Tempat Wisata

Pantai Slili: Nikmati keindahan pantai eksotis yang kaya akan sejarah di Gunung Kidul

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: JL.Pantai Krakal, Kec. Tepus, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Berbicara tentang destinasi wisata di Jogja tentunya tidak akan ada habisnya. Salah satunya adalah Pantai Slili yang sering dijadikan tempat bersantai bersama keluarga tercinta. Banyak alasan mengapa tempat ini cocok untuk berlibur, mulai dari deburan ombak, langit biru, dan ekosistem laut yang menarik.

Dengan tawaran permainan dan fasilitas yang memadai, kegiatan wisata pantai menjadi momen liburan yang memuaskan. Tentunya setiap pantai berbeda dengan pantai lainnya. Ini terutama berlaku untuk fasilitas yang masih sedikit diketahui. Untuk informasi lebih lanjut tentang pantai yang indah ini, lihat pernyataan di bawah ini.

Lihat penawaran hotel di Gunung Kidul

Daya Tarik Pantai Slili

Objek wisata Pantai SliliFoto oleh Yanuaru di Google Maps

✦ Suasana pantai yang menyenangkan

Hal yang menarik dari pantai di Jogja ini adalah suasananya yang asri dengan angin sepoi-sepoi. Lanskap juga memastikan bahwa setiap orang yang tinggal di sini merasa betah. Pasalnya, pemandangan yang dihadirkan di sini memanjakan pengunjung setibanya di sana. Tidak heran kebanyakan orang kembali untuk menikmati suasana pantai.

✦ Momen matahari terbit dan terbenam

Tidak hanya suasananya yang menyenangkan, pantai yang indah ini juga menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan. Banyak pengunjung suka mengunjunginya di pagi atau sore hari untuk menikmati pemandangan langit yang indah. Selain itu, pemandangan dipercantik dengan ombak yang tenang.

✦ Kisah uniknya

Nama Slili berasal dari bahasa Jawa Mlili yang artinya “lancar”. Penduduk setempat percaya ada seorang petani rumput laut yang tidak sengaja menemukan sebuah gua di pinggir pantai. Dia memberi tahu warga keberadaan guanya. Jadi penduduk datang dan menggali gua. Akhirnya, badan air yang mengalir bernama Pantai Slili muncul.

Jogja Day Tour: Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

✦ Bukit

Ciri khas Pantai Slili adalah bukitnya yang patut untuk dikunjungi. Bukit indah ini disebut Bukit Kobengan dan terletak di pantai timur. Di puncak bukit ini Anda memiliki pemandangan pantai yang indah. Tentu pemandangan yang disajikan sangat berbeda karena dilihat dari sudut yang berbeda.

✦ Pesta laut

Yang istimewa dari pantai yang mempesona ini adalah tradisi mengadakan pesta laut setiap tahun. Tradisi pesta seru ini disebut Nyadran atau Sadranan. Kegiatan unik ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi warga sekitar dan menuai hasil panen yang melimpah.

Umumnya warga menawarkan lauk nasi dengan lauk pauk mulai dari lendang hijau hingga menampi hingga buah-buahan dan ayam. Kemudian mereka naik kapal untuk pergi ke tengah laut. Ini dilakukan untuk mencuci piring ke laut. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan pada hari Minggu Pahing.

Jeep Offroad: Pantai Parangtritis dan Sand Dunes Park

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai SliliFoto oleh Rizky Dastia di Google Maps

Pantai Slili cukup mudah dijangkau karena jalur yang digunakan sudah bagus. Alamatnya adalah Jl. Pantai Krakal, Tepus, Cab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja jarak yang ditempuh hanya sekitar 40 km, sehingga perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.

Sebagian besar pengunjung menggunakan jalur dari pusat kota Jogja melalui jalan Imogiri atau Wonosari. Dari Imogiri Barat Anda bisa menuju Jalan Bakulan Imogiri, Jalan Imogiri Siluk, Jalan Siluk Panggang, Jalan Raya Panggang Wonosari dan Jalan Pantai Selatan Jawa. Anda bisa mengikuti rambu-rambu pantai.

Di Jalur Wonosari, Anda harus menuju Alun-alun Wonosari dan Pasar Hargosari. Kemudian melewati Jalan Baron, Karangrejek, Mulo, Kemiri, Polsek Tanjungsari, Kemadang dan POS Tempat Pembayaran Retribusi. Anda akan menemukan pertigaan kemudian belok kiri menuju pertigaan Pantai Kukup. Saat Anda mencapai pertigaan, belok kanan dan ikuti rambu-rambu.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan Pantai Slili. Pasalnya, harga tiket masuknya relatif murah, hanya Rp10.000 per orang. Dengan biaya tersebut, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai yang seru. Namun perlu diketahui bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Pantai SliliFoto oleh Rizky Dastia di Google Maps

1. Menikmati keindahan pantai

Pantai Slili dikenal memiliki pantai yang bersih dan berpasir putih dengan pemandangan yang indah. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga semua orang merasa nyaman dan aman berada di kawasan pantai. Dengan cara ini Anda dapat membangun istana pasir di area tersebut atau bermain di air.

Agar kegiatan liburan semakin seru, Anda bisa membawa perbekalan atau oleh-oleh dan menggelar tikar di pinggir pantai. Kegiatan piknik semakin digalakkan, dibarengi dengan sunset atau sunrise. Selain itu, aktivitas seru ini bisa Anda nikmati dengan secangkir kopi atau es krim kelapa muda segar.

2. Makan makanan khas di Pantai Slili

Perlu diketahui bahwa pantai yang menarik ini terkenal dengan paviliun tepi pantainya. Sambil bersantai di gazebo, Anda bisa menikmati sajian kuliner dengan cita rasa unik di pinggir pantai. Sebaiknya tanyakan dulu harga menunya agar bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

3. Snorkling

Anda bisa menikmati keindahan pantai laut ini sambil snorkeling. Sayang sekali jika Anda melewatkan kegiatan ini selama kunjungan Anda. Biayanya cukup terjangkau, hanya Rp50.000. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa merasakan pesona terumbu karang dan ikan warna-warni ditemani guide untuk memandu Anda.

4. Berfoto di puncak bukit

Anda tidak hanya bisa menikmati pantainya tapi juga menikmati pemandangan indah dari atas bukit di Pantai Slili. Anda hanya perlu berjalan ke timur dari pantai. Dari sini Anda memiliki pemandangan pantai dari ketinggian. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto dengan pemandangan yang indah ini. Tetap waspada di atas bukit.

5. Perburuan udang

Pengunjung yang datang ke pantai pada musim kemarau sangat disarankan untuk ikut berburu dan menangkap udang di antara bebatuan. Ini karena rumput laut tumbuh di pantai yang populer ini saat musim kemarau, yang berfungsi sebagai tempat persembunyian udang, kerang, dan ikan. Masyarakat sekitar dapat memperoleh tambahan gizi melalui kegiatan ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai SliliFoto oleh Himah Hasbi di Google Maps

Meski masih baru, Pantai Slili menawarkan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Pasalnya, pihak pengelola menjadikan destinasi wisata unik ini ramah pengunjung. Tempat parkir dapat digunakan dengan aman dan luas untuk memarkir kendaraan pribadi. Sebuah musala juga tersedia untuk mengadakan kebaktian.

Spot foto yang tersedia pun sangat beragam, mulai dari pendopo, pemandangan pasir putih, pantai hingga biota laut. Tempat makan yang tersedia juga cukup luas, menawarkan berbagai makanan dan minuman yang terjangkau. Fasilitas snorkeling juga bisa digunakan untuk menikmati pemandangan bawah laut.

Wisata alam di Jogja juga dekat dengan berbagai pilihan akomodasi seperti hotel atau homestay. Pilihan akomodasi juga cukup memadai untuk mendukung kegiatan menginap atau menginap. Dengan cara ini Anda dekat dengan pantai Slili sepanjang hari dan Anda dapat mengunjunginya kapan pun Anda mau.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa Pantai Slili memiliki fasilitas yang memadai dan beragam aktivitas seru. Anda bisa menikmati liburan pantai yang menyenangkan bersama rombongan keluarga atau teman. Ini mengubah aktivitas liburan menjadi momen yang tak terlupakan dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button