Berita Wisata

Pergi ke Nusa Penida sekarang lebih nyaman setelah pelabuhan diresmikan oleh Presiden

TRIBUNNEWS.COM, SANUR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan beberapa infrastruktur secara serentak di Provinsi Bali, Rabu (11/09/2022). Infrastruktur yang diresmikan antara lain Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, Pelabuhan Sanur dan gedung VVIP di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa revitalisasi dan pembangunan infrastruktur merupakan kerjasama Kementerian Perhubungan dengan sejumlah pihak terkait memanfaatkan momentum KTT G20.

“Momentum kedatangan para pemimpin dunia dan seluruh pemangku kepentingan, Menteri Keuangan, Menteri Perhubungan dan lainnya datang ke sini untuk melihat citra Indonesia yang membaik dari segi infrastruktur,” kata Budi Karya Sumadi.

Peresmian Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan disambut hangat oleh Bupati Kabupaten Klungkung I Nyoman Suwirta di Kantor Bupati Klungkung.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan kementerian terkait yang bekerja sama dan tentunya Bapak I Wayan Koster, Gubernur Provinsi Bali, telah memenuhi impian masyarakat Kabupaten Klungkung yaitu pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas untuk mendongkrak pariwisata di Nusa Penida yang tentunya juga akan berdampak pada perekonomian masyarakat Klungkung pada umumnya dan Nusa Penida pada khususnya,” jelas Suwirta.

Suwirta mengatakan, upaya pengembangan infrastruktur dan penunjang pariwisata di Kabupaten Klungkung, khususnya di kawasan tiga pulau, yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan masih terus dilakukan, meski masih dalam tahap pengembangan.

“Tahun 2022 terserap Rp 60 miliar untuk penyelesaian perbaikan jalan yang diproses menggunakan sistem Cold Mix Asphalt,” ujarnya.

Pada kesempatan lain, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Klungkung, I Wayan Kariana juga meyakinkan dengan diresmikannya pelabuhan Nusa Penida, wisatawan akan semakin nyaman.

“Kalau selama ini wisatawan yang datang ke Nusa Penida harus angkat koper atau menyeberang pantai untuk menuju kapal, nah lewat pelabuhan Sampalan dan pelabuhan Bias Munjul ini akan membuat wisatawan lebih nyaman karena sekarang sudah ada dermaga yang langsung terhubung dengan kapal dan barang bawaan yang lebih besar, sehingga wisatawan bisa tinggal lebih lama di Nusa Penida,” kata Wayan.

Bagi anda yang belum pernah ke Nusa Penida, sebaiknya segera rencanakan kunjungan ke pulau yang berjuluk Blue Paradise Island ini, karena panorama pemandangan alam yang sangat indah seperti Tanjung Juntil, Pantai Atuh, Pantai Berlian, Molenteng, Bukit Teletabis , Pantai Banah / Batu Ring, Pantai Tembeling, Pantai Kelingking, Pantai Lumangan, Pantai Buaya atau Pantai Pandan, Teluk Lenuntung, Broken Beach atau Pasih Uug dan Anggel Billabong, akan memanjakan mata Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button