Tempat Wisata

Pantai Tiska, pantai eksotis dengan panorama matahari terbenam yang mempesona di Bandar Lampung

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00 – 22.00 WIB, Alamat: Srengsem, Kec. Panjang, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Masyarakat Lampung sepertinya tak pernah kehabisan wisata pantai yang menawan. Dari sekian banyak destinasi wisata, Pantai Tiska merupakan salah satu destinasi bahari yang bisa dikatakan aman dan tenteram.

Padahal, pemandangan ini tercipta karena deburan ombak yang tenang, pasir putih yang bersih, dan pemandangan alam yang menyejukkan. Penasaran?

Daya Tarik Pantai Tiska

Daya Tarik Pantai TiskaFoto oleh Nurihyatun Sardjono di Google Maps

✦ Melihat pantai pasir putih yang menakjubkan

Nikmati keindahan pasir putih dan pemandangan yang seolah tiada habisnya. Pantai Tiska merupakan salah satu pantai favorit warga setempat untuk melepas penat dan mencuci mata. Tapi apa yang membuat tempat ini begitu istimewa?

Mungkin salah satu alasannya adalah pasirnya yang putih bersih dan ombaknya yang tenang. Kawasannya juga berada di pinggir Jalan Raya Trans Sumatera sehingga lebih mudah dijangkau dan menjadi tempat beristirahat. Selain itu, Anda juga akan disuguhi keindahan alam khas Bandar Lampung.

Keunikan lain dari Pantai Tiska adalah bentuk pantainya sendiri, bisa dikatakan pantai ini lebih panjang dan tidak lebar. Padahal, panjang garis pantai hanya sekitar 300-500 meter. Namun luas kawasan wisatanya mencapai 4 hektar dengan tambahan berbagai fasilitas dan wahana.

✦ Opsi putar dan tempat selfie

Untuk menarik wisatawan muda, beberapa tempat indah untuk fotografi telah didirikan di beberapa bagian pantai. Diantaranya adalah jembatan besi, tempat istirahat kapal, serta bukit dan pepohonan di dekat pantai.

✦ Pemandangan matahari terbenam yang maksimal

Satu hal yang pasti: pantai di Bandar Lampung menghadap langsung ke barat. Jadi saat matahari berada di ufuk barat yakni saat matahari terbenam, Anda akan dihadiahi pemandangan matahari terbenam yang luar biasa.

Pemandangan langsung terlihat begitu indah mengingat pegunungan terlihat di ujung cakrawala. Keindahan ini kerap dikejar pengunjung sehingga rela menunggu hingga langit gelap.

✦ Fasilitas penunjang yang sangat menarik

Fasilitas dan wahana pelengkap yang ada di Pantai Tiska menjadikannya pantai yang populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan. Kenapa ini? Alasannya cukup lengkap dan berbeda dari yang lain. Diantaranya adalah taman bermain anak, futsal, dan voli pantai.

Pengunjung dapat menikmati berbagai fitur air. Mulai dari pilihan yang ramah kantong seperti menyewa perahu karet dan naik kano hingga perjalanan tanpa air seperti perkemahan hingga becak mini. Ini bisa sangat menyenangkan bagi si kecil.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai TiskaFoto oleh Toko Dara di Google Maps

Di mana letaknya? Letaknya sangat strategis di Srengsem, Panjang, dekat sekali dengan pusat kota. Anda bisa menemukannya dengan mudah karena kawasannya berada tepat di pinggir Jalan Raya Sumatera Lampung. Oleh karena itu rutenya cukup mudah.

Jika Anda datang dari pusat kota atau Rajabasa, ikuti saja jalan menuju By Pass. Kemudian terus melewati Panjang dan belok kanan sebelum Pertamina. Nantinya akan ada plang jalan bertuliskan TISKA.

Tak perlu mengeluarkan biaya mahal, Anda bisa memasuki kawasan Pantai Tiska dengan membayar HTM sekitar 10.000. Biaya parkir terpisah namun mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 tergantung kendaraan dan jumlah penumpang. Dan perlu diingat juga bahwa biaya setiap perjalanannya juga berbeda-beda.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Pantai TiskaFoto oleh Rois Muttaqin di Google Maps

1. Bermain air dan bersenang-senang dengan seluncuran air

Selain menjadi nilai plus dan daya tarik tersendiri, ternyata ombaknya yang tenang dan airnya yang jernih membuat bermain air semakin menyenangkan. Jika Anda bepergian bersama si kecil, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika mereka bermain di pinggir lapangan. Bahkan untuk anak-anak yang suka berenang, airnya tidak terlalu dalam dan ombaknya masih tenang.

Belum lagi apakah mereka ingin mencoba wisata air yang seru. Pantai Tiska menawarkan berbagai permainan seperti banana boat, kano, dan penyewaan perahu karet. Harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 20.000 saja.

2. Berfoto dengan pemandangan indah saat matahari terbenam

Jangan buru-buru pulang kalau mampir ke pantai di Lampung ini! Tunggu setidaknya sesaat sebelum senja atau saat matahari terbenam. Pasalnya, pantai berpasir putih ini terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya yang mempesona dan layak untuk diabadikan.

Bagi penggemar selfie, momen inilah yang menjadi puncak fotografi. Anda bisa berpose di beberapa spot favorit seperti di dermaga atau di sekitar pepohonan pantai. Kemudian mengambil foto dan mengunggahnya ke media sosial untuk berbagi kenangan.

3. Menjajal fasilitas menantang di Pantai Tiska

Bosan dengan aktivitas pantai yang itu-itu saja? Ada juga beberapa wahana di Pantai Tiska yang patut untuk dicoba. Wahana air seperti banana boat dan kano biasanya menjadi dambaan para wisatawan. Namun jika ingin lebih santai, Anda juga bisa mencoba becak mini bersama si kecil.

Salah satu wahana atau fasilitas yang sangat istimewa adalah lapangan futsal. Anda bisa datang dan bermain futsal ditemani semilir angin segar dari pantai. Jangan lupa juga ada tempat perkemahan di pantai ini. Jadi Anda bisa bermalam dalam suasana berkemah atau mencoba pergi ke akomodasi terdekat untuk beristirahat.

4. Santai dan istirahat

Bagaimana kalau Anda mampir dan istirahat saja sepanjang perjalanan? Tak perlu khawatir, di Pantai Tiska sudah terdapat paviliun dan pondok istirahat yang bisa Anda sewa. Tempat ini tertata rapi di sepanjang pantai dan menawarkan pengalaman tak terlupakan. Hal ini menawarkan perasaan seru untuk beristirahat, makan sekaligus menikmati keindahan pantai.

Tapi ingat, paviliun ini tidak gratis. Anda perlu menyewa paviliun dengan harga mulai dari Rp 50.000 yang mampu menampung minimal 5-6 orang. Jika tidak dipungut biaya, cukup siapkan tikar dan dibentangkan di pinggir pantai untuk piknik.

5. Wisata kuliner

Agar waktu piknik dan istirahatmu semakin berkesan, jangan lupa untuk mencoba produk kuliner yang ditawarkan. Di sepanjang kawasan wisata Anda akan menemukan beberapa penjual makanan dan food court yang menyajikan berbagai makanan dan minuman.

Biasanya mereka menyajikan lebih banyak seafood, namun Anda juga bisa mencoba makanan atau hidangan lain dengan harga mulai dari Rp 15.000 saja.

6. Memancing

Tertarik memancing? Mungkin! Tak sedikit pengunjung yang lewat datang dengan membawa perlengkapan memancing dan duduk-duduk di dekat dermaga perahu. Kegiatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menunggu hingga senja sambil menyaksikan matahari terbenam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas pantai TiskaFoto oleh Toko Dara di Google Maps

Fasilitas wisatanya sebenarnya cukup baik untuk kawasan wisata dasar Pantai Tiska. Terdapat area untuk mencuci kamar dan kamar mandi di sekitar pantai, tidak jauh dari alun-alun. Begitu juga untuk musala dan tempat istirahat.

Untuk istirahat yang santai dan nyaman, Anda bisa menyewa kabin atau gazebo. Namun jika lebih suka piknik, Anda bisa membawa tikar dan membentangkannya di pantai yang bersih. Penting untuk memperhatikan kebersihan.

Terkait fasilitas keselamatan, pihak pengelola juga telah menetapkan batas aman untuk berenang. Namun ombak dan pantai mempesona ini sendiri cukup aman dan airnya tidak terlalu dalam. Artinya, orang tua bisa terus mengawasi rumah liburan di Pantai Tiska.

Pada dasarnya Pantai Tiska di Lampung yang terkenal dengan pantai pasir putihnya sedang naik daun. Setelah populer, banyak pengunjung yang datang karena penasaran dengan keindahan dan kebersihan laut yang ditawarkan. Jangan lewatkan kesempatan ini, datanglah!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button