Tempat Wisata

Pantai Tiku Agam – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000 Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Tiku Selatan, Kec. Tanjung Mutiara, Cab.Agam, Sumatera Barat; Map: verifikasi lokasi

Sumatera Barat mempunyai pantai indah bernama Pantai Tiku yang terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Pantai indah ini memiliki panjang sekitar 1 km dan membentang di sepanjang pantai berpasir putih. Selain itu, pohon pinus juga tumbuh subur di pantai barat sehingga memberikan tampilan yang aduhai.

Karena banyaknya hutan pinus di pantai barat, banyak wisatawan berduyun-duyun ke sini untuk bersantai dan menikmati momen matahari terbenam di sore hari. Bahkan ada juga wisatawan dari luar Pulau Sumatera yang berlibur ke tempat wisata alam pantai ini karena terpesona dengan pemandangan alamnya.

Selain itu ombak di Pantai Hits juga terbilang tenang sehingga cocok untuk bermain air. Oleh karena itu, banyak keluarga asal Sumatera Barat yang datang berlibur bersama anak-anaknya untuk bermain air di tepi pantai. Selanjutnya kita akan sedikit mengulas tentang pantai indah ini, dimulai dari daya tariknya.

Daya Tarik Pantai Tiku

Atraksi di Pantai TikuFoto: Google Maps/Murfida Yanti

1. Pasir putih yang luas

Daya tarik pertama yang akan Anda lihat di Pantai Tiku Agam adalah pantai berpasir putih yang membentang sejauh mata memandang. Pasir putihnya ini sangat lembut sehingga cocok untuk berlari dan bermain bersama anak atau orang terdekat Anda.

Anda yang memiliki jiwa narsis pasti langsung terpesona berpose di depan kamera. Jadi pastikan kamera yang Anda bawa memiliki baterai dan memori kosong yang cukup untuk memotret sepuasnya di pantai pasir putih indah ini.

2. Laut yang mempesona

Nama pantai pasti identik dengan laut, karena sebagian besar pantai populer di dunia menggunakan laut sebagai daya tarik utamanya. Begitu pula dengan pantai populer di Sumatera Barat yang air lautnya jernih dan ombaknya tenang ini pastinya menarik banyak wisatawan yang ingin bermain air sepuasnya.

Bahkan anak-anak pun bisa bermain air laut di pantai indah ini hingga puas. Namun jika Anda membawa anak kecil, sebaiknya selalu memperhatikan bayi Anda agar tidak terjadi hal buruk saat bermain air laut.

3. Laguna Tiku

Daya tarik Pantai Tiku Agam selanjutnya adalah danau air asin yang terbentuk secara alami bernama Laguna Tiku. Danau air asin yang hanya dipisahkan oleh hamparan pasir putih sempit membuat Laguna Tiku sangat diminati wisatawan.

Terdapat rerumputan hijau dan pohon kelapa di beberapa sisi Laguna Tiku membuat kawasan ini sejuk. Ikan dan terumbu karang hidup di danau air asin unik yang terbentuk secara alami.

4. Pemandangan matahari terbenam

Terletak di bagian Sumatera Barat, pantai Tiku yang indah ini menjadi spot yang fantastis untuk menyaksikan matahari terbenam atau terbenamnya matahari. Saat Anda berada di pantai populer ini, Anda wajib menikmati pemandangan matahari terbenam dari Laguna Tiku. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam.

5. Pulau Ujuang dan Tangah

Dari tepi pantai Anda bisa melihat dua pulau kecil bernama Pulau Ujuang dan Pulau Tangah. Anda dapat mengunjungi kedua pulau tersebut dengan menggunakan perahu selama 10 menit. Sesampainya di pulau ini anda akan melihat pantai berpasir putih yang indah, namun angin dari Samudera Hindia sangat terasa disini, jadi berhati-hatilah.

Wisatawan yang hobi scuba diving bisa melakukan aktivitas tersebut di perairan Pulau Ujuang dan Pulau Tangah. Pasalnya, keindahan alam bawah laut di sekitar kedua pulau tersebut masih sangat terjaga dan menarik untuk disaksikan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi di Pantai TikuFoto: Google Maps/Firman Alghazali

Lokasi Pantai Tiku berada di Kecamatan Tanjung Mutiara, Nagari Tiku Selatan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Untuk rutenya, Anda bisa menggunakan Jam Gadang, landmark kota Bukittinggi, sebagai landmarknya. Dari lokasi Jam Gadang silahkan menuju Jl. H. Agus Salim, lalu belok kanan menuju Jl. Panorama.

Dari Jl Panorama terus lurus hingga menemukan pertigaan Jl. Binuang, lalu belok kiri. Ikuti Jl Binuang atau dikenal juga dengan Jl. Padang Lua – Maninjau hingga pintu masuk di Jl. Belok 44 dan sampai di perempatan Pasar Tradisional Maninjau. Silakan belok kanan di persimpangan pasar menuju Jl. Maninjau – Lubuk Basung.

Ikuti terus Jl. Maninjau – Lubuk Basung hingga pintu masuk di Jl. Masuk Diponegoro dan Jl. Siti Manggopoh kemudian tampil di Jl. lagi a. Raya Tiku. Dari Jl Raya Tiku terus berjalan lurus hingga sampai di kawasan tujuan wisata. Itinerary ini dapat memakan waktu 2 jam 24 menit dengan kendaraan pribadi dan menempuh jarak kurang lebih 79 km.

Biaya masuk wisata pantai

Mengunjungi destinasi laut umumnya memerlukan tiket masuk yang dipungut dari wisatawan. Pengelola Pantai Tiku Agam mematok tarif masuk yang terjangkau antara Rp 5.000 hingga Rp 7.500 per orang.

Tiket masuk belum termasuk biaya parkir kendaraan (bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi). Tarifnya Rp 5.000 per kendaraan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Tiku

Aktivitas seru di Pantai TikuFoto: Google Maps/Yoga Gunara

1. Mainkan air laut

Saat berlibur ke pantai, pasti sebagian besar orang ingin bermain air laut. Begitu pula dengan pantai indah Sumatera Barat yang satu ini, ombaknya kecil sehingga semua orang bisa bermain air dengan gembira. Namun, orang tua yang membawa anak sebaiknya selalu mengawasi bayinya untuk melindunginya.

2. Bermain di Pantai Pasir Putih

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Tiku adalah bermain di pasir putih pantai yang sangat lembut. Karena pasir putihnya yang cukup luas (sekitar 1 km), Anda bisa bermain sepuasnya bersama orang-orang di sekitar Anda.

3. Menikmati pemandangan matahari terbenam

Sunset atau matahari terbenam merupakan momen yang digandrungi banyak orang. Dari pantai populer ini, wisatawan juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam yang mengubah warna langit dari biru menjadi kuning kemerahan, lalu perlahan tenggelam dan kemudian muncul bintang-bintang.

4. Berfoto di Pantai Tiku

Kalau liburan atau jalan-jalan pasti ada yang namanya fotografi. Aktivitas yang satu ini sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap wisatawan ketika memasuki wisata pantai alami ini. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda manfaatkan seperti laut, pasir putih, hutan pinus dan beberapa spot foto lainnya.

Anda juga bisa berfoto sambil bermain air atau di pantai berpasir putih. Oleh karena itu, Anda harus memiliki lebih banyak baterai dan memori yang siap untuk mengambil foto sebanyak yang Anda inginkan.

5. Kunjungan ke pulau Ujuang dan Tangah

Tadi disebutkan ada dua pulau yang terlihat di kejauhan dari bibir pantai Tiku Agam. Pulau Ujuang dan Pulau Tangah dapat dikunjungi wisatawan dengan menggunakan perahu dalam waktu sekitar 10 menit.

6. Menyelam

Tak jauh dari Pulau Ujuang dan Pulau Tangah terdapat lokasi penyelaman yang fantastis. Bagi wisatawan yang mempunyai hobi scuba diving atau selam scuba, sebaiknya mencoba tempat-tempat di sekitar perairan pantai Tanjung Mutiara yang populer.

Ada banyak biota laut yang mudah ditemukan seperti ikan dan terumbu karang. Anda dapat menyewa perahu nelayan untuk membawa Anda ke setiap lokasi penyelaman yang menakjubkan.

7. Menikmati seafood di Pantai Tiku

Aktivitas menarik terakhir yang wajib Anda lakukan adalah menikmati seafood. Karena sebagian besar penduduk di sekitar pantai ini sebagian besar adalah nelayan dan mengolah ikan hasil tangkapannya dengan sangat segar dan enak. Jadi cobalah meluangkan waktu untuk menyantap makanan laut di warung-warung sekitar pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai TikuFoto: Google Maps/Risdianto

1. Parkir kendaraan

Keistimewaan Pantai Tiku yang pertama adalah tempat parkir kendaraan. Di kawasan ini wisatawan bisa memarkir berbagai kendaraannya, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus wisata. Semua kendaraan ini dijaga oleh penjaga taman hingga wisatawan pulang.

2. Kamar mandi dan toilet umum

Kebanyakan wisatawan tertarik bermain laut sesampainya di Pantai Tiku karena tenangnya ombak di sana. Maka pihak pengelola kemudian mendirikan toilet untuk ganti pakaian dan mencuci dengan air bersih, serta terdapat juga toilet umum yang bisa digunakan untuk buang air kecil dan besar.

3. Gazebo dan tempat duduk

Terakhir, terdapat gazebo dan area tempat duduk yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai dan menitipkan barang bawaannya. Kedua fasilitas ini tersebar luas di berbagai sudut pantai, sehingga wisatawan dapat memutuskan sendiri tempat mana yang terbaik untuk bersantai.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Tiku yang terletak di Nagari Tiku Selatan Kabupaten Agam. Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai indah ini, mohon selalu menjaga kebersihan agar anda bisa terus menikmati pantai indah ini bersama-sama.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button