Berita Wisata

Perburuan Matahari Terbenam di Puncak Batu Api Labuan Bajo

LABUAN BAJO, KOMPAS.com – Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), punya banyak tempat untuk menikmati sunset atau matahari terbenam.

ada noda matahari terbenam pantai dan di atas bukit. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset di Labuan Bajo adalah di Puncak Watu Api. Tempat ini terletak di desa Liang Dara, kecamatan Mbeliling.

Dalam bahasa Manggarai, Pierre diartikan sebagai batu. Sedangkan api diartikan sebagai api. Jadi, secara harfiah Puncak Watu Api berarti bukit batu yang berapi-api.

Baca juga: Cafe G20 Labuan Bajo, Sajikan Masakan Dari Flores dan Dekat Wisata Batu Cave Cermin

Belum diketahui siapa yang memberi nama tempat itu. Namun, di lokasi di Trans Flores ini, terdapat sebuah batu besar yang bisa dijadikan meja.

Banyak penduduk lokal dan wisatawan yang menggunakan lokasi tersebut untuk bersantai atau beristirahat sejenak setelah menempuh perjalanan dengan kendaraan bermotor dari Ruteng ke Labuan Bajo, begitu juga sebaliknya.

Puncak Watu Api hampir selalu ramai di sore hari. Wisatawan selalu berhenti sejenak untuk bersantai sambil menikmati matahari terbenam dan menjadi-selfie. Ada juga kafe, jadi pengunjung bisa minum kopi sekaligus.

Keindahan pemandangan di Puncak Watu Api

Selain itu di puncak Watu Api, wisatawan dapat melihat keindahan kota Labuan Bajo, serta gugusan pulau Rinca dan Komodo yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Baca Juga: Pemerintah segera buka penerbangan internasional langsung ke Labuan Bajo

Tidak ada biaya atau pungutan apapun bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan alam Puncak Watu Api. Namun, ada kotak sumbangan untuk petugas demi keindahan tempat wisata tersebut.

Wisatawan Indonesia menikmati sunset di puncak Watu Api Melo, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kab.  Manggarai Barat, Flores, NTT, Kamis (25/7/2019).  Puncak Watu Api merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset dari sisi jalan Transflores Ruteng-Labuan Bajo.  (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.com/MARKUS MAKUR Wisatawan Indonesia menikmati sunset di Puncak Watu Api Melo, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kab. Manggarai Barat, Flores, NTT, Kamis (25/7/2019). Puncak Watu Api merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset dari sisi jalan Transflores Ruteng-Labuan Bajo. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

“Saya dan teman-teman sengaja datang ke sini. Ini tempat yang pas untuk bersantai di akhir pekan,” kata warga Labuan Bajo bernama Gecio Viana kepada Kompas.com di Pic de la Pierre de Feu, Sabtu (3/12/2022).

Menurutnya, panorama yang disajikan sangat bagus, apalagi saat itu matahari terbenam. Selain itu, udaranya juga segar.

Baca Juga: Gardu Pandang Parapuar, Rasakan Keindahan Labuan Bajo 360 Derajat

Gecio melanjutkan, Puncak Watu Api merupakan tempat bersantai yang sangat cocok bagi wisatawan yang melakukan perjalanan jauh baik dari Ruteng, Kabupaten Manggarai.

“Setiap lewat Ruteng juga selalu istirahat di sini. Tempatnya bagus,” imbuhnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button