Tempat Wisata

Pantai Wakatobi Wambuliga – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sombu, Kec. Wangi Kidul, Kab.Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Wambuliga di Wakatobi kerap dijadikan objek wisata yang menarik perhatian. Kawasan destinasi memang diberkahi dengan pemandangan yang bisa memanjakan mata. Ada pasir putih dan air laut yang bersih, yang bisa dijadikan tempat berkumpul dengan sanak saudara. Juga, tidak ada bebatuan di sekitar pasir, jadi Anda tidak perlu memakai sepatu.

Pantai indah ini cocok dikunjungi saat cuaca cerah karena ombaknya akan kencang saat musim hujan. Traveler bisa meminjam berbagai peralatan bermain yang begitu lengkap di pesisir pantai. Namun, para tamu juga bisa mempersiapkan perlengkapannya sendiri sebelum keberangkatan. Yang paling penting adalah membawa jaket pelampung jika Anda bukan perenang yang baik.

Selama liburan, wisatawan bisa menikmati udara sejuk karena banyak tanaman. Suasana ini sering menjadi incaran wisatawan mancanegara karena masih bernuansa alam. Tak heran jika pantai ini selalu ramai baik pada hari kerja maupun hari libur. Oleh karena itu, pilihlah Pantai Wambuliga di Wakatobi untuk bersenang-senang bersama keluarga.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Wmbuliga

Objek wisata Pantai WambuligaKredit foto: Google Maps Gracia Oroh

1. Suasana menyenangkan

Pantai Wambuliga menawarkan suasana yang sangat menyenangkan untuk berlibur. Banyak gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat sambil ditemani suara deburan ombak pantai. Selain itu, pendopo dilengkapi dengan kanopi agar tidak kepanasan. Itu membuat tamu senang.

Wisatawan yang berada di sekitar juga bisa menikmati es kelapa muda sambil bersantai. Tempat yang dikelilingi pepohonan tinggi selalu menarik karena ada angin sepoi-sepoi. Suasana ini jarang ditemukan di wilayah kota lainnya. Maka dari itu, cobalah untuk menikmati liburan Anda dengan memilih wisata yang memiliki suasana yang menyenangkan.

2. Dermaga

Ada tanda selamat datang di pintu masuk untuk menyambut wisatawan. Selain itu, Anda juga akan melihat dermaga berbentuk huruf T. Biasanya, pada hari-hari tertentu dermaga sering digunakan untuk pertunjukan. Ada tarian hingga live music yang dibawakan oleh penduduk setempat.

Wisatawan bisa menyaksikan pertunjukan sambil duduk santai di kawasan pantai. Bahkan, dermaga kerap dijadikan tempat unik untuk menarik perhatian wisatawan. Pengunjung juga bisa menggunakan ponsel atau kamera untuk berfoto di sekitar dermaga. Oleh karena itu, dermaga adalah tempat yang harus Anda lihat dari dekat saat liburan.

3. Panorama yang menarik

Pantai Wambuliga memiliki panorama yang membuat pengunjung betah. Ada pasir putih yang terasa begitu lembut karena tidak ada bebatuan. Selain itu, ada juga air laut yang begitu jernih dan memiliki warna senada dengan awan. Keindahan ini membuat destinasi ini selalu dikunjungi oleh semua orang.

Pepohonan yang rimbun terdapat di setiap bibir pantai menambah keindahannya. Anda bisa berteduh di bawah pohon sambil menyaksikan deburan ombak laut. Wisatawan biasanya juga membawa kamera untuk memotret berbagai panorama alam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai WambuligaKredit foto: Google Maps LuQman

Pantai Wambuliga terletak di daerah Sombu, Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Biasanya pada hari Sabtu dan Minggu jalan menuju pantai sudah ramai karena ingin melihat panorama. Lokasi destinasi wisata ini juga mudah ditemukan dan dekat dengan poros lalu lintas utama. Begitu banyak kendaraan umum yang melintas di sana.

Wisatawan bisa mengambil jalur ke arah timur menuju Jalan Poros Longa. Lalu lurus ke Jalan Ir. Soekarno yang sangat dekat dengan kawasan pantai. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Dr. Soetomo kemudian mengikuti rambu-rambu agar lebih mudah. Sebaiknya pengunjung berangkat pagi-pagi sekali untuk menghindari macet dan menikmati liburan sampai puas.

Tamu yang membawa ponsel bisa melihat Google Maps agar tidak tersesat. Ditambah lagi, penduduk setempat juga ramah, sehingga traveler bisa bertanya langsung. Hal ini tidak membuat takut para traveler, meski baru pertama kali mengunjungi pantai. Nikmati perjalanan dengan bercengkrama dengan sanak saudara dan melihat keramaian.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Pantai Wambuliga sering dijadikan wisata keluarga, karena harganya masih terjangkau. Wisatawan tidak dikenakan biaya tiket sebelum masuk, namun jika ingin menikmati semua pantai yang ada di Wakatobi, Anda perlu membayar Rp 160.000. Harga ini untuk masuk saja, jadi pengunjung yang ingin bermain bisa menyewa perlengkapannya.

Wisatawan yang menuju ke pantai ini bisa naik speedboat atau membawa kendaraan pribadi. Terdapat tempat parkir di bagian depan dengan harga tiket Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda. Kursus ini berlaku setiap hari dan dijaga ketat oleh pejabat. Namun bagi yang menyewa speedboat bisa mendatangi persewaan tersebut.

Di sudut lain ada warung makan yang menjual sembako dengan harga murah. Anda juga bisa menyewa peralatan permainan air. Permainan dikenakan tarif yang bervariasi tergantung pada wahana yang Anda pilih untuk disewa. Jadi traveler tidak perlu khawatir dengan budget yang tinggi, karena harga yang tertera dijamin ramah kantong.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Wambuliga

Aktivitas Seru Pantai WmbuligaSumber gambar: Google Maps Claradyka Nachita

1. Ambil foto

Pantai Wmbuliga yang indah cocok dijadikan latar foto. Pengunjung bisa berdiri di antara pasir dan air laut, yang membuat hasil fotonya semakin bagus. Hasil foto semakin cantik saat cuaca sedang cerah. Jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama keluarga selama Anda menghabiskan waktu di sana.

2. Mainkan air

Biasanya saat liburan pantai, pengunjung sering berenang atau sekedar bermain air. Ombak pantainya juga tidak terlalu besar, jadi tidak akan membuatmu takut jika berada di dekat air. Traveler bisa membawa baju ganti dan jaket pelampung untuk menikmati kejernihan laut. Jadi jangan lupa untuk mencoba berenang selama kunjungan Anda.

3. Permainan Pinjam

Kawasan pantai menawarkan berbagai macam permainan yang bisa disewa oleh wisatawan. Traveler bisa mencoba banana boat, jet ski, dan kano untuk menikmati liburannya. Petugas juga akan mendampingi wisatawan jika tidak pandai bermain. Jadi Anda tidak perlu takut lagi menyewa fitur air dengan mengajak teman dan keluarga.

4. Di sekitar pantai

Pantai Wambuliga memiliki suasana yang menyenangkan karena banyaknya pepohonan hijau yang berdiri kokoh. Hal ini membuat pengunjung ingin berjalan-jalan menikmati waktu santai. Selain itu, pantai ini juga merupakan kawasan yang cukup luas, meski ramai pengunjung tetap bisa berkeliling tanpa berdesak-desakan dengan pengunjung lain yang datang.

5. Bermain pasir

Pasir di area pantai cocok untuk tempat bermain. Wisatawan sering membawa bola voli, jaring, dan cetakan pasir untuk membuat liburan mereka lebih seru. Selain itu, traveler juga bisa membawa tikar jika ingin berjemur. Pasir yang terhindar dari sampah membuat Anda betah dan menjadi tempat yang tidak boleh dilewatkan.

6. Kunjungan ke Warung

Kios makanan dan minuman tepi pantai di Pantai Wambuliga menawarkan cita rasa yang nikmat. Jika tidak membawa bekal, Anda bisa mampir ke stand kuliner. Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat hingga es krim segar. Tempat duduk di warung juga dilengkapi dengan meja panjang.

7. Lihat matahari terbenam

Pemandangan matahari terbenam atau sunset sangat menarik jika dilihat dari pantai. Suasana senja ini mampu membuat kawasan pantai menjadi indah. Wisatawan biasanya mengabadikan langit senja dengan kamera. Selain itu, dengan pencahayaan yang tepat, Anda juga bisa mengambil foto saat sunset, sehingga foto terlihat seperti siluet.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai WmbuligaKredit foto: Google Maps fitri dwi Prita

Fasilitas yang ada di Pantai Wmbuliga terbilang cukup lengkap dan dapat menunjang kegiatan wisata disana. Di sekitar pantai banyak terlihat paviliun yang berjejer untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Ada toilet di area lain yang selalu dibersihkan oleh petugas untuk digunakan semua pemudik.

Pengelola menyediakan tempat persewaan berbagai fitur air yang kerap dipinjam wisatawan. Anda bisa memilih permainan sesuka hati menggunakan pelampung agar tetap aman. Selain itu, tamu yang merasa lapar bisa mampir ke warung-warung yang ada di pinggir pantai. Ini menawarkan makanan dengan berbagai rasa.

Pantai Wambuliga juga memiliki tempat parkir di bagian depan dekat pintu masuk. Bisa menampung motor, mobil, bus karena cukup luas. Pengunjung yang mengajak anak kecil juga bisa mengunjungi taman bermain untuk bermain ayunan dan seluncuran. Ini adalah bagaimana Anda merasa nyaman selama kunjungan Anda.

Demikian ulasan beberapa hal menarik tentang Pantai Wambuliga di Wakatobi yang menawan hati. Traveler bisa mengajak kerabat dekat untuk menjajal fitur air seru sambil bersantai. Siapkan peralatan yang diperlukan agar tidak bosan. Jangan lupa siapkan kendaraan dan budget yang cukup sebelum pergi berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button