Tempat Wisata

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul 🏖 Rute dan harga tiket

Anda yang pernah berwisata ke Gunung Kidul Yogyakarta pasti pernah mendengar tentang pantai bernama Watu Kodok. Pantai Watu Kodok merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Bantul yang sangat populer dan sangat digemari wisatawan dari berbagai daerah.

Berkunjung ke pantai merupakan salah satu cara menyegarkan otak. Apalagi jika liburanmu ditemani oleh orang terdekat pasti akan terasa lebih lengkap dan menyenangkan. Namun ingatlah untuk mempersiapkan tujuan Anda sebelum memutuskan berlibur untuk menikmati waktu menyenangkan bersama.

Pantai Watu KodokPantai Watu Kodok

Dinamakan pantai ini Watu Kodok karena memiliki kekhasan yaitu terdapat dua buah batu karang yang menyerupai bentuk katak, dalam bahasa Indonesia berarti katak. Kedua batu karang tersebut terletak di pantai barat dan timur. Pantai Watu Kodok memiliki pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar.

Oleh karena itu cocok bagi anda yang ingin bermain pasir dan air pantai. Banyak pohon seperti pinus udang dan pohon pandan tumbuh di sepanjang pantai. Pepohonan ini membuat Anda semakin nyaman mencari perlindungan sambil menghirup udara pantai yang unik.

Pantai ini berbatasan dengan Pantai Panjang. Dalam perjalanan menuju lokasi Pantai Watu Kodok, terdapat berbagai pemandangan yang memanjakan mata. Contohnya saja perbukitan dan persawahan yang indah, sangat bagus untuk menyegarkan mata.

Biaya masuk

Anda bisa mengunjungi Pantai Watu Kodok kapan saja. Pasalnya pantai ini buka 24 jam sehari. Untuk menggantikan keindahan yang mempesona tersebut, Anda cukup menyiapkan tiket masuk senilai Rp 10.000 per orang.

Biaya parkir juga berlaku bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan bermotor. Untuk parkir, pengendara sepeda motor dikenakan biaya Rp 3.000 dan pengemudi mobil dikenakan biaya Rp 5.000. Murah dan terjangkau dibandingkan membeli makanan siap saji di kafe-kafe populer.

Rute Menuju Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok terletak di Dusun Kelor di Kecamatan Kemadang, Tanjungsari, Kawasan Gunung Kidul. Pantai ini terletak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Waktu yang tepat untuk tiba di tempat ini adalah sekitar 2 jam dari Malioboro.

Rute yang perlu Anda tempuh untuk menuju lokasi bisa dimulai dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah timur. Kemudian ikuti Jalan Panembahan Senopati dan lewati Jalan Brigjen Katamso. Setelah itu berkendara ke Jl Kolonel Sugiono dan belok selatan menuju Jl Sisingamangaraja.

Kemudian ikuti Jalan Imogiri Barat dan belok timur melalui Jalan Siluk. Kemudian berjalan lurus menyusuri jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk arah dengan nama pantai tersebut. Kemudian ikuti petunjuk tersebut hingga Anda menemukan gerbang masuk menuju pantai.

Jalan menuju pantai ini berkelok-kelok, akses menuju tempat di belakang gapura juga agak sempit dan hanya terbuat dari beton. Namun masih bisa diakses dengan kendaraan bermotor atau mobil pribadi.

Daya Tarik Pantai Watu Kodok

Meski jalannya seperti ini, keindahan yang ditawarkan tidak akan mengecewakan Anda. Pesona alam yang luar biasa menghilangkan penat dan membuat puas serta tenang. Jalur pantai ini cukup mudah karena sejajar dengan Pantai Baron dan Pantai Indrayanti.

Ada beberapa hal menarik di pantai ini yang bisa Anda nikmati bersama teman atau keluarga. Beberapa kegiatan menariknya antara lain:

Di sebelah barat dan timur pantai terdapat dua buah batu karang yang berbentuk seperti katak. Anda bisa menikmati kedua batu ini sebagai ikon foto yang bagus. Selain itu pantai ini juga mempunyai bebatuan karang yang tidak kalah eksotik dengan pantai lainnya.

Pantai ini memberikan ruang yang cukup bagi Anda yang ingin mendirikan tenda atau berkemah bersama teman atau keluarga. Keamanannya tidak perlu diragukan lagi karena ada warga yang bertugas menjaga keamanan di sekitar pantai ini.

Jika Anda berencana berkemah di sini, sebaiknya membawa peralatan dan perbekalan dari rumah atau menyewanya dari pusat kota. Pasalnya, terbatasnya perlengkapan berkemah yang tersedia di pantai ini. Tentu ada alternatifnya, Anda akan disuguhi indahnya pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Jika Anda lelah setelah seharian bersenang-senang di pantai, Anda bisa beristirahat di beberapa paviliun yang berada di samping pantai ini. Paviliun ini sangat cocok untuk ngobrol dan makan bersama teman atau keluarga.

Di paviliun ini Anda dapat menyimpan barang-barang pribadi Anda seperti perbekalan, tas dan barang-barang liburan lainnya. Tidak perlu lagi membawa tikar dari rumah atau menyewanya melalui jasa sewa tikar pantai.

Setelah berteduh di pendopo, Anda mungkin akan merasa lapar dan haus. Namun tak perlu khawatir, karena di sini banyak kuliner dengan sajian khas pantai. Jadi jika tidak membawa bekal dari rumah tidak masalah, Anda bisa menimbun makanan dari pedagang pantai.

Bagi anda yang suka fotografi dan berburu, tempat ini merupakan tempat yang direkomendasikan. Pemandangan indah memang wajib untuk diabadikan. Selain pemandangannya yang indah, pantai ini juga sangat bersih dari sampah sehingga hasil jepretan Anda tidak akan rusak.

  • Sebuah pemandangan yang memanjakan mata

Suara gemericik air pantai yang menghantam bebatuan di tepi pantai menambah keindahan pantai itu sendiri. Gradasi warna pasir putih pantainya sangat indah dan eksotik. Anda juga akan dimanjakan dengan indahnya matahari terbenam dan matahari terbit di sore dan pagi hari.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah ketika Anda sedang berlibur panjang atau akhir pekan. Selain terkenal dengan pantainya yang nyaman, kepuasan saat berlibur juga bisa Anda temukan dengan menikmati waktu liburan Anda. Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi tempat wisata yang tepat.

Pantai Watu Kodok merupakan ikon wisata populer di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda yang terlalu bosan dengan tumpukan pekerjaan kantor bisa berenang di pantai do-it-yourself terbaik.

Ulasan pengunjung

Anna N

07:32 07 Des 21

Ini bisa menjadi tempat perkemahan yang nyaman dan terjangkau. Jika memilih berkemah, biaya tersebut sudah termasuk biaya parkir 10.000 untuk akses pantai. Kemudian Anda bisa memilih tempat untuk berkemah. Kamar mandi unlimited 7.000 per orang, listrik 20.000 per malam per mobil. Mungkin beda tempat beda biayanya. Lalu ada biaya kebersihan pagi 10.000 (resmi dan sudah termasuk tiket). Anginnya sangat kencang. Karakter gunung tentu saja berbeda dengan karakter pantai. Cuaca di pantai agak panas bahkan pada malam hari. Jadi jika Anda membawa anak kecil, Anda bisa membawa kipas angin portable agar tidur lebih nyaman. Secara umum tempat ini layak untuk dicoba. Terdapat juga musala untuk sholat. Penduduk setempat juga ramah terhadap kedatangan wisatawan. Dimanapun kita berada. Jika kita menghormati orang lain dan bersikap sopan, dengan sendirinya orang lain akan berperilaku sama.

Pejabat Ichan

01:05 21 September 20

Tempatnya nyaman, pantainya cukup bersih, airnya sangat jernih, masih sangat asri dan asri

Djihan Puspitasari

05:53 05 November 21

Masya Allah cocok banget buat anda yang ingin melepas kepenatan perkotaan dan mencoba suasana baru. Untuk mengikuti tur ini, cukup scan melalui aplikasi Care Protect dan bayar tiket di muka. Harga makanan ringan sangat masuk akal. Tidak mahal, saudara. Di pantai ini kita bisa bermalam di tenda. Tenang saja, tersedia tempat persewaan tenda, peralatan masak, senter, dan kamar mandi. Pemandangannya bagus Tentu sangat indah… Pantainya bersih, walaupun ada beberapa sampah akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab -_ -Tapi kamu tidak bisa berenang di laut… kamu hanya bisa bermain air di pinggir pantai, karena ombaknya besar. Tambahan: Sinyal IM3 dan BYU kurang bagus disini. Semoga beruntung 🌷

Santoso Seluler

09:54 07 November 21

Salah satu pantai pasir putih di Gunung Kidul yang menarik untuk dikunjungi; Lokasi pantai ini dekat dengan Pantai Kukup. di sepanjang pantai; Sebaiknya datang ke sini dengan sepeda motor atau armada yang tidak terlalu besar; sehingga anda bisa sampai di pantai Watu Kodok paling akhir ;;; jika Anda naik bus besar; Bus tidak bisa masuk ke lokasi paling ujung Pantai Watu Kodok (pantai karang kecil) karena cocok untuk bermain air laut yang ombaknya; Bus besar hanya bisa parkir di depan; dan sebenarnya anda bisa langsung berjalan kaki hingga ke pantai Watu Kodok; tapi batunya lumayan banyak;;

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button