Tempat Wisata

Pantai Widuri, nikmati keindahan pantai yang mempesona di Pemalang

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang, Cab.Pemalang, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Pantai Widuri merupakan tempat wisata pantai alami di Pemalang dengan pemandangan yang tiada duanya. Salah satu tempat wisata terpopuler ini terletak tidak jauh dari pusat kota sehingga layak untuk dikunjungi di Pemalang. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk menikmati keindahan pantai-pantai di Jawa Tengah.

Dengan pemandangan khas pantai utara, pantai mempesona ini cocok dijadikan tempat wisata air karena ombaknya tidak terlalu besar. Selain itu ada juga spot keren yang banyak peminatnya yaitu Love Pier. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut hal unik dan menarik dari Pantai Widuri.

Lihat penawaran hotel di Pemalang

Daya Tarik Pantai Widuri

Daya Tarik Pantai WiduriFoto oleh Natasya Ayu Sekar Kemuning di Google Maps

✦ Tempat penyembuhan yang nyaman

Hal yang menarik dari pantai indah ini adalah namanya sudah dicap sebagai tempat yang nyaman untuk penyembuhan komunal. Keindahan pantai dapat dinikmati dengan berbagai cara: berjalan kaki, bersantai atau berbaring dengan semilir angin yang menenangkan.

Anda bisa menikmati deburan ombak dan udara bersih tanpa polusi. Pengunjung yang mendekati bibir pantai bisa merasakan deburan ombak yang menerpa telapak kaki. Panoramanya yang indah membuat Anda merasa rileks, segar dan bersemangat setelah seharian bekerja keras.

✦ Pasir putih

Secara umum di pesisir utara Pulau Jawa terdapat pasir berwarna hitam yang biasa terlihat. Berbeda dengan Pantai Widuri yang berpasir putih. Pasirnya bisa mengeluarkan warna berbeda saat terkena sinar matahari. Selain itu teksturnya yang lebih lembut dibandingkan pasir hitam membuat semua orang bisa bermain dengan nyaman.

Cek tiket Trans Studio Mini Tegal

✦ Gelombang tenang

Daya tarik utama Pantai Widuri adalah ombaknya yang tidak terlalu kencang sehingga bisa dijadikan tempat bermain bersama rombongan teman atau keluarga di pinggir pantai. Menariknya, pantai ini terletak di utara Pulau Jawa yang ombaknya lebih landai dibandingkan pantai selatan Pulau Jawa.

Dengan demikian, area tersebut aman untuk dimainkan anak-anak. Si kecil bisa bersenang-senang di taman bermain yang berada di sekitar pohon pinus sehingga liburan semakin seru dan tidak membosankan. Meski begitu, pengawasan orang tua tetap diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak menyenangkan.

✦ Dermaga Cinta

Di Pantai Widuri juga terdapat berbagai hal menarik yang bisa dijadikan spot foto. Salah satunya adalah Dermaga Cinta yang menjadi spot foto populer. Laut lepas juga bisa dijadikan backdrop fotografi yang estetis dan siap mempercantik tampilan feed media sosial.

✦ Lapangan pantai yang luas

Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai sambil melakukan aktivitas unik lainnya, yaitu pelatihan balap motor. Pasalnya pantai populer ini telah dilengkapi dengan arena balap yang biasa digunakan untuk latihan atau balap motor. Bila tidak digunakan atau tidak ada, Anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alam pantai sekitar.

Tiket Trans Studio Mini Pekalongan

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai WiduriFoto Guna` One 455 di Google Maps

Bagi anda yang sedang menginap di kota Pemalang sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Pantai Widuri. Pasalnya, lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan akses jalan mudah dijangkau. Alamatnya Jl. Yos Sudarso, Kecamatan Widuri. Pemalang, Cab.Pemalang, Jawa Tengah.

Dari pusat kota Anda dapat mengambil Jalan Mochtar dan belok kanan menuju Jalan Prof. Moh.Yamin. Kemudian belok kiri menuju Jalan Laksda Yos Sudarso dan lurus saja hingga mencapai objek wisata. Selain kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju pantai. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari pusat kota kurang lebih 5 menit.

Untuk menikmati pemandangan pantai di Pemalang tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena tiket masuknya sangat terjangkau yakni Rp 5.000 per orang. Namun jika Anda membawa kendaraan pribadi, tiket parkir yang perlu dikeluarkan hanya Rp 2.000 per kendaraan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai WiduriFoto oleh Dian Nafi di Google Maps

1. Bermain air dan pasir

Liburan ke Pantai Widuri pastinya mengharuskan Anda bermain air dan pasir di tepian pantai. Dengan ombaknya yang lembut dan tenang, Anda bisa bermain basah bersama si kecil. Anak-anak juga bisa diajak membuat istana pasir dengan menggunakan pasir putih yang lembut. Tentunya aktivitas liburan bersama keluarga di pantai menjadi momen spesial yang tidak akan terlupakan.

2. Bermain di taman bermain di Kawasan Pantai Widuri

Selain air dan pasir, anak-anak juga bisa bermain di taman bermain pantai. Taman bermain ini dirancang khusus untuk anak-anak bermain sambil menikmati keindahan laut. Letaknya yang berada di tengah pantai, suasananya menyenangkan dan teduh, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika terik matahari.

3. Bermain di Taman Air Widuri

Pantai Widuri juga menawarkan wahana untuk dewasa berupa waterpark. Taman air ini memiliki kolam renang dengan kedalaman berbeda-beda. Kolam renang yang ditinggikan tersedia untuk anak-anak, sedangkan kolam renang dewasa memiliki kedalaman yang cukup menuntut.

Widuri Waterpark tidak hanya menawarkan kolam renang, namun juga atraksi air seru yang patut dicoba, yakni seluncuran air bumerang. Perjalanan berkelok-kelok ini memungkinkan pengunjung meluncur berputar-putar, memberikan perasaan seru dan menyenangkan saat berkendara. Seluncuran balap dengan ketinggian 12 meter ini cocok bagi pengunjung yang ingin menantang adrenalin.

4. Kunjungi dermaga dan mercusuar

Dermaga dan mercusuar pantai barat dapat dikunjungi sesuka Anda. Kebanyakan pengunjung datang pada sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam di langit. Ada juga yang pergi memancing sambil duduk santai sambil menikmati camilan.

5. Latihan sirkuit

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Widuri memiliki lintasan balap yang bisa dijadikan tempat latihan kendaraan. Di jalan yang mulus dan sepi ini Anda bisa berlatih untuk meningkatkan kemampuan bersepeda motor Anda. Namun, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang untuk masuk.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai WiduriFoto oleh Mudo Dewadi Purba di Google Maps

Karena merupakan pantai yang populer, pihak pemerintah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk membuat wisatawan merasa nyaman dan aman selama berkunjung. Artinya, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan kebutuhan saat berlibur. Sesampainya di Pantai Widuri, pengunjung dapat memarkir kendaraan pribadinya di tempat parkir yang luas.

Toilet atau kamar mandi bersih dan dapat digunakan untuk pembersihan pribadi. Aktivitas bersantai dapat dilakukan di pendopo sekitar pantai. Jika Anda merasa lapar atau haus, Anda bisa mengunjungi restoran dengan berbagai menu lezat. Selain itu, berbagai spot foto unik dan indah mudah ditemukan.

Beberapa pilihan hiburan juga tersedia, mulai dari sirkuit Widuri hingga taman bermain anak dan waterpark, sehingga banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati bersama. Pengunjung juga bisa menyewa hammock untuk bersantai di antara pepohonan rindang. Pihak pengelola juga menyediakan musala untuk melaksanakan ibadah salat.

Demikianlah informasi menarik tentang Pantai Widuri yang penting untuk dijadikan bahan referensi. Bisa dibilang pantai mempesona ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari fasilitas umum hingga hiburan. Pemandangan yang ditawarkan sangat indah dan berbeda dengan pantai pada umumnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button