Tempat Wisata

Pantai Talang Siring: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagai salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur, Madura diuntungkan dengan letak geografisnya yang membuat pulau ini memiliki banyak sekali obyek wisata pantai yang tersebar hampir di seluruh kabupaten yang ada di sana. Dari yang diketahui banyak orang hingga yang masih tersembunyi. Kali ini kita akan membahas salah satu destinasi wisata pantai yang juga menjadi andalan disini, yaitu Pantai Talang Siring.

Pantai Talang Siring terletak di Desa Montok Kecamatan Larangan, lebih khusus lagi Kabupaten Pamekasan, dekat Pura Avalokitesvara. Sebagai salah satu pantai di Pulau Madura yang sudah dikenal banyak orang, pantai ini menawarkan pemandangan indah dan eksotis yang mengundang wisatawan untuk mampir dan menikmatinya.

Angin sepoi-sepoi bertiup melintasi pantai, diiringi deburan ombak yang menghantam karang. Pemandangan ini juga diiringi dengan indahnya langit biru jernih, serta air laut yang bersemayam di sana. Tidak hanya pada siang hari saja namun pada malam hari Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari tempat ini. Pantulan cahaya di sekitar Pantai Talang Siring terpantul di permukaan air laut sehingga terlihat seperti permata indah berkilau.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Talang Siring. Saat air laut sedang surut, banyak wisatawan yang datang kesini memanfaatkan momen ini untuk mencari kepiting berbagai ukuran untuk disantap nantinya. Anak-anak sendiri biasanya suka bermain di pasir pantai yang berbentuk kastil, mencari kerang yang indah. Pantai Talang Siring juga banyak terdapat perahu nelayan, beberapa di antaranya disewakan kepada pengunjung yang ingin menikmati pemandangan sambil menjelajah laut.

Bagi anda yang menyukai aktivitas seperti BBQ, anda juga bisa membuat api unggun di tempat ini dengan mendirikan camp dan membakar kepiting atau mungkin ikan yang bisa anda dapatkan di Pantai Talang Siring. Sambil menikmati makanan lezat, Anda bisa menikmati pemandangan laut yang tenang. Pantai ini juga memiliki kawasan yang dialihfungsikan menjadi hutan bakau sehingga memberikan nuansa alam yang lebih asri.

Fasilitas di Pantai Talang Siring

Fasilitas yang tersedia bagi pengunjung di sekitar Pantai Talang Siring sudah memadai. Anda juga bisa mengandalkan nelayan yang berada di sekitar pantai untuk menaiki perahu yang mengelilingi pantai sehingga pengunjung dapat menikmati pantai Talang Siring dari dekat.

Para nelayan ini juga biasa menangkap ikan di sebuah bangunan bernama Rumah Bagang yang berada di sisi timur pantai. Rumah dengan bentuknya yang unik ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran bagaimana cara para nelayan menangkap ikan di sana.

Sebenarnya fasilitas yang ada di tempat ini tidak banyak, namun Anda masih bisa menemukan tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan bermotor dan terdapat warung-warung di sekitar pantai Talang Siring yang menjual berbagai macam makanan dengan harga terjangkau. Tentu saja bisa membantu perut Anda yang lapar setelah bermain di pantai selama berjam-jam.

Berburu foto di Pantai Talang Siring

Saat anda berkunjung ke pantai ini anda tidak hanya bermain-main atau menikmati pemandangan saja, namun wajib untuk mengabadikan pemandangan yang akan anda temukan di kawasan pantai Talang Siring. Ada beberapa lokasi yang bisa Anda manfaatkan, seperti berfoto dengan latar belakang birunya air laut atau dengan latar hutan bakau. Berlayar menyusuri laut dengan perahu nelayan juga memungkinkan Anda mengabadikan pemandangan sekitar, mungkin ikan-ikan yang muncul di permukaan air. Anda kemudian dapat memposting foto hasil jepretan Anda ke berbagai media sosial.

Dengan cara ini secara tidak langsung kita akan ikut membantu mempromosikan wisata pantai Madura agar lebih dikenal dan tentunya akan berdampak pada masyarakat sekitar melalui peningkatan perekonomian seperti penjualan, parkir dan pelayanan. Kita tidak perlu menunggu pemerintah ikut terlibat dalam pengembangan pariwisata daerah. Kita juga berhak mempromosikan destinasi daerah agar lebih dikenal dan menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya.

Baca Juga: Wisata Pulau Tabuhan, Destinasi Bagus Untuk Selancar

Akses jalan menuju Pantai Talang Siring

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, akses jalan menuju lokasi mungkin sangat mudah, karena poros utama menuju Kabupaten Sumenep melewati pantai ini. Wisatawan yang datang dapat menggunakan kendaraan bermotor sekitar 15 km sebelah timur pusat kota Pamekasan. Untuk menuju pantai Talang Siring anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang tersedia disana, untungnya didukung dengan kondisi jalan yang sangat baik.

Anda juga bisa dengan mudah bertanya kepada warga sekitar jika Anda mengendarai kendaraan pribadi dan masih bingung dimana lokasi di Talang Siring. Masyarakat di sana akan dengan senang hati memandu Anda, karena banyak yang mengetahui pantai yang satu ini.

Biaya masuk ke Pantai Talang Siring

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Talang Siring

  • Buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga 17.00

Tips berlibur di Pantai Talang Siring

  • Lebih baik menggunakan tabir surya
  • Jangan lupa membawa topi atau kacamata
  • Membawa perbekalan minuman dan makanan
  • Bawalah kamera untuk foto

Galeri foto Pantai Talang Siring

Selamat datang di Pantai Talang Siring
Gambar Pantai Talang Siring
permainan untuk anak-anak
Potret perahu nelayan di pantai

Spot foto di ayunan
Sunrise di Pantai Talang Siring

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button