: Twitter Dony Setiawan

Pantai indah di Lombok ini memang menjadi kawasan yang banyak dikunjungi. Wisata ini menjadi salah satu rekomendasi untuk liburan keluarga. Karena keindahan alamnya memiliki daya tarik tersendiri.

1. Pasir pantai halus

Pantai di Lombok rata-rata memiliki pasir yang cukup luas. Namun Pantai Selong Belanak memiliki satu hal yang unik, yaitu pasir pantainya yang sangat halus. Saking halusnya pasirnya juga bisa dilewati sepeda motor. Warna pasirnya juga putih selaras dengan birunya air laut.

Area di sekitar pantai juga terlihat bersih, tidak ada sampah yang berserakan. Pengunjung yang datang ke sini bisa membawa peralatan bermain pasir. Dari permainan istana pasir hingga voli pantai dan layang-layang, Anda bisa bermain di area pasir.

2. Keindahan alam yang unik

Pantai ini menawarkan banyak sekali pemandangan alam yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Kehadiran pepohonan yang berjejer bisa membuat udara di sekitar pantai terasa sejuk. Deburan ombak yang tenang juga bisa memanjakan mata para pengunjung.

Tak hanya itu, di wisata ini Anda juga bisa melihat bentuk pantai yang melengkung dengan warna air yang jernih. Sejauh mata memandang Anda bisa melihat banyak bukit hijau yang mengelilingi pantai. Hal ini membuat tempat wisata ini sangat cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

3. Memiliki dua jenis gelombang

Diketahui wisata ini memiliki 2 jenis ombak yaitu ombak ganas dan ombak tenang. Pengunjung yang hanya ingin berenang atau bermain air bisa berada di sisi kiri pantai karena ombaknya yang tenang. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di area tersebut.

Ada ombak besar di sisi kanan pantai. Ini karena ada pulau-pulau kecil di sana. Wisatawan sering berselancar di kawasan ombak ini. Anda tidak perlu khawatir dengan ombak yang kencang karena ada petugas yang mengatur ombak. Tentu saja, kedua jenis ombak ini sangat jarang ditemukan di pantai lain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SelongSumber gambar: Twitter Traveloka Indonesia

Wisata pantai yang mempesona ini bertempat di Desa Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan yang belum pernah ke sini bisa cek Google Maps atau plang. Jarak dari kota Mataram ke pantai ini memakan waktu 2 jam.

Jika Anda terbang dari Bandara Internasional Lombok ke pantai ini, hanya membutuhkan waktu 40 menit. Anda akan melewati pertigaan Batujai lalu berjalan di jalur Penujak sampai bertemu dengan tikungan pasar. Kemudian belok kanan menuju desa Mungkur. Dari desa, lurus saja sampai menemukan gapura bertuliskan Selong Belanak.

Perjalanan menuju wisata ini bisa dibilang sangat melelahkan. Hal ini dikarenakan banyaknya bukit dan jalan berliku yang harus dilalui. Wisatawan disarankan untuk membawa kendaraan pribadi selama berlibur ke sini karena angkutan umum masih jarang.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai SelongKredit foto: Google Maps Chris Pahl

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Selong Belanak tidak membutuhkan bujet yang besar. Harga tiket masuknya sendiri hanya Rp2.000 per orang. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dari pagi hingga malam.

Selain itu, biaya parkir hanya Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Ada juga persewaan peralatan di kawasan wisata, antara lain papan selancar bermerk seharga Rp 50.000 saja untuk harga sewanya. Jika pengunjung ingin membeli papan selancar juga bisa dengan harga Rp 350.000.

Aktivitas seru di Selong Belanak

Aktivitas di Selong BelanakKredit foto: Google Maps Dicky Po

1. Menyelam

Pengunjung bisa mengagumi keindahan alam bawah laut saat berlibur. Itu karena ombak pantai yang tenang di sebelah kiri, sangat cocok untuk menyelam. Selain itu, Anda juga bisa membawa kamera anti air untuk memotret terumbu karang atau biota laut lainnya saat menyelam. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan dari rumah untuk melakukan aktivitas ini.

2. Memancing

Aktivitas unik lainnya yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Selong Belanak adalah memancing. Hal ini jarang ditemukan di daerah pesisir lainnya. Wisatawan bisa menyewa perahu kecil milik warga untuk menuju ke tempat pemancingan. Penduduk setempat juga bersedia membimbing pengunjung dan membawa mereka ke tempat memancing yang bagus.

3. Berselancar

Ombak pantai di sebelah kanan cukup besar, cocok untuk wisatawan yang ingin berselancar. Ada juga persewaan papan selancar di kawasan wisata. Selain itu, ombak untuk berselancar juga memiliki tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Untuk pemula biasanya antara 1-2 meter, sedangkan untuk profesional bisa mencapai ketinggian 5 meter ke atas.

4. Berjemur

Aktivitas seru di Selong BelanakKredit foto: Google Maps Agustin Artha

Aktivitas ini sudah Anda ketahui saat Anda pergi ke pantai. Pengunjung bisa berjemur di tempat duduk yang disediakan. Anda juga bisa berjemur langsung di peron di atas pasir putih sambil menikmati pemandangan pantai.

5. Nikmati masakan khas Lombok

Wisata di Lombok terkenal memiliki beberapa kuliner dengan cita rasa yang khas. Ada juga beberapa warung makan di kawasan Pantai Selong Belanak yang bisa dikunjungi. Masakan khasnya adalah sate ikan, ikannya biasanya diambil langsung dari nelayan. Selain itu, ada juga pilihan makanan lain yang bisa dinikmati dengan harga yang cukup terjangkau.

6. Lihat aktivitas warga sekitar pantai

Di sisi selatan pantai terdapat penduduk lokal yang tinggal di tepi pantai. Mata pencahariannya sebagai petani alga dan nelayan. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sini dan melihat beberapa kegiatan lokal, seperti mengeringkan rumput laut atau memilah ikan yang mereka tangkap. Tak sedikit pula wisatawan yang memotret aktivitas warga.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai SelongKredit foto: Google Maps Selong Selo Resort & Residences

1. Selong Selo Resort & Residences

Resor bintang 5 ini berjarak 7 km dari Pantai Selong Belanak. Pengunjung yang menginap di sini dapat menikmati fasilitas yang disediakan seperti spa, kolam renang dan restoran yang menghadap ke pantai. Selain itu, resort ini juga menawarkan pemandangan Samudera Hindia yang sangat indah. Yang juga unik adalah konsep di setiap sudut ruangan dengan gaya klasik dan modern.

2. Sempiak Villas

Villa ini sangat cocok untuk anda yang sedang berlibur bersama keluarga. Lokasinya berada di pinggir pantai tepat di bawah Bukit Semasih. Hotel ini menawarkan hot tub, penyewaan mobil, dan sarapan gratis. Selain itu, pemandangan yang indah dan pelayanan yang baik membuat pengunjung betah.

3. Pondok Mangga

Salah satu penginapan di Jl. Selong Belanak menawarkan teras dengan pemandangan taman di setiap sudut kamar. Harganya juga cukup murah mulai dari Rp 350.000 saja. Hotel ini menawarkan sarapan prasmanan untuk dinikmati pengunjung. Ada juga fasilitas dart, hiking, dan olahraga air di tempat.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit Foto: Google Maps Lombok Pirates

Wisata Pantai Selong Belanak ini memiliki fasilitas yang lengkap. Di setiap sudut pantai terdapat gazebo untuk duduk dan bersantai. Ada juga restoran ikan yang bisa Anda nikmati dengan cita rasa khas Lombok.

Toilet dan tempat parkir juga mudah ditemukan di kawasan pantai ini. Wisatawan yang ingin berselancar juga bisa menyewa papan selancar yang disediakan. Jangan khawatir tentang pengunjung yang tidak bisa berselancar karena ada pemandu yang akan mengajari Anda.

Selain itu, wisata ini juga menawarkan pusat oleh-oleh untuk dikunjungi wisatawan. Berbagai souvenir pantai juga tersedia, seperti hiasan batu karang. Pengelola pantai secara berkala melakukan inspeksi berkala untuk memastikan pengunjung dapat menggunakan fasilitas ini dengan baik.

Itulah beberapa hal menarik di pantai Selong Belanak dengan berbagai atraksi dan fasilitas yang memadai. Anda yang datang ke sini dijamin tidak akan bosan setelah melihat keindahan alamnya. Ada baiknya juga untuk mengajak banyak kerabat atau keluarga berlibur ke wisata pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button