Tempat Wisata

Pantai Watu Lumbung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tidak ada habisnya untuk membahas tentang sederet pantai di Yogyakarta. Salah satu tempat wisata pantai lainnya adalah Pantai Lumbung. Sekilas, pantai ini sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya.

Pantai Watu LumbungPantai Watu Lumbung Sumber : instagram.com/novri_pci

Di mana hanya beberapa daerah berpasir hampir tidak ada. Namun, pantai ini penuh dengan terumbu karang yang menakjubkan. Apakah ada hal lain di pantai ini selain bebatuan?

Obyek wisata Pantai Watu Lumbung

Obyek wisata Pantai Watu LumbungObyek wisata Pantai Watu Lumbung. Sumber: instagram.com/abudhiarto

Ada berbagai jenis pantai yang tersebar di seluruh Indonesia. Indonesia tidak hanya memiliki pantai pasir putih, tetapi juga pantai berbatu yang bahkan kurang aman untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Watu Lumbung.

Pantai Watu Lumbung terkenal dengan terumbu karangnya yang menonjol baik dari dasar pantai maupun dari permukaan air. Pantai ini agak kurang aman untuk berlibur, apalagi jika membawa anak kecil.

Lebih tepatnya hanya cocok untuk menikmati keindahan alamnya sesaat dan tidak berlama-lama. Angin juga bertiup kencang di pantai ini, sehingga berisiko terciprat ombak jika terlalu dekat dengan pantai.

Meski terkesan menyeramkan, semua kengerian itu sirna ketika keindahan alam pantai yang mempesona dan memanjakan mata. Tak heran jika pantai ini tetap menarik banyak wisatawan, meski kawasannya jauh dari kawasan komersial.

Mengunjungi pantai ini pun membutuhkan sedikit usaha. Karena lokasinya jauh dari akses kendaraan roda dua, apalagi roda empat. Bahkan, Anda juga bisa menjelajahi pantai ini dengan sepeda motor. Itu terlalu berisiko.

Jadi, mau tidak mau, Anda harus tetap berjalan selama kurang lebih 30 menit. Jalan kaki ke pantai dari tempat parkir mobil yang jaraknya lumayan jauh, lumayan kan? Semua usaha Anda akan terbayar dengan keindahan alam sekitarnya. Seperti ladang dan pepohonan.

Anda juga akan melintasi beberapa pohon tinggi dengan air terjun yang indah. Beberapa kebun warga juga dilintasi. Sayang sekali jika perjalanan panjang ini tidak terekam oleh kamera. Bagaimanapun, itu sempurna untuk video perjalanan!

Setibanya di Pantai Watu Lumbung, Anda akan dihadapkan dengan birunya air laut dan bebatuan yang indah. Ada dua batu karang yang menonjol seperti bukit. Semakin dekat kami ke batu itu, ternyata tidak sebesar yang kami kira, bukan?

Sekarang! Kedua batu inilah yang menjadi landmark Pantai Watu Lumbung. Batu besar yang lebih dekat ke pantai disebut Watu Lumbung, dan batu yang lebih dekat ke laut dan lebih kecil disebut Watu Semar.

Beberapa orang percaya bahwa kedua batu ini adalah punggung naga di dasar laut. Namun, jika dilihat sekilas sebenarnya menyerupai bentuk punggung naga. Sekarang! Tidak terlalu dekat dengan laut kamu bisa mengabadikan momen indah ini.

Apalagi saat senja, keindahan siluet batu karang begitu mempesona. Saya tidak pernah membayangkan bahwa hasil letusan Gunung Purba Batur beberapa waktu lalu akan begitu indah. Bagi Anda yang hobi memancing, tempat ini sangat cocok untuk memancing sambil menikmati liburan!

Akses jalan menuju Pantai Watu Lumbung

Akses jalan menuju Pantai Watu LumbungAkses jalan menuju Pantai Watu Lumbung Sumber : instagram.com/veronicararas

Akses jalan menuju Pantai Watu Lumbung mengharuskan pengunjung berjalan kaki dari tempat parkir. Jadi jika Anda tidak kuat untuk berjalan, lebih baik tidak ikut. Namun, sebagian besar jalan menuju pantai sudah diaspal.

Namun, tidak semua akses jalan beraspal. Beberapa bahkan masih ada dalam bentuk tanah atau batu. Seperti jalan menuju pantai Watu Lumbung ini. Maka, tidak heran jika mereka yang tidak bisa berjalan berkecil hati untuk memikirkannya.

Fasilitas di Pantai Watu Lumbung

Ada beberapa fasilitas yang tersedia untuk Anda saat berkunjung ke Pantai Watu Lumbung. Serta tempat parkir yang luas. Walaupun lahan parkir di sini masih rerumputan, namun masih cukup untuk memarkirkan kendaraan Anda.

Ada juga beberapa stand yang tersedia di sini. Seperti warung-warung di sekitar perbukitan. Anda juga bisa berkemah di tenda-tenda di sekitar perbukitan. Kalaupun tidak ada tempat resmi untuk menginap, cukup mendirikan dan menyewa tenda.

Lokasi Pantai Watu Lumbung

Lokasi Pantai Watu LumbungLokasi Pantai Watu Lumbung Sumber : instagram.com/aamrynt

Sayang sekali jika ingin mengunjungi pantai Watu Lumbung tapi tidak tahu di mana letaknya. Jangan sampai perjalanan jauh membuatmu semakin lelah karena tersesat. Seperti yang kita tahu, dulunya Gunung Purba Batur berada di kawasan pesisir ini.

Jadi jika ingin ke Pantai Watu Lumbung bisa mengikuti jalur menuju Gunung Batur Purba. Di sini Anda bisa mengunjungi Desa Batur, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Jika Anda tidak yakin dengan rutenya, Anda dapat menggunakan Maps.

Jika Anda datang dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil jalur Wonosari lalu menuju ke arah Semanu. Nantinya, sesampainya di pertigaan Jalan Pantai Selatan Girisubo, Anda bisa mengambil rute menuju Pantai Wediombo. Lurus saja terus sampai ketemu petunjuk arah ke lokasi.

Sekarang! Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang Pantai Watu Lumbung. Pastikan fisik Anda sudah siap sebelum datang ke sini! Karena jika tidak, bisa-bisa Anda akan kelelahan hingga mual dan tidak bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan nanti di pantai. Sayang sekali, bukan?

Biaya masuk ke Pantai Watu Lumbung

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Watu Lumbung

Peta Pantai Watu Lumbung

Tips mengunjungi Pantai Watu Lumbung

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Watu Lumbung semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Watu Lumbung adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Watu Lumbung bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pantai Watu Lumbung.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Watu Lumbung.

Gambar dan foto Pantai Watu Lumbung

Foto keindahan Pantai Watu LumbungFoto keindahan Pantai Watu Lumbung Sumber : instagram.com/yayukjuminten

Foto Pantai Watu LumbungFoto Pantai Watu Lumbung Sumber: instagram.com/novri_pciTembakan pantai dari atasPantai penuh bebatuanTempat foto di pantaiMenikmati keindahan pantaiSpot foto di antara bebatuanSunset di Pantai Watu Lumbung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button