Tempat Wisata

Pantai Watu Lawang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tempat wisata Watu Lawang bukan hanya milik Jogjakarta saja, nama ini juga ada di wilayah Jawa Timur lebih tepatnya di Kabupaten Malang.

Tempat wisata Watu Lawang

Tempat wisata Watu LawangSitus Wisata Watu Lawang Sumber : instagram.com/agriss_cycling_club

Tempat wisata Watu Lawang ini terletak di Dusun Ngliyep Desa Kedungsalam. Milik Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tiket Masuk Wisata Watu Lawang

  • Biaya masuk: Rp 6.000/orang
  • Harga tiket masuk perkemahan: Rp 20.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Wisata Watu Lawang

  • Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00

Tips mengunjungi Watu Lawang

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Watu Lawang semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik mengunjungi Watu Lawang adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Watu Lawang bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Watu Lawang.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Watu Lawang.

Spot foto menarik untuk wisata Watu Lawang

Spot foto menarik untuk wisata Watu LawangSpot foto menarik untuk wisata Watu Lawang. Sumber: instagram.com/majid_crouch

Tempat menariknya antara lain situs bebatuan, lalu ada juga jembatan penyeberangan yang menuju ke sebuah pulau. Kemudian kita juga bisa berfoto di puncak Gunung Kombang yang mempesona.

Akomodasi wisata Watu Lawang

Tidak ada akomodasi yang tersedia di sekitar Pantai Watu Malang. Jika ingin bermalam, Anda bisa mendirikan tenda di tempat yang telah ditentukan.

Fasilitas Wisata Watu Lawang

Fasilitas di Pantai Watu Lawang sebenarnya berimbang dengan harga tiket masuknya, namun disini banyak biayanya sehingga lebih mahal sehingga membuat fasilitas yang ada terasa kurang seimbang.

Fasilitas sanitasi, toilet, tempat parkir dan beberapa kotak sederhana tersedia di sini. Dan bagi yang ingin menikmati pantai ini lebih lama bisa melakukannya dengan mendirikan tenda. Karena di sekitar pantai ini belum ada penginapan.

Itinerary wisata Watu Lawang

Itinerary wisata Watu LawangRute wisata Watu Lawang Sumber : instagram.com/goculman46

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Kendaraan umum juga bisa melewati tempat wisata ini karena sebenarnya dekat dengan pantai Ngliyep yang cukup terkenal di daerah ini.

Namun jika menggunakan kendaraan pribadi bisa dimulai dari pusat kota Malang atau dari Kepanjen dan Blitar juga.

Bagi yang ingin memulai dari Malang tidak perlu menggunakan google map karena rutenya mudah dan dekat. Anda tinggal mengarahkan kendaraan menuju Pagak-Sumbermanjing Kulon dan Kedung Salam.

Sesampainya di Desa KedungSalam, Anda bisa mengikuti arah menuju Pantai Ngliyep. Jadi sebelum sampai di Pantai Ngliyep, Anda akan menjumpai plang penunjuk arah menuju Pantai Watu Lawang.

Jika Anda berasal dari Blitar, Anda bisa membuat denah terlebih dahulu, karena jarak ke Blitar cukup jauh. Anda bisa mulai dengan jalan menuju perempatan Pasar Buah Brongkos.

Sesampainya di pertigaan Brongkos, langsung belok kiri atau selatan menuju Pantai Jolosutro. Sesampainya di pertigaan Banyuurip Banyuurip, belok kiri menuju Wates.

Setelah melewati Pasar Wates Anda akan sampai di pertigaan dengan tugu. Dari sana, cukup ambil kendaraan ke kanan hingga sampai di pasar Ngelih di desa Sumberoto.

Di pasar Ngelih juga ada pertigaan, kita tinggal belok kiri hingga sampai di pertigaan Donomulyo.

Lalu ada pertigaan lagi, anda putar kendaraan hingga melewati Puskesmas Donomulyo.

Ketika Anda telah melewati pusat kesehatan, Anda akan menemukan pertigaan lagi. Kali ini arahkan saja ke Pertigaan Ndawung di Desa KedungSalam.

Sesampainya di pertigaan Ndawung, belok kiri menuju jalan menuju Pantai Ngliyep. Sebelum sampai di Pantai Ngliyep, anda akan menemukan petunjuk arah menuju tempat tujuan wisata nantinya.

Kemudian, jika Anda menggunakan kendaraan umum dari Malang atau Kepanj, Anda bisa menggunakan minibus jurusan Ngliyep.

Jadi disini anda bisa memilih minibus dengan 2 rute yang berbeda. Rute tersebut menggunakan jalur barat melewati Donomulyo dan jalur timur melewati Sumbermanjing Kulon dan Pagak.

Bagi Anda yang berangkat dari Blitar bisa naik bus jurusan Malang kemudian turun di pertigaan sebelah barat waduk Karangkates.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan minibus menuju Pantai Ngliyep melewati Donomulyo.

Keajaiban keindahan Pantai Watu Lawang

Pantai ini menyuguhkan pemandangan berupa pasir putih yang lembut dengan ombak yang besar dan beberapa pulau kecil yang ada di kawasan ini.

Di kawasan ini terdapat sebuah pulau kecil yang banyak digunakan untuk kegiatan baik oleh wisatawan maupun mereka yang ingin melakukan ritual pulau Gunung Kombang.

Bagi yang ingin ke Gunung Kombang sudah disiapkan jembatan kayu agar kita bisa langsung ke pulau ini, atau bisa juga menggunakan perahu.

Dari atas bukit kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan Pantai Watu Lawang, Gua Patuk dan Pantai Teluk Putri.

Jika Anda melewati jembatan kayu atau ke puncak Gunung Kombang, Anda akan menemukan tempat menarik untuk berfoto.

Kemudian daya tarik lain yang ada di sini adalah garis pantai sepanjang 250 meter dengan formasi batuan yang terbentang jauh di sepanjang pantai.

Saat air laut surut kita bisa langsung melihat berbagai jenis ikan, kepiting, udang, rajungan, bintang laut dan lain-lain yang terperangkap di antara bebatuan.

Lagi-lagi kami dilarang berenang karena pantai ini memiliki ombak yang besar dan banyak karang di pinggir pantai.

Dan pantai ini masih belum banyak dikunjungi oleh pengunjung, jadi kita masih bisa menjelajahinya, terutama berfoto di sekitar pantai.

Gambar dan foto dari Pantai Watu Lawang

Pantai Watu LawangSpot foto di antara bebatuanPasir putihBermain pasir pantaitempat terbaikMatahari terbenam di Pantai Watu Lawang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button