Tempat Wisata

Pantai Taman: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kemanapun kita bertamasya, pantai sepertinya menjadi suatu keharusan. Berapa kalipun kita datang ke pantai, tidak akan pernah ada momen yang membosankan. Bagaimana tidak, siapa yang tidak menyukai liburan di antara pantai berpasir yang indah dan laut biru? Jadi masih ada pantai-pantai di Pacitan yang wajib kamu kunjungi jika berencana berwisata ke sana dalam waktu dekat.

Pantai Taman merupakan objek wisata yang terletak tepatnya di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Di tempat ini Anda bisa menikmati pemandangan khas pantai yaitu pasir putih kecokelatan yang lembut, air laut yang biru dan suara merdu ombak yang menghempas bebatuan. Nuansa seperti ini benar-benar memberikan rasa tenang dan semua beban di pundak terasa bisa hilang begitu saja.

Selain panorama, ada beberapa hal lain yang menambah daya tarik tempat ini sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Pantai Taman, terutama pada saat hari raya lebaran atau liburan sekolah. Bisa dibilang Pantai Taman ini sangat luas, terbentang dari ujung timur hingga ujung barat. Ada pula danau buatan dengan air payau atau campuran air tawar dan air laut di sisi timur pantai ini. Selain itu, ada juga mata air di dekat danau yang bisa Anda nikmati.

Beruntung ombak di pantai ini tidak besar atau ganas, jadi bagi Anda yang ingin merasakan bermain atau berenang di laut bisa langsung mencobanya. Di sini Anda tidak hanya bisa berenang di laut, tetapi juga bermain voli pantai yang pastinya sangat seru, atau bermain pasir dan membangun istana bersama anak-anak Anda.

Jika aktivitas di atas kurang menantang bagi Anda, Anda harus mencoba salah satu wahana outbond di Pantai Taman, yaitu Flying Fox. Jangan bayangkan flying fox yang biasa Anda temukan di tempat-tempat wisata. Di sini Flying Fox berbeda karena panjang wahananya sendiri sekitar 415 meter, terpanjang di Indonesia dengan waktu tempuh sekitar 30 detik. Benar-benar menantang keberanian Anda.

Namun bagi Anda yang takut ketinggian atau tidak bisa berenang, ada kegiatan yang lebih menyenangkan untuk dilakukan di tempat ini yaitu mengamati penyu. Kawasan pesisir Pantai Taman Pacitan lebih tepatnya di Desa Hadiwarno merupakan salah satu kawasan yang sering menjadi tempat bertelur penyu. Jenis penyu yang sering bersarang di kawasan ini antara lain penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan juga penyu abu-abu. Menurut warga sekitar Pantai Taman, belum bisa diprediksi kapan penyu akan datang ke pantai dan bertelur. Setelah bertelur di pantai, penyu ini kembali ke perairan Australia untuk mencari makan. Telur penyu ini dibawa ke penangkaran oleh masyarakat setempat. Dibutuhkan sekitar 54 hari untuk menetaskan telur. Tukik atau bayi penyu kemudian dirawat sebelum dilepas ke laut.

Tidak semua bayi penyu atau tukik dilepas ke laut, ada pula yang sengaja dipelihara untuk dilihat dan diteliti lebih lanjut oleh wisatawan yang datang ke sana.

Fasilitas di Pantai Taman

Dengan pengelolaan yang baik, tempat wisata ini sudah memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dibutuhkan oleh para pengunjung yang datang ke sana. Fasilitas yang bisa Anda temukan di Pantai Taman antara lain:

– Tempat peristirahatan umum

Padahal, toilet atau kamar mandi umum merupakan salah satu fasilitas penting yang harus ada di setiap objek wisata dan di pantai ini anda tidak perlu lagi pusing mencari toilet umum karena di kawasan ini ada beberapa yang bisa anda gunakan jika diperlukan. . Di sini juga tersedia ruang ganti.

– Area parkir

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting karena tentunya banyak wisatawan yang datang kesana menggunakan kendaraan pribadi sehingga perlu mencari tempat yang aman dan nyaman untuk memarkirkan kendaraannya. Di sini juga terdapat tempat parkir mobil yang cukup luas yang bisa digunakan pengunjung jika membawa kendaraan bermotor sendiri.

– Kamar untuk menginap

Bagi Anda yang tertarik untuk menginap di kawasan Pantai Taman, ada beberapa pilihan penginapan yang harganya bervariasi namun tetap terjangkau. Atau, Anda juga bisa berkemah di pantai ini.

– Bilik atau tempat makan

Anda yang tidak ingin repot menyiapkan bekal makanan juga tidak perlu takut kelaparan, karena di kawasan sekitar Pantai Taman juga terdapat beberapa warung atau kantin yang menjual berbagai makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Berburu foto di Pantai Taman

Berburu foto di Pantai Taman pasti akan menyenangkan karena tempat wisata ini luas dan memiliki pemandangan yang indah. Pepohonan seperti kelapa dan lain-lain di sekitar pantai juga menambah indah panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang lautan biru dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto bagus yang dapat langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen menyaksikan perlindungan penyu di sana, terutama saat telurnya mulai menetas.

Baca Juga: Pantai Kali Uluh, Mengheningkan Surga Tersembunyi di Pacitan

Akses jalan menuju Pantai Taman

Jika Anda tertarik dan ingin datang ke pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dengan rute yang relatif mudah. Jika Anda dari arah Pacitan, silakan lurus melalui Jalan Lintas Selatan (JLS). Dalam perjalanan juga akan melewati pantai yang berada tepat di pinggir jalan yaitu Pantai Soge. Sesampainya di Desa Hadiwarno, silahkan cari papan nama Pantai Taman.

Biaya masuk ke Pantai Taman

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Garden Beach

Tips liburan di Pantai Taman

  • Bawa baju ganti
  • Jangan lupa gunakan tabir surya
  • Jangan dibuang
  • Lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah

Galeri foto Pantai Taman di Pacitan

Pantai Taman di Pacitan
Potret patung kura-kura ikonik
Keindahan taman pantai
Wahana flying fox di Pantai Taman
Berburu foto romantis
Spot foto terbaik dengan patung penyu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button