Tempat Wisata

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumragung, Kec. Pesanggaran, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu wisata bahari di Banyuwangi yang namanya berarti pasir hitam. Namun, pantai ini memiliki pasir putih yang indah. Dipadukan dengan air laut yang biru jernih, pantai ini wajib dikunjungi wisatawan. Karena keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Indonesia.

Pantai ini sebenarnya tergolong baru dan tidak jauh lebih dikenal dari Pulau Merah yang letaknya tidak jauh dari kawasan Pantai Wedi Ireng. Meski demikian, pantai ini memiliki keunikan tersendiri, karena warna pasirnya tidak hanya didominasi oleh pasir putih halus saja. Beberapa bagian lain memiliki warna yang berbeda, mis. B. kecoklatan di beberapa tempat.

Pantai yang memiliki mitos yang cukup kuat ini tidak memiliki ombak yang besar dan relatif tenang. Dengan air laut yang biru jernih, terumbu karang dapat terlihat di perairan dangkal. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati dan waspada. Meski laut terlihat tenang, kecelakaan dengan korban jiwa bisa saja terjadi jika Anda tidak hati-hati.

Atraksi Pantai Wedi Ireng

Atraksi Pantai Wedi IrengSumber Gambar: Google Maps Andre Hae.

Pantai berpasir putih ini masih belum begitu terkenal, sehingga lebih sepi dari pantai-pantai sekitarnya yang lebih terkenal. Namun, bukan berarti Pantai Wedi Ireng tidak menarik. Padahal, pantai ini menawarkan pemandangan yang tak kalah indahnya. Objek wisata berikut menjadikan pantai ini sebagai tempat bersantai yang layak untuk dikunjungi.

1. Pemandangan eksotis

Perjalanan menuju pantai ini cukup menantang namun terbayar dengan pemandangan alam yang eksotis dan memanjakan mata. Dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang biru bersih, keindahannya menjadi daya tarik tersendiri yang tidak akan membuat pengunjung menyesal datang ke pantai ini.

Pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang hijau, memberikan warna hijau yang membawa kesegaran bagi mata yang memandangnya. Beberapa bagian situs adalah bebatuan dimana pengunjung bisa duduk sambil menikmati keindahan pasir putih dan birunya laut di depannya. Terumbu karang juga bisa dilihat dari perairan dangkal yang air lautnya bersih.

2. Tenang

Ada beberapa alasan mengapa Pantai Wedi Ireng masih belum banyak dikunjungi oleh pengunjung. Pantai yang baru dikenal ini memang belum banyak diketahui orang. Selain itu, perjalanan menuju pantai ini juga menantang dan cukup melelahkan. Karena itu, pantai yang menawarkan pemandangan alam yang menawan ini sepi.

Bahkan, suasana tenang ini menjadi daya tarik tersendiri, apalagi bagi pengunjung yang menyukai tempat wisata yang tidak banyak orang. Di pantai ini, pengunjung bisa merasa seperti berada di pantai pribadi. Sangat nyaman untuk menghabiskan waktu sambil menenangkan diri dan pikiran. Dengarkan suara ombak sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai tanpa terganggu oleh keramaian.

3. Bersih

Pantainya sangat bersih. Tidak banyak sampah yang berserakan. Tempat sampah diletakkan di beberapa sudut agar pengunjung bisa ikut menjaga kebersihan lingkungan. Tidak dapat disangkal bahwa kebersihan adalah salah satu daya tarik terbesar di setiap tujuan wisata. Maka tak heran jika kebersihan di kawasan pantai ini juga berpengaruh pada kesejahteraan pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai Wedi IrengKredit foto: Google Maps Bayu Catur Ultimate

Pantai Wedi Ireng terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Jarak tempuh dari kota Banyuwangi sekitar 65 kilometer atau bisa ditempuh dalam waktu 3 sampai 4 jam perjalanan. Pantai ini juga sangat dekat dengan Pulau Merah. Anda bisa mengakses pantai ini melalui Pantai Pancer. Sekitar 3 meter sebelum Pulau Merah ada pemandu tanker yang bisa Anda bawa.

Untuk menuju ke tempat itu sendiri, Anda bisa menggunakan dua jalur, yaitu jalur darat dan jalur laut. Jika menggunakan jalur darat, Anda harus memulai perjalanan dari Muara Pancer. Kemudian Anda bisa menyebrang dengan perahu nelayan dengan biaya hanya Rp 5.000 saja. Kemudian Anda masih harus melanjutkan perjalanan yang cukup menantang.

Perjalanan mengarah melalui bukit yang ditumbuhi pohon pisang dan semak belukar. Jalannya juga cukup terjal sehingga harus berhati-hati. Anda tidak akan menemukan kios di sepanjang jalan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempersiapkan perbekalan sebelum melakukan perjalanan.

Menggunakan jalur laut pun tak kalah menantang. Dari Dusun Pancer Anda bisa meminta nelayan untuk mengantar Anda ke tempat tersebut. Biasanya, nelayan mematok harga Rp25.000 untuk sekali jalan atau Rp40.000 untuk pulang pergi. Berwisata dengan menggunakan perahu sangat mengasyikkan karena ombak besar yang terkadang datang, namun Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan tebing terjal yang mempesona.

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi buka 24 jam sehari. Anda dapat menghabiskan waktu sesuka Anda di tempat ini. Sementara itu, untuk memasuki kawasan pantai ini, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk perjalanan menuju lokasi. Biaya akomodasi tergantung pada rute yang dipilih.

Aktivitas Seru di Pantai Wedi Ireng

Kegiatan rekreasi di Pantai Wedi IrengKredit foto: Google Maps Umm Raykhan

Jika Anda berlibur di Pantai Wedi Ireng, jangan takut Anda akan bosan. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang akan melunasi perjalanan panjang Anda ke situs. Kegiatan yang tidak membosankan tentunya akan membuat liburan semakin berkesan. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan.

1. Nikmati pemandangannya

Dengan pemandangan alam yang sangat indah, Anda bisa datang ke pantai yang indah ini untuk sekedar menikmati keindahannya sambil menenangkan pikiran. Anda juga bisa berjalan-jalan di pantai atau bermain air di pantai. Anda tidak hanya bisa menikmatinya, tapi juga berfoto sebagai kenang-kenangan. Selain itu, ada banyak tempat indah di sekitar area pantai.

2. Berkemah

Bagi yang ingin menikmati pemandangan di malam hari juga bisa mendirikan tenda di kawasan pantai ini. Berkemah menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Saat Anda merasakan suasana alam yang juga diiringi suara deburan ombak, liburan Anda di Pantai Wedi Ireng tidak akan terlupakan begitu saja.

3. Memancing

Kegiatan ini sangat menarik, terutama bagi anda yang hobi memancing. Anda bisa datang bersama nelayan setempat dan menanyakan spot mancing terbaik agar Anda bisa dengan mudah mendapatkan ikan dengan ukuran yang Anda inginkan. Anda nantinya bisa membakar hasil memancing di pantai untuk dimakan.

4. Snorkeling atau menyelam

Area pantai ini sangat cocok untuk snorkeling atau diving. Keindahan alam bawah laut dan ikan-ikan yang akan menemani Anda saat menyelam membuat aktivitas ini tidak bisa dilewatkan. Anda tidak perlu repot membawa peralatan snorkling atau scuba, karena di area ini terdapat persewaan peralatan.

Penginapan murah di daerah ini

Hotel Surya BaruSumber Gambar: Google Maps New Surya Hotel Banyuwangi

1. Hotel Surya Baru

Penginapan ini terletak di Jl. Yos Sudarso, Banyuwangi. Terletak sangat dekat dengan hotel. Selain kamar yang nyaman, fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap. Ada AC, WiFi, dan parkir gratis. Selain itu, tersedia juga restoran dan kolam renang untuk memenuhi kebutuhan Anda. Bagian penerima tamu juga tersedia 24/7 untuk membantu Anda setiap saat.

2. TEMPAT DI 90537 De Wisma Emas

Merupakan sebuah penginapan di Krajan, Banyuwangi. Lokasinya sekitar 12 kilometer dari Pantai Wedi Ireng Banyuwangi. Penginapan ini sangat murah dan terjangkau dengan kamar yang nyaman untuk beristirahat. Untuk fasilitasnya sendiri sudah tersedia AC, wifi dan parkir. Ada beberapa tipe kamar yang bisa dipilih. Beberapa kamar tidak ber-AC.

3. Di selatan Amitya

Penginapan ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pantai. Ada berbagai tipe kamar yang bisa Anda pilih dengan harga dan fasilitas yang berbeda. Kamar sangat nyaman dengan fasilitas utama berupa AC, parkir, wifi, restoran dan resepsionis 24 jam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Fasilitas Pantai Wedi Ireng BanyuwangiKredit foto: Google Maps Bayu Catur Ultimate

Meski wisata pantai ini cukup sulit dijangkau, namun fasilitas yang ditawarkan cukup memadai. Ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Misalnya, lahan parkir yang cukup untuk kendaraan pribadi Anda sebelum melanjutkan perjalanan ke resor pantai. Ada juga gazebo tempat Anda bisa beristirahat dan berteduh saat lelah bermain di pantai.

Bagi Anda yang hobi snorkeling atau diving, tidak perlu membawa perlengkapan dari rumah. Di kawasan Pantai Wedi Ireng sudah terdapat tempat yang bisa menyewakan peralatan snorkeling atau diving. Harga sewanya juga tidak mahal, namun masih cukup terjangkau untuk pengalaman menyelam yang menyenangkan.

Ada juga toilet umum. Fasilitas ini sangat penting karena sangat dibutuhkan oleh para pengunjung. Tidak hanya satu, ada beberapa kamar mandi yang tersedia untuk Anda gunakan. Mungkin kamu baru saja kebasahan di pantai, kamar mandi ini bisa digunakan untuk ganti baju.

Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri, meski sekilas terlihat seperti pasir putih, namun di bawahnya terdapat pasir hitam. Pemandangannya juga sangat indah, jadi Anda tidak akan menyesal pergi ke sana. Meski perjalanan yang harus ditempuh cukup panjang dan berat, semua terbayar dengan pemandangan alam yang disajikan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button