Tempat Wisata

Pasar minggu di Semeru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Ketika Anda merasa lelah bekerja atau urusan lain, Anda pasti memikirkan istirahat yang menyenangkan, baik itu berdua dengan keluarga atau teman. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Malang, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Malang ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya yang murah, khususnya bagi anda yang suka berbelanja yaitu Pasar Minggu Semeru.

Pasar Minggu Semeru merupakan tempat wisata belanja di Kawasan Bareng, Gading, Oro-Oro Dowo, Kabupaten Malang. Salah satu hal yang berkaitan dengan wisata di kota Malang adalah wisata kuliner yang beragam jenisnya, kaya akan cita rasa dan kreativitas. Pasar Minggu Semerun atau Pasar Tugu Belanja yang terletak di sepanjang Jalan Raya Semeru sebelah utara Stadion Gajayana ini merupakan pasar Minggu yang sering dikunjungi oleh banyak orang, dari anak-anak hingga orang tua. Pasar wisata ini buka mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 11.00 sore. Ratusan pengunjung memadati stand yang terdiri dari sekitar 800 dealer itu setiap harinya.

Pasar Wisata Tugu menjual berbagai macam makanan berat, makanan ringan, aneka minuman segar, pakaian, kostum, peralatan rumah tangga dan produk lokal Malang lainnya. Pengunjung bisa berkeliling sepuasnya, singgah di salah satu warung untuk sarapan, atau sekadar mencicipi kuliner khas Malang yang lengkap dan unik. Selain itu, harga barang atau makanan di pasar ini cukup terjangkau, jadi Anda tidak perlu takut boros.

Selain itu, tempat ini semakin ramai bahkan di akhir pekan saat diadakan car free day. Suasana jalan di depan pasar yang bebas kendaraan membuat orang berbondong-bondong, dan juga semakin banyak pedagang yang menjajakan makanan, minuman, pakaian dan masih banyak lagi. Jadi jika Anda suka berbelanja, Anda bisa langsung datang ke Pasar Minggu Semeru.

Pasar Minggu menampilkan banyak kios sekitar 800 pedagang yang menjual berbagai barang di pasar. Jika Anda tertarik, Anda dapat mengunjungi daerah tersebut. Selain itu, Anda bisa berolahraga di sini, misalnya gowes (bersepeda) atau sekadar jalan-jalan bersama keluarga dan teman. Tempat lainnya adalah di kawasan pertahanan negara (Rampal).

Fasilitas di Pasar Minggu Semeru

Tidak banyak fasilitas penunjang untuk pengunjung, namun ada beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan seperti:

– Tempat peristirahatan umum

Pasar Minggu Semeru juga menawarkan salah satu fasilitas penting tersebut. Sehingga pengunjung tidak perlu lagi khawatir untuk melihat-lihat saat hendak menggunakan kamar kecil.

– Masjid

Bagi yang beragama Islam, Anda bisa menunaikan sholat selama perjalanan. Meski sedang berlibur, bukan berarti tidak bisa beribadah.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam berbelanja pasti menyenangkan, namun pada akhirnya Anda merasa lapar dan haus. Di Pasar Minggu Semeru, Anda bisa menemukan banyak penjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, tidak perlu lagi khawatir mencari tempat parkir karena tersedia tempat parkir yang cukup luas dan cukup luas di Pasar Minggu Semeru.

Berburu foto di Pasar Minggu Semeru

Anda yang memiliki hobi fotografi pasti akan menemukan hal-hal menarik untuk diabadikan di pasar juga. Di Pasar Minggu Semeru Anda akan menemukan banyak vendor untuk didekati untuk kamera ponsel atau kamera profesional Anda. Yang lebih menarik lagi, jika Anda mampir bersama teman atau keluarga di car free day sambil berolahraga, baik itu bersepeda atau jogging, momen ini bisa Anda manfaatkan untuk berfoto selfie. Jika Anda memiliki banyak foto, Anda dapat mengunggahnya ke berbagai media sosial agar banyak orang mengetahui atraksi belanja di Pasar Minggu Semeru Malang ini.

Baca Juga: Air Terjun Coban Pelangi, Wisata Sambil Menikmati Pemandangan Taman

Akses jalan menuju Pasar Minggu Semeru

Bagi anda yang akan ke Dinoyo Landing Sari bisa naik angkutan umum LG, GL, jika dari Zavoyajar bisa naik MM, dari Arjosari atau Dinoyo bisa naik ADL, dari Tidar – Gading bisa naik AT . Namun jika anda membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir ada tempat parkir di depan SMA LAB/IKIP Budi Utomo atau di Jalan Bromo atau sekitar SMPN 1 di belakang pusat kota Juga di depan pusat kota atau di samping kiri dan kanan Museum Brawijaya Malang. Namun bagi Anda yang tinggal di kawasan Bareng, Gading, Oro-oro Dowo sebaiknya berjalan kaki ke tempat tersebut untuk berolahraga.

Biaya masuk ke pasar Minggu Semeru

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pasar Minggu Semeru

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 6 sore

Tips Liburan di Pasar Minggu Semeru

– Pastikan Anda membawa cukup uang

– Perhatikan tas dan dompet Anda saat berbelanja

– Jangan terlalu boros

– Buanglah sampah pada tempatnya

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button